resep bakso
 
 
Assalamu’alaikum…
 
Masih ada stok daging sapi sedikit di kulkas ditambah harga daging ayam lagi murah di pasar, kemarin saya bikin bakso homemade. Dan sekarang saya ingin membagikan resep bakso lezat dan gurih ini. Yummy!!!!
 
Kebetulan beberapa hari lalu saya membaca resep bakso di facebook. Demi membuktikan  klaim atas resep tersebut, saya yang masih belajar masak ini merasa tertantang untuk membuktikannya. Hmm, apa sih klaimnya? Di resep itu bilang kalo rasanya 99% mirip dengan bakso jualan abang-abang. Saya yang masih dalam pencarian resep bakso yang pas di lidah dan di hati langsung men-skrinsyut resepnya itu. Beberapa saya modifikasi berdasarkan bahan yang ada di dapur dan pengalaman-pengalaman sebelumnya mencoba berbagai resep bakso ((berbagai)).
 
Ok, now it’s time to prove it! 
 

Bahan-bahan:

  1. 1/4 kg daging sapi
  2. 1/4 kg daging ayam
  3. 1 butir kemiri goreng
  4. 5 siung bawang merah goreng
  5. 3 siung bawang putih goreng
  6. 1 butir telur
  7. 5 balok es 
  8. 6 sdm tepung kanji
  9. 2 sdm minyak goreng (bisa skip kalo sudah mulus blendernya) 
  10. 1 sdm garam
  11. 1 sdt gula
  12. 1 sdt saus tiram
  13. merica secukupnya
 

How to:

  1. Giling semua bahan menjadi satu. Karena malas keluar jadi giling pakai blender di rumah saja. Kalo mau giling pakai blender masukkan sedikit-sedikit ya. Minyak berguna untuk melicinkan proses pencampuran
  2. Didihkan air kaldu yang dibuat dari tulangan sapi. Resep di bawah ya
  3. Setelah mendidih, kecilkan api. Buat adonan kecil-kecil dan masukkan ke dalam rebusan
  4. Tunggu sampai mengapung beberapa saat
  5. Sajikan
     
 
Dengan resep tersebut menghasilkan 40 biji pentol bakso ukuran sedang. Oya, resep ini sama sekali ga pakai kaldu bubuk sapi tapi rasanya AlhamduliLlah, joss gandooss bambang gulindang! 😂.
 
Perpaduan kaldu yang keluar dari tulang ditambah rempah-rempah yang kaya rasa mampu menciptakan bakso gurih yang lezat. Saya suka sekali cita rasanya, pas banget di lidah. Beneran seperti makan bakso jualan abang-abang, tapi bedanya kita bisa mengontrol MSGnya dan ga bikin kena “Chinesee Restaurant Syndrom” yang biasanya saya alami setelah menyantap jajanan berkuah. Apa itu? Gejala mual dan pusing setelah makan-makanan ber-MSG, konon katanya makanan bercita rasa Cina tinggi kadar MSGnya. 
 
Baca juga: Resep Pilus Keju
 
Kalo di resep ini mungkin ada sedikit dari saus tiramnya, tapi cincay lah bisa ditolerir, dikit (banget) itu.
 
Recook? Yess aaah….
 

Resep air kaldu

Sebenarnya ini adalah sup tulangan bening yang saya buat tanpa sayur.
 

Bahan-bahan:

  1. 300 gr – 500 gr Tulangan daging
  2. 1 buah bawang bombay cincang
  3. 2 buah bawang putih cincang
  4. Sejumput kayu putih bubuk
  5. 1 ruas jahe geprek
  6. Bunga sisir 1 biji
  7. Cengkeh 3 biji
  8. Air untuk merebus, sesuaikan
  9. Garam, merica secukupnya

How to:

  1. Rebus tulangan dengan api besar sebentar untuk membuang darah dan kotoran
  2. Ganti air dan rebus tulangan kembali, didihkan
  3. Setelah mendidih dengan api sedang masukkan semua bumbu-bumbu
  4. Koreksi rasa
resep bakso
 
Ini resep bakso yang paling enak yang pernah saya coba. Rasanya sudah 11 12 sama punya abang tukang bakso mari-mari sini saya mau beli! *eh malah nyanyi *ditabook reader. Iyess, 11 12, abangnya 11 sayanya 12, saya yang menang, karena saya ga pakai micin abangnya micinnya 2 ons 😂😂😂.

Kalo saya amati dan membandingkan dengan resep sebelumnya sepertinya beberapa poin yang bikin enak adalah; penambahan kemiri, saus tiram (padahal cuman 1 sdt aja sih untuk 1/2 kg adonan), dan yang jadi tersangka utamanya adalah air untuk merebus pentol baksonya yang berasal dari sup tulangan.

 
Hayukk lah maak, coba juga di rumah. Ini endes surendess! 😚

NB: 

 
Sudah banyak teman-teman yang mencoba resep ini. Alhamdulillah rata-rata berhasil. Memang enak hasilnya. Adapun yang gagal biasanya menambahkan air ke dalam resep. Apa yang terjadi? Ambyar donk pemirsaah. Jadi, jangan sekali-kali pakai air ya. Karena adonan akan sangat sulit dibentuk. Cukup airnya dari es batu yang digunakan.Jadi, selain untuk mendinginkan suhu adonan yang rentan naik karena penggilingan, es batu juga bermanfaat untuk melancarkan proses penggilingan.
 
Semoga bermanfaat! Nantikan resep lainnya ya. 
 
 

0 Komentar

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Kalo pentol baksonya satu modalnya udah seribu pak. Kalo komplit semangkuk dengan mie dijual harga 10 ribu bisa, pentolnya kasih 5 aja udah untung. hehehe

Aranda · April 11, 2019 pada 7:27 pm

jos ini …. btw jadi berapa porsi dengan takaran resep segitu ? siapa tau ada yang bakat dagang bakso wkwkwkwkwk jadi bisa tau untungnya berapa hihihi

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Iya pak betull … dan kalo pempek pake digoreng ini direbus thok.

iKurniawan · April 11, 2019 pada 7:27 pm

mirip bikin empek2 yah. soalnya sering bantu istri buat

tapi kalau ini pake daging sapi dan perbandingannya agak beda
😀

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Kalo sudah recook kabarin ya Eny 🙂

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Mba, coba bikin deh. Hihi

Eny Aprilya · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Daging dikulkas masih ada mau coba bikin juga kak hhe. Makasih resepnyaaa :3 bikin lapar hujan2 gini hhe

http://www.eny-chan.blogspot.com

Rima Angel · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Astaga baca postingan ini sore-sore itu bikin perut laper terus jadi kepengen makan bakso juga. Bikin ngiler. Sumpah deh ��

Antika Arifani · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Infonya bermanfaat banget nih, menarik juga pembahasannya, mampir juga ya kesini menggenai solusi kewanitaan KLIK DISINI

Shintaries · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Aku juga bikin bakso kemarin pas ada sisa daging, tapi ngga pake bumbu hehehe serahin ke abang tukang giling di pasar

Dian Safitri · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Rajin banget, Mbak. Aku enggak telaten kalau harus bikin bakso. Udah males duluan. Tapi makannya sih enggak nolak.

Anindita Ayu · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Waaah mesti dicobain nih mbak, daripada jajan bakso di luar terus.. ^^

Helenamantra · April 11, 2019 pada 7:27 pm

wah asiknya sukses bikin bakso. Pernah coba tapi komposisi ga pas jadi kayak berlemak gitu

Lendy Kurnia Reny · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Pas banget.
Suami aku juga penggemar bakso. Dan aku, sebenarnya.
Lalu menular ke anak-anak.

Pernah aku bikin bakso beberapa kali, tapi masih gagal aja eeunk…
**kelembekan

Jadi mesti nyobaiin resep yang ini niih….semoga segera eksekusi!
Semangaaatttt….

Inge Maria Wibowo · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Wahh, enak nih mba. Ini oake blender biasa bisa ya?saya belum pernah dan belum ada niat buat bikin bakso sendiri 😄

Ria Kurniasih · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Udah di bookmark mba, ada bahan mau langsung di eksekusi. Makasih mba

andyhardiyanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Aihhh..gak pas nih. Baca resep bakso di saat lagi hujan deras banget di sini. Huhuhu. Kan..jadi pengen ngebakso kan..

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Iya mba tapi rada males keluar ke pasar jadi giling sendiri

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Bikin sendiri bikin nagih mba. Hehe

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Kalo beli terus kemasukan micin terus mba e, ya kaan.. Hiks

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Pakai daging has dalam mba, jangan yg banyak lemaknya atau tendonnya… Coba nanya sama penjual daging di pasar

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Kami berdua pun bakso holic mba, jadi pengen bisa bikin bakso sendiri biar puas.. Hee

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Semangaaat mba Lendy!

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Pake blender bisa mba, tapi kalo punya food processor sih lebih milih itu. Kalo bikin sendiri modalnya dikit makannya puas. He

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Sama2 mba. Kabarin ya hasilnya 🙂

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Hihihi…. Emang kalo bakso ngeliat gambarnya aja bikin ngiler ya mba….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *