Setiap waktu kayanya adaaa aja gitu ya yang viral. Padahal barusan kemarin Dalgona Cofee dan TaSu alias Tahu Susu, masih anget-anget baru muncul, eh udah ada yang lain lagi, Korean Garlic Bread.

Ga seperti TaSu, makanan kali ini cukup mahal modalnya. Segala ada filling cream cheese lah. Tapi kebayar sih sama rasanya yang nagih.

Siapa yang udah jadi bucin roti garlic Korea ini?? Wkwkwkwk.

Aku memang bukan penggemar berat drama Korea, walau harus kuakui drama mereka punya magnet yang sangat besar. Tepatnya berusaha untuk membatasi diri. Jadi, kalo ada yang tanya asal-usul roti ini ada di drakor atau ga, ku tydac tau ya. Bener-bener ini karena latah plus ngilerrr pengen nyobain, apalagi anak-anakku penggemar roti banget dan aku penggemar garlic, ya udin akhirnya kita eksekusi. Hiks, gluten Maaak! Iya tauk, hiks.

Sebenarnya roti ini hits nya udah agak lama ya, udah sejak Januari 2020 tadi roti ini viral di Korea sana. Di kita napa nyampenya baru sekarang, yak.

Sebelum eksekusi pastinya aku cari resepnya dulu kan. Biasanya selalu nyasar di cookpad, sih. Hihihi. Dough-nya  macam roti biasa lah. Cuma ya teteuup, ada dough roti versi sultan dan ada dough roti versi rakyat jelita. Aku pilih yang kedua donk. Muahahah.

Kalo versi sultan dough-nya pakai: butter (bukan margarin), susu (bukan air). Terus toppingnya pakai cream cheese kemasan mix whip cream, madu, sama keju parmesan / edam. Tuh, kan…. roti mahal ini sih. Tapi, tetep bisa dibuat koq versi low budget-nya, termasuk cream cheese nya kita homemade aja. Jadi, siapa aja bisa bikin, koq.

Baca juga: Resep Bakso Lezat dan Gurih 

Bahan-bahan:

Bahan Dough

  1. Tepung terigu protein tinggi 250 gr (Misal: Cakra Kembar Bogasari)
  2. Telur 1 butir
  3. Ragi 1 sdt
  4. Margarin 20 gram (1 sdm)
  5. Gula 30 gram (1,5 sdm)
  6. Air 110 ml (bisa kurang, bisa lebih tergantung tingkat kelembaban tepung. Baiknya disesuaikan)

Resep Korean Garlic Bread Ekonomis

Bahan Cream Cheese homemade

  1. UHT plain full cream 200 mL
  2. Keju cheddar 1 batang

Resep Korean Garlic Bread Ekonomis

Bahan Topping

  1. Telur 1 butir
  2. Garlic alias bawang putih 35 gram (3-4 siung)
  3. Daun oregano kering 2 sdm
  4. Margarin 150 gram (12 sdm), cairkan
  5. Krim kental manis putih 1 saset

Di sini oregano itu seharusnya parsley. Resep asli pakai parsley ya, tapi karena aku tydac suka bau parsley (terlalu strong menurut olfaktoriku), jadi kupakai oregano saja. Jadi, kalo kalian ga ada masalah sama parsley silakan pakai parsley yah.

Cara Membuat:

Malesnya bebikinan roti adalah sesi menjadikannya agar kalis elastis, karena itu makan waktu dan tenaga banget, apalagi kalo kalian penganut paham banting-banting adonan demi kalis paripurna. Mau yang minim waktu dan tenaga? Bisaaaa, beli aja mixer roti yang harganya you know lah, wkwkwk. 

Jadi, solusinya? Coba pakai metode autolisis dengan mixer tangan biasa. Mixernya jangan lupa pakai pengaduk yang ulir.

Kasian mixernya donk?

Ga, ga lama banget makenya. Kan pakai autolisis. Berikut stepnya; 

  1. Buat starter pengembang; air 50 ml dan ragi 1sdm. Tunggu berbuih dalam beberapa menit. Gelembung di permukaan tanda ragi aktif.

    Resep Korean Garlic Bread Ekonomis

  2. Sementara itu, masukkan semua bahan ke dalam mangkok, kecuali margarin
  3. Mixer sampai tercampur rata saja, ga usah kalis apalagi elastis, kurang lebih 3-5 menit. Diamkan sampai 30 menit (sampai mengembang setengahnya)
  4. Setelah itu, mixer lagi 3-5 menit. Diamkan sampai 15 menit
  5. Setelah mengembang, tambahkan margarin lalu mixer lagi 3-5 menit
  6. Tunggu sampai mengembang 2x lipat ukuran semula, kempiskan, lalu buat bulatan adonan roti. Kalau mau kecil-kecil, bisa jadi sampai 12 adonan roti. Kalau mau besar-besar, bagi aja langsung jadi 4 adonan roti.  
  7. Diamkan sampai mengembang (kurleb 30 menit, tergantung keaktifan ragi). Panggang sampai kuning kecokelatan (durasi 20 – 45 menit) tergantung jenis oven dan besarnya suhu.Korean Garlic Bread EkonomisProses pertama, mixer hanya mencampurkan bahan adonan. Kemudian dikembangkan. Proses kedua hasil mixer setelah proofing 30 menit (mixer 3 menit langsung kalis). Setelah itu kembangkan. Proses ketiga mixer dengan margarin. Kembangkan. Adonan kalis elastis di gambar ke-4.
  8. Sambil nunggu matang, bikin topping aja dulu. Margarin lelehkan bersama garlic yang sudah dicincang (jangan ditumis, cukup sampai margarin leleh aja, nanti aroma garlic nya menguap dan jadi kurang sedap)
  9. Setelah margarin leleh, dinginkan, masukkan semua bahan topping, lalu kocok
  10. Roti yang sudah dipanggang, didinginkan, lalu belah 4 atau 8, masukkan cream cheese nya dengan piping bag (resep cream ada di bawah)
  11. Oles permukaan roti yang sudah diisi dengan topping yang sudah dibuat. Panggang 10 menit (atau setengah waktu dari pemanggangan pertama).
  12. Voilaaa, Korean Garlic Bread yang manis, asin, gurih siap disantaaaaaapp.

Resep Korean Garlic Bread Ekonomis

Ini punya aku kurang cokelat bangettt. Next time pengen bikin lagi yang agak eksotis biar kaya rang-orang. 

Baca juga: Resep Telur Gabus Keju

Catatan:

*Resep cream cheese homemade dibuat dari keju batangan yang diparut+susu full cream dengan double boiled alias dimasak di atas mangkok yang diletakkan di panci dengan air mendidih. Kalau mau cepet larut keju parutnya diblender dulu sebelum dimasak.

*Proses proofing dough menggunakan metode autolisis. Metode ini menghemat tenaga untuk mengulen (ulennya pada saat roti mengembang) karena pada saat adonan mengembang itu terjadi proses autolisis yang membuat adonan mudah kalis elastis. Aku lupa sumbernya dari mana ya, tekniknya pertama tau dari Mba Endang JTT, istilahnya lupa darimana, monmaap Pemirsa *salim.

*Dalam pembuatan roti ini jangan terpaku pada waktu, karena tidak semua orang punya bahan dan alat memasak yang sama. Oven tangkring beda dengan oven listrik, kualitas ragi tiap kemasan dan suhu ruangan saat memasak tiap orang juga pasti berbeda. Jadi, ada baiknya fokus perhatikan perilaku adonan (saat proofing ataupun saat dipanggang).

Baca juga: Resep Tom Yam

 

Ok, sekian dulu resep kali ini ya. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

 

 

Kategori: Receipe

Latifika Sumanti

Mom of two, long life learner. Part time blogger, full time mother. Beauty, health, and parenting enthusiast

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *