“Dulu single cantik, mulus, tanpa jerawat. Sekarang sudah menikah kenapa seperti tak terurus, tak terawat?” 

Siapa yang pernah dapat pertanyaan retoris seperti itu? Rasanya koq makjleb! banget ya. Pertanyaan yang jawabannya susah diberikan. Saya sih belum pernah mendapat pertanyaan semacam itu secara frontal tapi pernah lah merasa tersindir. 

Jadi, ceritanya saya baru pindahan rumah untuk ke-2 kalinya. Kali ini daerahnya lebih panas cuacanya dari tempat sebelumnya  (saya pindah lintas provinsi), sehingga terasa sekali perubahan di wajah yang suka polos tanpa make up bahkan nihil skincare. Ketika itu ada ibu tetangga baru main ke rumah dan lihat-lihat album pernikahan saya, si ibu itu bertanya siapa yang di foto itu? Saya bingung, masa iya ga sadar kalau di foto itu ya saya. Ya kali nyimpan album pernikahan orang lain di rumah sendiri. Pas saya jawab bahwa yang di foto itu adalah saya, eh si ibu langsung kaget, “Hah, MASA??? KOQ BEDA BANGET!!”.

Serius, walaupun si ibu cuma bilang gitu, tapi di kepala saya nangkapnya “YA AMPUUN, KOQ DULU CANTIK SEKARANG GA TERAWAT???”

😩😩

Padahal itu baru anak pertama dan usia pernikahan baru 2 tahun. Jangan-jangan nanti saya akan keriput dan tua sebelum waktunya?

Iya, saya akui setelah menikah dan memilih jadi full time at home ternyata begitu melelahkan. Pekerjaan rumah tangga yang seakan ga selesai-selesai, ditambah kondisi kesehatan yang sedang drop karena penyakit osteoartrithis, membuat saya tidak ada waktu lagi merawat diri. Sebuah pengabaian terhadap self love yang akibatnya fatal. Kenapa saya bilang fatal? Karena dampaknya besar sekali bahkan mengarah sampai stress dan depresi. 

Tentang Self Love 

Setelah melewati beragam drama di atas, akhirnya kesadaran itu muncul sekitar 3 tahun lalu. Iya, akhirnya saya paham bahwa self love teramat penting. Sebelum mencintai anak dan suami kita harus mencintai diri sendiri dulu. Kadang tuh saya merenung apa saja yang sudah Tuhan kasih buat saya. Sudah dikasih otak, emosi, dan tubuh untuk diberdayagunakan tapi kadang saya lalai untuk menjaganya. Akhirnya apa yang dikasih Tuhan lama-kelamaan akan tergerus karena abai merawatnya.

Maka, ini beberapa cara saya melakukan self love;

1. Membaca dan menulis untuk otak

Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang paling dianjurkan oleh pakar kesehatan agar kita terhindar dari demensia atau penurunan daya ingat. Dengan membaca buku syaraf otak akan bekerja aktif memproses dan merangkai informasi. Pun dengan menulis yang memaksa otak untuk bekerja memilih diksi hingga mengalurkan cerita agar bisa dipahami orang lain dengan mudah. 

Setelah kita seharian berlelah-lelah mengurus anak dan rumah, sebagai mom blogger rasanya patut kita memberi reward kepada diri dengan meluangkan membaca atau menulis selama 1 jam saja. 

“Saat kita membaca, kita lebih banyak berpikir. Membaca memberi kita jeda yang unik untuk memahami dan mendapat pengetahuan baru” (Maryanne Wolf, pakar disleksia)

2. Penuhi tangki cinta dan pillow talk

Kelelahan bertubi-tubi yang dirasakan oleh ibu, terlebih yang baru punya newborn, rentan sekali mengarah ke depresi paska lahir. Ya, saya pernah mengalami hal terburuk sepanjang masa itu. No one could touch me at that time, except Him. Jadi, bila lelah sudah mendera jangan berleha-leha, soon to close The All-Merciful.

Sedangkan pillow talk adalah untuk memastikan komunikasi dengan suami berjalan baik. Kata orang “biar ga kurang belaian”. Biasanya dilakukan sebelum tidur sambil berpelukan. Uhuk. Jujur, pillow talk ini adalah tradisi yang sempat hilang sesudah punya anak. Tapi kehadiran pillow talk kembali benar-benar membuat saya sebagai istri dihargai, tidak lagi merasa pembantu di rumah sendiri. Agak susah dijelaskan panjang lebar, tapi kalau dijalankan kalian akan tahu alasannya.

3. Olahraga, skincare, dan pola hidup sehat

Self love selanjutnya fokus pada tubuh alias fisik. Apalagi fisik memang lebih rentan merasa kelelahan dan sangat memungkinkan menjalarkannya ke perasaan dan pikiran. Maka, memperhatikan fisik dengan menjaga kesehatan luar adalah poin penting yang tidak boleh diabaikan. 

Olahraga membuat aliran darah yang tadinya lambat menjadi lancar, membuat asupan oksigen yang tadinya kurang menjadi optimal, plus mengaktifkan si hormon penekan stress, endorfin. Apalagi? Olahraga juga memaksa kulit mengeluarkan toksin dalam bentuk keringat yang banyak. Toksin yang menumpuk akan membuat masalah pada tubuh, jerawat misalnya.

Selain olahraga, self love yang bisa kita lakukan adalah menjaga pola hidup sehat dengan tidur berkualitas dan mengizinkan sel-sel tubuh melakukan peremajaan pada jam tidur malam (jangan begadang) serta menjaga asupan makanan yang bisa membangun imunitas. Badan yang lelah dan tidak mendapatkan apresiasi dengan self love biasanya akan bertambah-tambah rasa lelahnya dan berujung pada stress dan depresi.

Badan capek, muka dekil. Hei, ini siapa? 😪

Kita bukan pembantu. Rumah bersih sih boleh, tapi kalau sampai tak sempat merawat diri nanti disangka tamu upik abu. Maka, luangkan lah waktu untuk diri sendiri rehat, merenggangkan otot, dan memanjakan diri dengan skincare dan bebersih diri. Ga mau kan terlihat semrawut setiap suami datang, padahal si dia sudah mengharap cinderella yang menyambut?

 

Ketika Upik Abu Menjadi Cinderella

Setelah masa-masa kelam itu, saya belajar banyak untuk mencintai diri sendiri. Mulai dari belajar memakai skincare, menulis untuk menuang rasa dan mengurai emosi yang tersumbat, memperhatikan kesehatan dengan olahraga dan pola makan sehat (yang sering saya sharing di story Instagram), sampai soal kebersihan badan.

Kebersihan badan dengan mandi rutin adalah bentuk reward sekaligus self love yang sangat simpel tapi ampuh memperbaiki mood. Selain memperbaiki mood, mandi juga bisa me-recharge energi dengan masuknya air ke dalam pori-pori menyumbang hidrasi kepada tubuh yang 80% nya memang terdiri air. Selain itu, mandi juga bisa memperbaiki daya tahan tubuh, meningkatkan fokus, dan memperbaiki kondisi kulit dan rambut karena sel kulit mati terkelupas secara berkala.

“Studi yang dipublikasikan pada jurnal Medical Hypotheses mengungkapkan, mandi mampu mengurangi gejala depresi dan memperbaiki suasana hati. Hal ini karena mandi air dingin membantu mengaktifkan sistem saraf simpatik dan meningkatkan ketersediaan neurotransmitter seperti norepinefrin dan endorfin” (dr. Fadhil Rizal, sumber: halodoc.com).

 

Nah, kalau tau manfaatnya sangat bagus buat tubuh, ga bakalan malas mandi ya kan. Justru malah makin semangat karena ternyata mandi adalah kesempatan kita membuang impuritis sekaligus memperbaiki suasana hati dan raga yang kelelahan. 

mandi vitalis body wash

Apalagi jika ditambah sabunnya punya aroma semerbak. Dijamin mandi makin berkualitas karena ada wewangiannya yang jadi mood booster

Nah, sebulan lalu saya membaca review banyak orang tentang sebuah merk sabun mandi. Mereka meluncurkan sabun dalam 3 varian dan saya tau banget brand yang mengeluarkannya adalah brand yang sangat terkenal dengan parfumnya. Jadi, ketika saya lihat tagline #MandiParfum di dalam body wash mereka saya langsung berpikir “That’s no wonder“.

Jujur, saya sendiri ingin sekali membuktikan kemewahan mandi yang diiklankan mereka. Semewah apa? Seharum apa? Se-worth it apa? Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga saya merasakan mandi parfum ini. 

Jadi, bagaimana pendapat saya tentang body wash ini?

 

Mandi Parfum dengan Vitalis Body Wash

mandi dengan vitalis body wash

Vitalis ini diproduksi oleh PT Unza Vitalis, di bawah Wipro-Unza Companies yang merupakan salah satu perusahaan perlengkapan dan perawatan tubuh terbesar di Asia Tenggara. Masih 1 perusahaan dengan Doremi hijab sampo dan Doremi body wash anak saya, yang memang wangi sampo dan sabunnya beda dengan yang lain. Harum banget, kalo kata anak saya.

Sedangkan Vitalis body wash adalah sabun mandi dewasa. Jadi, sekarang giliran emaknya yang mencoba. Hihihihi. 

Vitalis body wash ini sebenarnya ga hanya body wash, melainkan perfumed moisturizing body wash. Yang berarti sabun mandi dengan parfum dan juga moisturizing untuk melembabkan.

Vitalis perfumed moisturizing body wash ini terdiri dari 3 varian; fresh dazzle, white glow, dan soft beauty. Setiap varian punya ciri khas masing-masing. Ciri khas ada di masing-masing kemasan, parfum dan bahan moisturizer nya. Penasaran karakteristik masing-masingnya? Check this out, Ma!

 

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash “Fresh Dazzle”

 

 

Sabun dengan kemasan hijau segar ini punya misi skin refreshing yang diawali oleh segarnya wangi Bergamot, Pear, dan Cassis diikuti wangi Floral Bouquet yang elegan feminin, ditutup dengan Musk Amber yang long lasting.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle, diperkaya dengan ekstrak Yuzu Orange dan anti oksidant dari Green tea, yang menjaga kulit terasa lebih bersih, wangi, segar dan terawat.

 

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash “White Glow”

 

mandi vitalis body wash

 

Sabun dengan kemasan pink feminim maksimalis ini mempunyai top note  dengan aroma fruity dari paduan manisnya Cherry & Raspberry, disusul dengan wangi Marshmallow & Gardenia yang lembut dan elegan, dibungkus dengan kombinasi Woody & Suede yang glamour dan long lasting.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow, diperkaya dengan ekstrak Licorice dan Susu, yang membantu merawat kulit hingga tampak bersih, cerah bersinar.

 

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash “Soft Beauty”

 

mandi vitalis body wash

 

Sabun dengan kemasan ungu elegan ini dibuka dengan wangi segar yang clean dari Fruity Aldehydic, dilanjutkan dengan wangi Rose & Violet yang feminine, diakhiri dengan manisnya Tonka Bean & Sandalwood yang premium.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty, diperkaya dengan ekstrak Alpukat dan Vitamin E, untuk membantu menjaga kulitmu tetap terasa kenyal halus dan  lembut.

Jadi, selain setiap varian punya scent yang berbeda, juga bahan aktif moisturizer-nya juga berbeda.

mandi dengan vitalis body wash

Parfum dan kandungan moisturizer-nya membuat kesan mewah tersendiri ketika mandi

 

Tentang top notes, middle notes, dan base notes

Semenjak saya menamatkan novel best seller Aroma Karsa milik Dee Lestari, saya mulai ada ketertarikan dengan pembahasan hal-hal yang berbau olfaktori. Ternyata Vitalis membuat body wash dengan dasar tersebut. Nah, kalau kalian jeli bin teliti kalian akan menemukan bahwa setiap varian Vitalis body was punya top notes, middle notes, dan base notes. Apa sih itu? 

Vitalis sebagai market leader di pasaran woman fragrance sudah pasti ini adalah expertise-nya. Dalam dunia parfum sudah lazim istilah top, middle, dan base notes, yang tidak lain adalah istilah untuk tingkatan parfum.

  1. Top notes mempunyai struktur molekul paling ringan sehingga aroma yang muncul hanya bertahan pada 15 menit pertama. Ibarat musik, ini adalah intronya. Pembuka aroma, sehingga menjadi penentu para pembeli untuk membeli parfum atau tidak sesuai seleranya
  2. Middle notes adalah aroma susulan setelah top notes menguap. Biasanya akan keluar setelah 15 – 30 menit. Ibarat makanan, ini adalah hidangan utamanya dan memiliki pengaruh kuat terhadap base notes.
  3. Base notes adalah lapisan aroma dasar dengan struktur molekul yang lebih besar dan penguapan yang lebih lama. Base note akan berbaur dengan middle notes dan menciptakan identitas parfum tersebut. Biasanya base note diambil dari aroma kayu-kayuan karena tahan lama dan intens.

 

Jujur, saya baru kali ini nemu body wash dengan detil parfum seperti ini✨.

 

Pengalaman Mandi dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

 

body wash Vitalis

 

Setelah saya baca tentang tingkatan parfum di website Vitalis, penasaran saya makin menjadi-jadi. Ketika produknya sampai di tangan saya simpan di atas lemari karena mau menghabiskan sabun yang ada, kebetulan sisa sedikit. Seharian saya sempat bingung dengan bau kamar yang berbeda, lebih wangi dan menenangkan. Saya lupa kalau ada body wash Vitalis saya simpan di atas lemari. Belum dibuka paketnya, mungkin ada sabunnya yang keluar sedikit ketika pengiriman. Maklum, di kota saya belum terlihat toko yang memajang sabun mandi ini.

Hmmmm, belum dipakai saja wanginya sudah semerbak.

🌹🌺🌹

Pertama kali, saya mencoba varian yang hijau, Fresh Dazzle. Pikir saya setelah mandi keringat dengan urusan rumah saya harus mandi dengan sabun yang energizing wanginya. Ga salah, wanginya emang bikin semangat. Perpaduan Bergamot Floral Bouquet, dan Musk Amber yang aromatik.body wash Vitalis

Ada nama yang asing di kepala saya. Setelah saya search ternyata Bergamot adalah sejenis jeruk-jerukan yang biasa diambil minyak essensialnya dan digunakan untuk pereda stress, depresi, badan pegal-pegal hingga meredakan infeksi. Bahasa lokalnya untuk bergamot adalah jeruk purut. Duh, kebayang kan segarnya aroma jeruk ini gimana.

Aroma citrus yang segar dan sparkling memang ga salah di pakai di siang hari untuk menambah semangat. Apalagi kandungan Fresh Dazzle salah satunya teh hijau yang bagus untuk menangkal mikroba yang datang dari debu saat kita membersihkan rumah.

Sorenya saya mencoba pakai yang lebih sweet, White Glow, karena inginnya ada kesan romantic atau sensual yang lembut. Ternyata setelah dipakai, wanginya terlalu strong untuk malam yang inginnya temaram (uhuk!). Kalau menurut saya ini wanginya glamour, kuat, dan percaya diri. Besok-besok saya pakai varian pink ini untuk mandi pagi. Sepertinya cocok jika bergantian dengan Fresh Dazzle.

body wash Vitalis

 

Ketika varian pink ini dipakai, menurut saya yang kalem ini wanginya benar-benar manis tapi lebih cenderung ke strong, ditambah kandungan susu di dalamnya sehingga terkesan mewah. Ternyata seperti itu ya aroma manis glamor yang didapat dari perpaduan chery, marsmallow, rasberry, dan kayu-kayuan. Ketika saya mandi dengan body wash Vitalis saya benar-benar menikmati aroma yang ada pada setiap varian, seperti benar-benar diracik secara eksklusif mewakili karakter setiap perempuan.

 

Nah, terakhir yang saya coba adalah Soft Beauty. Niat saya mendapatkan wangi yang lembut nan sensual ternyata ada di varian ungu ini. Wanginya manis segar dan kesan clean-nya dapat banget dari aroma buah jeruk, mangga, dan mint. Yang saya senang adalah hearth note-nya yang manis sensual yang tetap tercium walau badan sudah kering dan sudah berbaju. Feminim tapi lembut, perpaduan romantis antara aroma bunga dan kayu-kayuan.

Kandungan di dalamnya adalah vitamin E dan alpukat yang juga tinggi vitamin E dan lemak sebagai skin nourishing, cocok sekali buat kulit saya yang tidak seelastis dulu karena sudah menginjak angka 30.

Ternyata setelah saya cari tau Sandalwood banyak digunakan sebagai aromatherapy untuk membantu tidur jadi lebih nyenyak dan membuat suasana hati jadi lebih nyaman.

Pas banget, ga salah dipakai sore menjelang tidur. Apalagi memang ada sentuhan sensualnya di aromanya, membuat jadi percaya diri dekat-dekat sama suami. Dan ternyata suami paling suka kalau saya pakai yang Vitalis yang ungu *uhuk.

 

Selain asyik mandi sambil membaui aroma semerbaknya, saya juga suka dengan busanya yang melimpah namun dibilas tidak terasa licin tapi tidak kesat juga. Takaran moisturizer-nya pas. Kalau sudah begini me time hanya dengan mandi pun terasa mewahnya.

body wash Vitalis

Busanya melimpah

Simple self love yang sangat berharga, bukan? Kita memanjakan diri sekaligus berterimakasih kepada tubuh dengan mandi dan membersihkan pori-pori dari debu, pun kita juga dimanjakan oleh wangi sabun yang aromatik menyenangkan dan busanya yang melimpah. Ketika keluar kamar mandi aroma tubuh jadi seperti bunga yang bertebaran, badan dan wajah jadi segar, pikiran pun jadi rileks kembali. Upik abu siap jadi cinderella!

Cinderella kesiangan 😂 Setelah beres kerjaan rumah, tidak lupa self love dengan mandi, skincare, dan make up tipis-tipis.

Jadi, begitulah pengalaman saya berupaya untuk mencintai diri sendiri dengan reward sederhana dan juga aktivitas penunjangnya yang bikin jadi percaya diri. Semoga kita bisa mengapresiasi diri kita sebaik-baiknya ya Ma, karena kunci menjadi bahagia adalah merasa diri dihargai. Jangan menunggu orang lain, tapi mulailah dari menghargai diri sendiri. Tidak perlu dengan membeli emas berlian jika mandi parfum saja sudah membuat kita seperti cinderella.

 

 

Sumber:

  1. https://www.pesonavitalis.com/product/body-wash/
  2. https://www.instagram.com/pesonavitalis/
  3. https://www.halodoc.com/jangan-malas-ini-5-manfaat-mandi-pagi
  4. https://www.tirailangit.com/passion/tingkatan-notes-parfum/
  5. Infografis oleh www.latifika.com 

Latifika Sumanti

Mom of two, long life learner. Part time blogger, full time mother. Beauty, health, and parenting enthusiast

130 Komentar

Hani S. · Maret 23, 2020 pada 12:50 pm

Tiga2nya punya wangi yang oke dan menenangkan ya Vitalis Body Wash ini, aku pun suka karena selain wangi juga bisa semakin melembapkan kulit keringku. Aku sedang pakai yang warna hijau, suka banget dengan aroma Green Tea-nya yang menyegarkan 🙂

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:47 am

    wah suka yang aromanya sparkling ya Mba

Relinda Puspita · Maret 23, 2020 pada 4:29 pm

Musim COVID-19 gini, penting banget punya sabun. Dengan Vitalis, wangi dapat, bersihnya juga dapat, ya Mbak.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:50 am

    Bener banget Mba, badan bersih, sehat, wanginya juga OK banget

Mutiara Sy · Maret 23, 2020 pada 5:38 pm

Favoritku yang fresh dazzle… Tapi lumayan susah nyarinya di tempatku kalo varian yang itu.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:48 am

    Oh ya Mba? Berarti banyak peminatnya di tempat Mba kali, jadi sering kosong

Aswinda utari · Maret 23, 2020 pada 5:58 pm

Seneng banget aku baca blog mu mb fika. Ini super komplit sekali informasinya. Infografisnya cakep. Mau dong diajarin nanti..hihi..

Setiap ibu selalu punya aura cantik sendiri ketika rempong. Vitalis bikin kita jd kek cinderella abis keluar dr kamar mandi yak.. Loveee

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:51 am

    Iyaa..apalagi kamu udah cantik duluan biar jadi upik abu, apalagi udah mandi …cinderella mah kalah

Nchie Hanie · Maret 23, 2020 pada 7:35 pm

Hihihi..Upik Abu juga masih bisa kece dan wangi donk yaaaa, salah satunya dengan mandi pake Vitalis, iya mandi Parfum.
Asiknyaa..beberes rumah bak inem tapi tetep sekseh dan kece.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:53 am

    ((((inem))))))), wahahaha, iya nih Teh. Biar ga inem2 banget habis beberes kita segerin badan pakai Vitalis body wash

      Nchie Hanie · Maret 30, 2020 pada 11:59 am

      Jiyaaaah ku baru mau nginem niih,
      Abis kerja di rumah dl ..
      Kalo mandi inem udah td pagi..

        Latifika Sumanti · April 5, 2020 pada 4:03 am

        Wkwkwk, iya Teh

Efi Fitriyyah · Maret 23, 2020 pada 8:50 pm

Ah bener Maaak, mandi itu bikin kita bisa mikir jernih terus imunitas ningkat dan bikin kulit bagus. Ngomong-ngomong self love aku dah lama ga olahraga. Sekalinya rajin lagi lari pagi (baru sekali sih hahaha) keburu ada wabah Corona ih. Sedih deh.

Semoga wabahnya lekas usai biar bisa beraktifitas lagi dan makin pede karena udah mandi dengan Vitalis ini ya

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:52 am

    Ehhh, Teh Efi, olahraga mah ga harus di luar. Angkat dumbell 5 kg di depan rumah atau teras belakang yang kena matahari juga OK. Plank juga bisa Teh

Uniek Kaswarganti · Maret 23, 2020 pada 10:45 pm

Berikan reward pada diri sendiri, karena diri kita sangat berharga. Ketika kondisi jiwa dalam kondisi baik, maka semua aktivitas akan berjalan baik pula. Hanya kita sendiri yang tau kapan butuh menyenangkan diri. Yuukk mandi pakai Vitalis ini agar mood kembali membaik.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:56 am

    benerrrr, Vitalis bikin mood jadi good ya Mba

Inuel · Maret 24, 2020 pada 4:25 am

Benar, sebagai ibu kita harus banyak mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum suami dan anak. Dengan begitu kita akan menjadi ibu yang bahagia 🥰

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:56 am

    tangki cintanya penuhi dulu kata psikolog 🙂

Suciarti Wahyuningtyas · Maret 24, 2020 pada 8:21 am

Berarti kalau sudah mandi menggunakan Vitalis Body Wash gak perlu lagi nih pakai parfum ya. Kebayang ini wanginya sepanjang hari bikin kita selalu tampil pede ya. Aku jadi pengen nyobain yang warna hijau itu deh, coba ah kita masukan list belanjaan berikutnya.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:57 am

    Iya Mba, kurasa gausah pakai parfum lagi kalo dirumah. Mudahan ada di minimarket dekat rumah ya

FIRSTY UKHTI MOLYNDI · Maret 24, 2020 pada 10:15 am

semoga nanti vitalis juga mengeluarkan produk lain yang wangi2 lagi. mungkin hand body atau shampoo misalnya.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:58 am

    bisaaaa….kita tunggu aja ya

Siti Mustiani · Maret 24, 2020 pada 2:37 pm

Setuju sekali jika menerapkan self love terlebih bagi ibu rumah tangga, karena IRT merupakan pekerjaan yang paling mulia menurut saya, biar gak stress lebih baik jika semakin produktif di rumah.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:59 am

    pokoknya harus pintar2 self love ya Mba, soalnya IRT ini rawan stress bangett, karena IRT sering diremehkan orang

Hani S. · Maret 25, 2020 pada 12:20 am

Yang hijau seger banget ya Mba, aroma jeruk dan Green Tea-nya bikin pengen sering mandi deh, haha

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:02 am

    Nah, banyak banget ternyata penyuka hijau. Fresh nya dapet ya Mba

Marita Ningtyas · Maret 25, 2020 pada 12:37 am

Memang setelah jadi ibu kadang kesenangan pribadi jadi terpinggirkan ya mbak? Salah satunya mau mandi secara proper saja sering nggak kesampaian. Tapi bener bisa nggak bisa harus bisa, hehe… biar nggak kucel. Kalau aku suka yang hijau, seger wanginya.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:10 am

    Banyak banget yang suka hijau. Emang hijau paling cocok dipakai pas pagi hari biar seger semangat sparkling seharian

Eni Rahayu · Maret 25, 2020 pada 3:14 am

Duh keren banget mbak, bisa semangat setelah mandi pakai vitalis. Memang ya sebagai emak-emak yang butuh full energy mandi adalah hal yang paling penting dan harus istimewa, salah satunya pakai vitalis body wash

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:11 am

    Bener Mba, pas beberes capek banget, kita recharge lagi baterainya pakai mandi, mandinya pakai Vitalis, simpel tapi berkesan

Yeni Sovia · Maret 25, 2020 pada 5:33 am

Waw keren mba tulisannya lengkap dan informatif. Ditambah graphisnya juga mantap. Aku juga pakai vitalis dan aku suka semua wanginya hihihi

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:13 am

    terimakasih Mba. Masih harus belajar lagi soalnya kalo ga sering diasah jadi mentok kreatifnya. Akupun suka semuaa, tapi kayanya ungu yang paling pas sama karakterku

Bambang Irwanto · Maret 25, 2020 pada 8:17 am

Pas banget ya, Mbak Fika. Setelah seharian bersih-bersih rumah ala Upik Abu, kelar langsung mandi dengan vitalis berlimpah busa dengan aroma menggoda. Taraaaa.. jadilah Cinderella yang siap menanti Paksu pulang kerja hehehe.
Kemasannya ini bagus, karena bisa dibawa travelling juga. jadi selama jalan-jalan tetap mandi bersih dan kulit terjaga.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:14 am

    Bener Mas, enak dibawa traveling ini, ga besar ga terlalu kecil pula.

Grandys Mawarni · Maret 25, 2020 pada 8:35 am

qiqiq kadang aku juga suka ga sadar kalo sudah berjibaku dengan pekerjaan dan urusan domestik yg rasanya tak pernah usai itu hehe. Dan kalo habis mandi pake Vitalis auto jadi segerrrrr

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:08 am

    Wah Mba Grandys ini duluan nyoba Vitalis ya

Mirna Rahardjo · Maret 25, 2020 pada 2:57 pm

Busanya lembut dan banyak ya mba si vitalis nih,,, makin berasa mevvah saat mandi,, makin nyaman melakukan me time

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:08 am

    Bener banget Mba, makin mewah mandinya, jadi pengen lamaan dikit di kamar mandi

Ririe · Maret 25, 2020 pada 3:07 pm

sabun mandi dengan wangi ala parfum, dengan mandi menggunakan vitalis body shop menjadi salah satu cara untuk self love, sederhana dan mudah namun indah banget.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:07 am

    Betull Mba, menghargai diri ga usah mahal-mahal, nanti sulit dan malah semakin stress, yang gampang, sederhana tapi bermakna, mandi parfum.

Nanik Nara · Maret 25, 2020 pada 3:24 pm

Hahaha… Ngerasain banget mbak, setelah punya anak jadi nggak sempat merawat tubuh. Sering klo lagi jalan pagi-pagi, ketemu orang yang gemes lihat anak saya, terus dia nanya “ini anak siapa?” sambil agak ngegas bilang “anak saya!”

Dikiranya saya ini pengasuh huhu…

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:05 am

    Hahaha, ngenesnya Mba. Lah, sami mawon saya juga. Ga ngomong langsung tapi kesindir banget yak

RACHMANITA · Maret 25, 2020 pada 6:55 pm

Aku suka banget sama wanginya vitalist ini karena emang enak banget dan gak bikin bosen gitu deh

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:04 am

    iya Mba. Suka aroma apa btw 🙂

Eri Udiyawati · Maret 25, 2020 pada 7:27 pm

Mencintai diri sendiri bisa banget ya dilakukan dg cara yang sederhana. Yaitu mandi yg bagaikan me time dan pakai make up tipis-tipis.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:03 am

    huum Mba, udah gitu aja berasa sudah menghargai diri yang telah berlelah-lelah seharian.

Blogger Medan - Ririn Wandes · Maret 25, 2020 pada 8:08 pm

Wangi banget nih si Vitalis nya,aku pun menggunakan beberapa rangkaiannya tapi paling suka varian warna hijau. Mandi makin menyenangkan dengan Vitalis sebab busanya pun melimpah. Wangi sepanjang hari selesai mandi dengan Vitalis

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:01 am

    yeaayy…udah pernah nyoba pasti ya Mba. Banyak nih yang suka hijau, soalnya seger energik

Firdaus Deni Febriansyah · Maret 25, 2020 pada 9:07 pm

Saya cowok ga pakai seperti ini…. Tapi coba saya infokan ke kakak saya deh

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:21 am

    Boleh banget donk pake, suamiku pake juga koq Kak

Echaimutenan · Maret 25, 2020 pada 9:16 pm

Gpp cinderellanya udah ada suami enak sayang-syangannya wangi pakai vitalis ini.
Aku belum pernah nyoba ini yang ini tapi pengen nyobain juga ah biar jadi pede sayang2an ma suami

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:21 am

    Hahahah, iya Mak. Cobain ya unguu deh

Anggun Josie Pasemawati · Maret 26, 2020 pada 5:54 am

Emang mewah banget kok aromanya vitalis ini ya mbak. Sekarang aku lg suka aroma yg ungu, ga tau klo besok 😀

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:21 am

    Samaaaa. Kumasih belum berubah Mba favoritnya

Sitatur Rohmah · Maret 26, 2020 pada 7:15 am

Saya paling suka yang warna hijau. Mengingatkan saya pada situasi pegunungan yang segar dan menyehatkan

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:20 am

    Segar energik ya Mba

Bimo Rafandha · Maret 26, 2020 pada 9:48 am

Bener banget nih. Kadang hal yang sulit adalah mencintai diri sendiri.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:20 am

    Hehe iya

Nurul Fitri Fatkhani · Maret 26, 2020 pada 10:53 am

Sepakat nih, setelah jadi ibu rumah tangga kita gak boleh jadi seperti upik abu. Harus bisa lebih cantik kayak cinderella pakai vitalis body wash ya…

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:20 am

    Iya Mba, biar memupuk rasa percaya diri ☺

Jasmi · Maret 26, 2020 pada 11:11 am

Seharian beraktivitas, membuar Rapunzel pengen mandi-mandi cantik. Jadi lebih asik dengan sabun yang wanginya gak kaleng-kaleng. ^^

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 3:00 am

    koq ke Rapunzel sih, hahaha, iya iya gpp

Muhammad Rifqi Saifudin · Maret 26, 2020 pada 11:30 am

Self love itu memang penting banget, apalagi bagi yang menjalani kehidupan pernikahan dan seorang ibu yang tanggungjawabnya menurutku juga tidak kalah besar dengan ayah. Perlu ada me time dan juga dukungan dari suami agar seorang ibu tetap kuat.

Mandi menurutku salah satu cara untuk tetap segar di tengah berbagai aktivitas yang ada, untuk mengawali hari dan juga mengakhiri hari. Vitalis ini harumnya suka banget sih aku, sebagai cowok aja enak apalagi cewek

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:19 am

    Wah, bahagia ini nanti istrinya, udah ngerti posisi istri

Ida Raihan · Maret 26, 2020 pada 1:08 pm

Membaca ulasan ini jadi mandangin tubuh sendiri dan kepikiran buat nyingkirin pakean yang udah jadul banget. Kudu merawat badan ini mah.

Jadi inget dulu main ke tempat teman, mamanya bilang, “Kamu kalo di poto keliatan cantik.” Yaa ampuun Buuu polos amat itu ngomonnyaa. Bikin aku langsung down.

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:19 am

    Maksudnya apa coba ya Mba 😂

Mas Kholis · Maret 26, 2020 pada 2:49 pm

Dari semua varian warna, menurut kakak yang paling best seller yang warna apa ya? dan alasannya kenapa lebih banyak yang memilih vitalis yang warna tsb?

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:18 am

    Ga tau Mas, karena ternyata tiap pemakai punya karakter pribadi masing2 yang membuat mereka memilih favoritnya masing2. Rata sih kulihat yg suka pink, ungu, dan hijau

Rita Asmaraningsih · Maret 29, 2020 pada 8:42 am

Kalo saya suka yg Fresh Dazzle krn keharumannya cocok buat saya menyegarkan dan membangkitkan mood booster

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:06 pm

    Banyaak banget yg suka hijau lo Mba..wah wah, semangat ya Mba

Caroline Adenan · Maret 29, 2020 pada 1:59 pm

Bener banget, jadi SAHM itu rentan bgt akan stress, aku ngerasain banget. Makanya kita kudu cari me time itu setidaknya bikin pikiran kita release atau bahagia (sedikit)
Self love itu juga kuncinya ya.
Dan mandi pakai sabun fav kayak Vitalis gini udah cukup sih ya, at least for me :)) bahagia yg sederhana :))

    Latifika Sumanti · Maret 29, 2020 pada 2:05 pm

    Iya Mba, self love itu KOENTJI diri yang bahagia

Muna Fitria Hidayat · Maret 30, 2020 pada 12:44 am

Aku pun menjadikan mandi parfum sebagai morning routine, Mbak. Biar segar semangat memulai berkegiatan. Ternyata ada sains di balik mandi bisa memperbaiki suasana hati. Wah..

    Latifika Sumanti · April 5, 2020 pada 4:02 am

    Iya Mba, bener…. sekarang segala apa-apa ada penelitiannya supaya kita tau manfaatnya

Tanti Amelia · Maret 30, 2020 pada 10:44 am

wah cinderellanya cantiiik – belum dandan aja udah kek gini, gimana kalo ibu peri datang coba?

    Latifika Sumanti · April 5, 2020 pada 4:03 am

    itu yang ga dandan ga ada tantik2 nya Mba , hahahaha

Lidya · Maret 30, 2020 pada 12:42 pm

Walau di rumah aja tapi harus tetap wangi, bersih & rapi ya jadi gak ada label upik abu lagi. Cinderella yang menjaga keluarganya 🙂
Aku suka yang pink & ungu vitalis body washnya, tapi yg hijau juga enak sih

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:50 pm

    Pink dan ungu mirip ya Mba aromanya

Keke Naima · Maret 30, 2020 pada 3:02 pm

Yup! Setelah beberes rumah ala Upik Abu. Langsung dilanjut mandi pakai Vitalis Body Wash. Keluar kamar mandi berasa cantik dan wangi kayak Cinderella 🙂

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:49 pm

    Hihi, iya Mba. Toss dulu sesama Cinderella, wkwkwkw

NurulRahma · Maret 30, 2020 pada 3:07 pm

Kudu bangeett self-love membahagiakan diri sendiri yaa.
Mandi pake VITALIS nih mujarab bangett bikin mood booster!

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:48 pm

    Mood jadi good ya Mba

Jiah · Maret 30, 2020 pada 3:11 pm

Suka Vitalis ini karena banyak banget nutrisinya buat kulit dan tentu bau harumnya sangat menenangkan. Bikin rileks pikiran banget

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:47 pm

    Ah setuju banget Mba. Wanginya menenangkan, apalagi yang ungu, ternyata dia ada sandalwood nya yg emang buat tidur supaya lebih nyenyak

arifah wulansari · Maret 30, 2020 pada 4:41 pm

favoritku yang fresh dazzle mbak..suka banget wanginya

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:47 pm

    Banyak bangett yang suka sama hijau, sparkling ya Mba, nyegerin

Armita · Maret 31, 2020 pada 5:25 am

Buat Ibu rumah tangga, setelah lelah beraktivitas seharian, mandi itu seperti penghargaan yang menyenangkan buat diri sendiri.
Apalagi bisa mandi dengan sabun parfum yang wangi ya Mba… seger…

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:48 pm

    Iya bener banget. Dulu waktu single biasa aja sama aktivitas satu ini, pas udah jadi buibuk ya Alloh berasa banget berharganya

Suryani Palamui · Maret 31, 2020 pada 6:59 am

Ini nih review yang lagi banyak banget dilas sama temen-temen blogger. Jadi penasaran pen coba nih Vitalis. Dulu jaman SMA suka banget sama parfumenya. Dan sekarang baru tau ternyata ada body washnya. Huuu racun banget sih Mbanya 🙂

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 2:00 pm

    Hihi, banyak yamg ngulas ya Mba, biar banyak yg tau Vitalis keluarin body wash dan patut dicoba!

Rosanna Simanjuntak · Maret 31, 2020 pada 4:30 pm

YES.
Me time itu bukan berarti egois.
Itu basic need.
Agar kita bahagia.
Gimana mau membuat orang lain bahagia, kalau kita sendiri nelangsa.
Doesn’t make any sense, right?

Aku suka penjabaran mba, Fika
Apalagi di bagian top, middle dan base notes!
Da best!

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 2:02 pm

    😘😘 Mbaa…. Aku baru tau juga jadi mau berbagi.

HM Zwan · April 1, 2020 pada 5:43 am

Salah satu bentuk self love adalah dengan rajin mandi. Kalo sudah mandi apalagi pakai sabun wangi, rasanya fresh banget badan dan pikiran.

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 2:01 pm

    Bener banget Mba. Sepakat 😍

Dian Restu Agustina · April 1, 2020 pada 11:36 am

yess..setuju, kunci merasa bahagia adalah mencintai diri sendiri. Self love, beri reward sederhana untuk diri kita.
Dan sama, di saat situasi sulit begini, di rumah aja, ku tetap merawat diri, mandi, rapi ..untuk siapa? untuk diri kita, merasa cantik, mood booster naik…semangat lagi menjalani hari deh jadinya

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:50 pm

    Kujuga belajar dari Mba Dian lo tentang self love. Panutan…

Dedew · April 1, 2020 pada 3:02 pm

Mandi tuh refreshing banget ya apalagi kalau sabunnya wangi jadi betah lama-lama

Raach Alida · April 1, 2020 pada 3:29 pm

Pulang kerja ini rencNa mau mandi pakai Vitalis mba. Biar semakin semangat dan produktif juga. Heheheh

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:51 pm

    Hihi, iya donk Mba. Pulang kerja wajib mandi biar segar ketemu orang rumah

TIAN LUSTIANA · April 1, 2020 pada 4:34 pm

Favorite banget mandi pakai Vitalis Bodywash yang White Glow, harumnya khas dan biikin mood membaik.

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:51 pm

    Woooo suka yang pink ya Mba. Itu harumnya paling strong menurut ku deh

Utie adnu · April 1, 2020 pada 8:58 pm

Akupun sudah coba ke3 variannya mba harum bikin kulit lmbut Mandi dng vitalis parmufed moisturizing body wash ini

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:52 pm

    Alhamdulillah ya Mba,

April Hamsa · April 1, 2020 pada 9:33 pm

Aku jd keinget tetanggau dulu zaman awal nikah pas masih ngontrak di pinggiran Jkt, anaknya satu dia kucel banget, trus tak lama anaknya kedua lahir tambah kucel, begitu itu dua anak udah gedean emaknya jd bisa dandan dan cantiknya manglingin haha. Mungkin gtu jg dengan kita (KITA), pas anak dah agak gedean ya akirnya bisa me time, mandi lbh lama gak buru2 ya hehe

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:53 pm

    Pokoknya jangan remehin emak2 kucel ya Mba, dia me time dikit kelarrrrrr hidup kita 😆

Nathalia DP · April 1, 2020 pada 9:40 pm

Setuju, mandi pakai vitalis body wash bikin merasa jadi cinderella… Bersih, wangi, segar 🙂

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:53 pm

    😘😘 Cinderella buat suami ya Mba

Lina W. Sasmita · April 1, 2020 pada 9:53 pm

Dari ketiganya saya suka yang fresh dazzle lalu soft beauty. Keduanya wanginya itu menenangkan dan menyegarkan.

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:54 pm

    Sama banget Mbaa, tp kalo aku ungu dulu baru hijau, hihi

Uniek Kaswarganti · April 1, 2020 pada 10:05 pm

Percikan air di tubuh plus sabun mandi yang wangi memang mampu membahagiakan diri kita yaaa.. Semula berasa lecek, seketika langsung semangat lagi. Gimana ga semangat coba, tubuh udah wangi dan kulit lembab bareng Vitalis, siap dicium-cium sepanjang hari kaaann… 😉

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:54 pm

    Hihi, iya Mba. Air itu vital banget, Vitalis menambah maknanya dengan aromanya 😍

Milda Ini · April 1, 2020 pada 10:17 pm

Sepakat ya MBa, jadi kita harus kenal dan cinta diri sendiri dulu baru bisa mencintai orang lain. Di dlam islam pun juga diajarkan begitu, mencintai orang lain seperti kita mencintai diri sendiri. Btw mba suka Vitalis yang warna apa?

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:55 pm

    Kusuka ungu Mbaa

Hidayah Sulistyowati · April 1, 2020 pada 10:18 pm

I feel you, mbak Fika, hahahaa…Jangan sedih, aku pun waktu punya anak bayi awal-awal nggak ngurus body dan wajah. Untungnya ada yang mengingatkan dan ada keluarga yang bantuin untuk merawat diri. Kalo sekarang berntung ya bisa kenal Vitalis body wash, bantuin banget buat mengembalikan kecantikan tiap sore, jelang suami pulang kerja, hihiii

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:56 pm

    Iya Mba, kalo ingat zaman dulu tu ya yaampun, berasa ga bisa self love… Alhamdulillah ketemu teman2 blogger jadi belajar banyak dari keleans 😍

Khairiah · April 1, 2020 pada 11:00 pm

fresh banget penampilannya setelah mandi, jadi ingin mandi pakai vitalis juga udah harga terjangkau, kulit halus dan wangi lagi

    Latifika Sumanti · April 2, 2020 pada 1:56 pm

    Pokoknya habis mandi itu tambah semangaat

Marf · April 2, 2020 pada 3:29 pm

Memanjakan diri dengan vitalis ini emang bikin mood balik ya kak, betul self love penting banget biar perjalanan tenang dalam mengarungi lika liku kehidupan hahah. Favorit saya yang hijau

    Latifika Sumanti · April 5, 2020 pada 4:04 am

    wkwkwk, iya Mba. Jangan lupa makan biar kuat menghadapi kenyataan , LoL

herva yulyanti · April 2, 2020 pada 4:04 pm

huah cinderella kalau begitu kita sama karena aku juga pake vitalis loh wkwkk

    Latifika Sumanti · April 5, 2020 pada 4:04 am

    Teteh di atasnya CInderella. Apa ya?

Santi Dewi · April 3, 2020 pada 8:37 pm

kadang saking sibuknya mengurus rumah dan anak, kita lupa mengurus diri sendiri, makanya kita harus bisa mencintai diri sendiri

    Latifika Sumanti · April 5, 2020 pada 4:05 am

    Iya Mba, bener deh

Siti Hairul · April 4, 2020 pada 1:52 pm

Mencintai dan menghargai diri sendiri itu bentuk penghargaan kita lo pada karunia Allah. Jangan merasa kita ga punya apa2 dan mersa ga punya karya terus minder. Hehehe

    Latifika Sumanti · April 5, 2020 pada 4:05 am

    Iya Mak Iroel bener, harus bisa self love sepakat ya

Hana Aina · April 5, 2020 pada 9:17 pm

Merawat diri bisa jadi salah satu bentuk self love, ya. Apalagi pakai Vitalis body wash yang bikin wangi. Ini salah satu bentuk menghargai diri sendiri. Musti diingat banget, nih.

    Latifika Sumanti · April 8, 2020 pada 4:44 am

    Iya Mba, kalau kita bisa mengharagai diri sendiri bawaannya jadi mudah positif aja

Riska Ngilan · April 14, 2020 pada 6:28 am

Sudah pernah coba semua varian wanginya dan saya paling favorit sama yang botol ungu lupa namanya. Wanginya benar-benar bikin fresh badan dan pikiran. Suami juga suka sama wanginya.

Rini Novita Sari · April 23, 2020 pada 8:54 pm

haiiii mbakkkk,,, salam kenal, kayaknya aku baru berkunjung kemari

btw aku pakai vitalis jugam bahkan kmren baru beli refill nya,,,

aku suka yg pinkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    Latifika Sumanti · April 24, 2020 pada 7:10 am

    wah strong itu aromanya, cocok sama Mba Rini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *