resep es krim dung dung

Assalamu’alaikum…

Panasnya hari membuat saya tergoda lagi untuk membuat es krim dung-dung favorit sejak zaman kecil. Es krim dengan rasa santan yang kental. aroma pandan bercampur vanila. Hmmm, aduhaaii lezatnya.

Resep ini perbaikan dari resep sebelumnya yang saya buat beberapa hari lalu. Tapi resep sebelumnya berhasil juga koq. Yang mau liat resepnya boleeh banget.

Baca juga Resep Ice Cream Super Simple

Resep kali ini saya pakai santan segar perasan pertama, supaya kental dan nendang di mulut. Saya juga pakai emulsifier, tapi entah kenapa ga ngembang kaya resep sebelumnya. Memang sih stepnya saya ubah sedikit, dimixer setelah adonan es dimasak, kalo resep sebelumnya dimixer setelah adonan es membeku / setengah beku. Tapi soal rasa jangan ditanya, let the pick talk.

Loh koq pakai agar-agar? Kenapa pakai emulsifier? Naah, penjelasannya sudah saya tulis di resep sebelumnya ya. Mangga…..

Β 
Bahan-bahan:
  1. Santan kelapa kental 600 mL
  2. Gula 7 sdm
  3. Tepung jagung 2 sdm
  4. Agar-agar sepertiga sachet
  5. Emulsifier 1 sdt
  6. Daun pandan 2 lembarΒ 
How to:
  1. Masak santan kelapa, gula, tepung, agar-agar di dalam panci. Pastikan tidak bergerindil, aduk-aduk sampai mengental
  2. Tim emulsifer dan campurkan ke dalam adonan es yang baru dimasak. Mixer
  3. Setelah dianginkan, siap masukkan ke dalam freezer
  4. Setelah beku, keluarkan mixer lagi sampai lembut
  5. Bekukan lagi dalam freezer. Sajikan

Entah kenapa pas dimixer pertama ga ngembang. Jadi, hasilnya ga sebanyak resep pertama. Gulanya mungkin kurang banyak untuk ukuran makanan dingin, tapi ini opsional, kalian bisa menambahkan 2-3 sdm lagi kalo mau lebih manis.

Tapi ya apapun itu tetap yang judulnya “es krim” akan selalu dinikmati anak-anak. Si sulung sampai bilang “ummi terimakasih” berkali-kali saking senangnya si mamak bikinin dia es krim kesukaannya. Tapi, sayang ga boleh sering-sering ya naak, cukup di saat raga perlu pelipur lara karena gerah yang luar biasa seperti ini aja. Hihihi….

Yuk, coba juga di rumah juga maak. Ini melted!

Β 

 


13 Komentar

Anindita Ayu Prastiwi · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Aaahhh cocok banget nih buat cuaca Bengkulu yang super panas. Mesti dicobain nih mbak.. ^^

Zummatul Atiqo · April 11, 2019 pada 7:27 pm

*usapiler* πŸ˜‚πŸ˜‚

Zummatul Atiqo · April 11, 2019 pada 7:27 pm

*usapiler* πŸ˜‚πŸ˜‚

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Coba bikin mba πŸ˜‰

Tira Soekardi · April 11, 2019 pada 7:27 pm

kalau kau sih maunya tinggal makan saja, segernya

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

coba yuk mba πŸ™‚

Fanny f nila · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Aiiish, aku blm prnh nih bikin es krim sendiri. Oke juga kayaknya utk masak bareng anak ya mba. Pasti anak2 juga bakal girang banget dimasakin es krim begini

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

😊😊😊

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Iya mba… Seger dan higienis insyaa alloh

Anindita Ayu · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Cocok banget nih buat cuaca Bengkulu yang super panas. Mesti dicobain nih mbak.. ^^

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Sama2 mba

Artha · April 11, 2019 pada 7:27 pm

Jadi dimixer 2x ya? Oalah…pantesan dulu kok bentuknya aneh masih kasar gitu. Makasi tipsnya, mbak e

ira · Juni 30, 2019 pada 1:00 am

kalau pakai mixer manual bisa gak ya πŸ˜€ yg pakai tangan di kocok.. belum punya mixer soalnya hihi *baruJadibuibuIRT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *