Assalamualaikum….

Apa kabarnya? Pasti sedang liburan ya. Akhir tahun yang bertepatan dengan libur semester sekolah memang selalu identik dengan liburan, holiday, traveling, dan sejenisnya, termasuk leyeh-leyeh.

(((leyeh-leyeh))) πŸ˜‚.

Wkwkwk, siapa nih yang libur lebih suka mager (baca: malas gerak) daripada jalan-jalan?

Hihihi, jangan yaa… jangan dibiasakan. Boleh sih boleh mager alias leyeh-leyeh di rumah, apalagi kalau liburnya cuma sekelas weekend sabtu-minggu. Mager di rumah buat charge energi untuk kembali semangat di hari Senin. Tapi, kalau keterusan??? Rugiiii, shaayy.

Kenapa?

Karena jalan-jalan alias traveling itu banyak manfaatnya. Saya pernah nih bahas manfaat traveling. Saking bagusnya manfaatnya, bahkan perusahaan-perusahaan di Eropa mewajibkan pekerjanya mengambil cuti berlibur dalam setahun. Contohnya Swedia, salah satu dari top five negara paling bahagia di dunia, mempunyai regulasi 25 hari cuti dalam setahun, 2x lipat lebih banyak daripada Indonesia.

Baca juga: Skandinavia dan tropi Negara Paling Bahagia

Jadi, ada benernya juga tuh kalimat “Mungkin dia kurang piknik”, yang sering dilontarkan kepada orang-orang yang bawaannya negatif thinking melulu πŸ™Š.

Hahahaha,

Jadi, ayok kita liburanπŸ˜„


Libur Kemana Kita? 

Ada banyak alternatif destinasi wisata yang biasa dijadikan referensi masyarakat Indonesia, semisal; Jakarta, Surabaya, Bandung, Malang, Jogkakarta, Bangka Belitung, Bali, Lombok, dan Sulawesi.

Kota wisata yang saya sebutkan itu memang terkenal banyak memiliki spot-spot wisata yang menarik minat pengunjung. Tapi, pernah kah kalian berkunjung untuk berlibur di Palangkaraya, kota yang digadang-gadang dan menjadi kandidat kuat ibukota Republik Indonesia?

Menyebut Palangkaraya sebagai objek wisata rasa-rasanya akan membuat banyak dahi berkerut. Palangkaraya? Memang ada hal menarik apa di sana?

Titik nol Palangkaraya pada malam hari
Thank Mas Eko (whoever you)  fotonya cantik

Hmmm, kalian pasti banyak yang belum tau kan. Yuk, kita eksplor di sini!

Ada Apa di Palangkaraya? 

Wacana pemindahan ibukota RI dari Jakarta akhir-akhir ini sering terdengar, walau sepertinya tidak dalam jangka waktu dekat. Palangkaraya menjadi salah satu kota alternatif yang masuk perhitungan, bahkan jauh sejak negara ini didirikan.

Menjadi kota provinsi terluas di Indonesia dengan struktur tanah flat, tidak banyak gunung, tanahnya tidak gembur serta tidak termasuk jalur pertemuan tiga cincin tektonik, menjadikan Palangkaraya seperti primadona yang sering disebut oleh Presiden Soekarno dan Joko Widodo.

Bahkan hasil penggalangan suara netizen oleh Detik Finance (Salah satu channel dari Detik.com) pada Juli 2017 menghasilkan vote lebih dari 50% netizen memilih setuju.

Nah, apa aja ya destinasi wisata di kota yang punya julukan Kota Cantik ini? Berikut ulasannya;

1. Dermaga Kereng Bangkirai

Jika kalian mendarat dari Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, spot terdekat pertama adalah Dermaga Kereng Bangkirai. Dermaga ini sebenarnya adalah tepinya kawasan Taman Nasional Sebangau.

Sunset di dermaga

Di dermaga ini menawarkan susur Danau Sebangau dengan menggunakan perahu yang disulap menjadi kafe. Untuk bisa menaikinya cukup merogoh kocek Rp. 10.000 untuk dewasa dan setengahnya untuk anak-anak.

Perahu kafe, akomadasi susur danau

2. Taman Nasional Sebangau

Taman nasional ini adalah tempat pelestarian rawa gambut terbesar di Indonesia. Jangan remehkan tanah gambut karena sekalipun tanah gambut mereka turut menjaga keseimbangan eksosistem di bumi. Selain pelestarian rawa gambut di sini juga sebagai tempat pelestraian macam-macam reptil hingga fauna asli Kalimantan seperti Orang Utan dan Macan Dahan Kalimantan.

Airnya hitam bukan karena polusi loh, tapi karena air gambut

Mengunjungi Taman Nasional Sebangau ini diawali dari Dermaga Kereng Bangkirai dan harus didampingi oleh petugas yang berada di pos penjaga di dermaga.

3. Susur Sungai Kahayan

Setelah menjelajah Taman Nasional, giliran Sungai Kahayan kita susuri. Menyusuri Sungai Kahayan ini bisa menggunakan perahu yang biasa mangkal di bawah Jembatan Kahayan jika kalian dari pusar kota atau start dari Desa wisata Sei Gohong.

Dengan tarif Rp. 150.000 untuk kapal kecil kita sudah bisa menikmati aliran sungai yang berhulu di Pegununungan Meratus ini.

Jika beruntung kita bisa mendapati Festival Isen Mulang diselenggarakan di atas Sungai Kahayan. Festival ini diadakan tahunan jelang perayaan hari jadi provinsi Kalimantan Tengah dengan menampilkan keanekaragaman budaya Kalimantan Tengah.

Festival tahunan Isen Mulang yang diadakan di atas sungai di tengah kota pada bulan Mei
Sumber: Video Visit Palangkaraya dari dinas pariwisata setempat

4. Pulau Kaja

Pulau Kaja adalah pulau yang akan kita kunjungi saat melakukan susur Sungai Kahayan. Pulau ini adalah tempat rehabilitasi Orang Utan, jadi disarankan untuk tidak mendekat dan tidak memberi mereka makan agar terbiasa hidup liar (mandiri).

Memandang hewan dari jauh

5. Bukit Tangkiling

Masih 1 kabupaten dengan Pulau Kaja, Bukit Tangkiling ini berada di 34 km sebelah utara pusat kota Palangkaraya.

Bukit Tangkiling menawarkan keindahan alam yang masih hijau berpadu dengan wisata religi. Karena di bukit ini terdapat Pura Hindu Kaharingan, tempat masyrakat Dayak Kaharingan melakukan ritual keagamaannya, maka tidak heran jika kita bertemu dengan patung-patung yang dihiasi dengan kain warna kuning.

Nah, itu dia objek wisata yang bisa kalian temui jika kalian berkunjung ke Palangkaraya. Memang masih dominan pemanfaatan alam yang ada dan masih dikelola oleh pemerintah setempat. Masih sangat jarang yang spot yang dibangun secara sengaja untuk tujuan wisata. Tapi, di situlah keunikan spot-spot traveling di Palangkaraya.

🌿🌿🌿

Setelah lelah seharian berkelana menjejak kaki di alam Palangkaraya, tentu kita perlu rehat donk. Di kota ini banyak hotel yang bisa kalian kunjungi koq. Mulai dari rate 200-an sampai mendekati 1 juta.

Untuk memudahkan menyusun planning liburan kalian juga memilih hotel di PegiPegi.com.  Selain bisa memesan tiket pesawat dan kereta api di website travel itu kalian juga bisa mendapatkan potongan harga yang lumayan sekali sehingga bisa langsung menyesuaikan estimasi budgeting kalian.

Jadi, ayo liburan ke Palangkaraya sebelum kota ini benar-benar berubah (mungkin) suatu saat nanti.

Baiklah, sekian dulu ya tulisan traveling kali ini, jangan kurang piknik ya, hihihi. Semoga bermanfaat yaπŸ€—

***

Sebagai penutup, berikut saya lampirkan video Explore Palangkaraya yang dibuat oleh Dinas Pariwisata Palangkaraya. Semoga kalian akan tergambar lebih jauh lagi tentang keunikan ragam wisata di kota kami.

Notes:
Sumber foto diambil dari dokumentasi pribadi dan milik sepupu yang merupakan pecinta alam dan aktivis LSM serta video Explore Palangkaraya produksi Dinas Pariwisata Palangkaraya. 

Kategori: Traveling

43 Komentar

Dwi · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Akuuu klo cuti bersama lbh suka di rumah, tapi kalo orang-orang kerja senengnya jalan2, wkwkk bikin mupeg.

Btw aku sendiri blm pernah PKY, suamiku yg sdh pernah dan katanya bagus ya kota termasuk jalanannya juga

desy laily · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Jalan2 ke Dermaga Kereng Bangkirai, menyusuri danau Sebangau keren nih, sambil menikmati kuliner khas Palangkaraya.

Dian Restu Agustina · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Itu sunset di dermaganya keren banget ya…juga Festival Isen Mulang yang bikin penasaran.
Semoga satu hari nanti bisa ke Palangkaraya juga

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Iya mba, masih asing ya, makanya yukk πŸ˜‰

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Rapi dan teratur di sini mba, masih lengang juga soalnya

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Boleh dicoba mba πŸ™‚

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Paris aja nyampai apalagi cuman Palangkaraya ya mba, hihi. Semoga terwujud mba…

Maya Rumi · April 11, 2019 pada 7:29 pm

kalau lihat-lihat postingan begini, membuat keinginan menjelajah nusantara jadi tinggi deh, aq belum pernah menjejakkan kaki di tanah kalimantan, oiya aq baru tahu kalau palangkaraya dicalonkan jadi ibukota RI loh

Dian Restu Agustina · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Saya penasaran sama Palangkaraya…Pasti istimewa karena dicalonkan jadi Ibukota RI. Semoga ada kesempatan untuk ke sana nanti…

Jalan-Jalan KeNai · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Di saat musim liburan begini, aplikasi Pegipegi saya bunyi melulu notifikasinya. Kan, bikin saya jadi tergoda buat jalan-jalan. Nanti saya coba intip tiket dna penginapan di Palangkaraya πŸ™‚

Siti Faridah · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Aku belum pernah ke Palangkaraya. Sepertinya baru pertama kali ini aku berkunjung ke blog ini. Salam kenal ya, Kak. Tadi buka halaman about dan terpukau dengan prestasi kakak kala menang lomba blog dan lomba menulis.

zahra · April 11, 2019 pada 7:29 pm

dari dulu mau nyobain ke taman nasionalnya..mau lihat orangutan lebih dekat hihi. nabung dulu ah. makasih rviewnya :))

Nia Haryanto · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Wah wah, bagus dan indah-indah ya tempat-tempat yang bisa disinggahi di Palangkaraya. Aku belom pernah ke sana. Semoga kesampaian deh suatu saat menginjakkan kaki di sana. πŸ™‚

Reyne Raea (Rey) · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Duhhh saya takut naik perahu, bisa histeris sendiri tuh saya takut perahunya kebalik hahaha.
Tapi Palangkaraya menarik banget di kunjungi ya.
Mumpung lagi intip PegiPegi, kayaknya bisa intipin destinasi ke Palangkaraya πŸ™‚

Aminnatul Widyana · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Nama2 tempat wisatanya asing bagi saya. Belum pernah ada satupun yg mampir di telinga. Memang tempatnya jauh di Palangkaraya ya… Moga kpn2 bs mampir ke sana.

adeuny · April 11, 2019 pada 7:29 pm

seneng rasanya ya klo bisa kesini. .aku pun jadi pengen kesana juga ini mbakk pengen liat habitat orang utan secara langsung

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Aku banget nih liburannya hanya seputaran Jakarta saja karena memang sengaja tahun ini ingin dirumah. Btw ini boleh jadi destinasi saat liburan nanti ya. Ternyata banyak yang bisa dilihat juga disana.

Hai Ulya · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Waah… Seru juga tuh jalan-jalannya. Destinasi dari yang di air sampai perbukitan, ada semua. Keren ya Palangakaraya, pantas jadi kandidat ibukota. :*

Yoanna Fayza · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Waah wisata sungai, mau bangeet.. aku belum pernah wisata sungai pake perahu begitu. Apalagi bisa liat aktivitas penduduk sekitar, kebayang serunya πŸ™‚

Amallia Sarah · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Palangkaraya asik juga y mom. Selama ini aku cuma lewat dan transit sebentar aja kalau kesana. Belum pernah keliling2… ah jadi rindu pengen melanglang buana lagi

irra octaviany · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Cantik banget deh pemandangannya. Banyak wisata yang bisa didatengin yaa.. pengen deh berkunjung ke Palangkaraya.

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Sesuaii sama namanya kan Mba hehehehe

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Ehmm makasih ya Kaka…. Itu hanya saran dari teman untuk branding blog yang lagi kena scraping ini, hehe. Maaf ya agak narsis dulu

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Sama2 momsmart πŸ˜‰

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Aamiin πŸ˜‰

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Yuk mariiih πŸ™‚

Faradila Putri · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Kalau baca postingan ini jadi pengen ke Palangkaraya! Aku belum pernah ke Kalimantan nih. Semoga bisa kesana yaa suatu saat nanti.

Natra Rahmani Salim · April 11, 2019 pada 7:29 pm

bukit tangkilingnya bagus banget mom, jadi kepengen banget kesana. banyak juga yang yang favorit di sana.

ewafebri · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Baca Judulnya langsung tersihir. Hihi.. Kandidat Ibukota. Clickable banget mbak. Semoga suatu hari bisa berkunjung ke sana. Amin.

Hairun Nisa · April 11, 2019 pada 7:29 pm

1. Tulisan mbak itu khas ya penuh dengan riset mendalam. Keliatan kalau mbak orangnya nggak suka mager seperti kidz zaman now. hihi
2. Ini foto mbaknya mana ya? Kirain mbak yang liburan. #mintaditampol Tenang wae.. aku aja gak kemana-mana di liburan yang sungguh tidak adil ini. cuma 10 hari.
3. Mbak-nya setuju berarti ya kalau Ibukota kita pindah kesini?

Aswinda Utari · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Aku aku.. Pernah kesana.. Hihi. Walau cm satu kali. Yg aku suka itu disana kyknya tenang ya fik. Disini agak sumpek lingkungannya. Pengen kesana lg jln2. πŸ™‚

Atikah Kim · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Ih, ternyata bagus dan rame banget juga ya suasana kota Palangkaraya.. sebenarnya diajakin temen sih ke bukit tangkiling katanya bule banyak kesana. 😍😍

utari ninghadiyati · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Penasaran dengan kota palangkaraya. Indahnya senja di sana. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa sampai di palangkaraya

utari ninghadiyati · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Penasaran dengan kota palangkaraya. Indahnya senja di sana. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa sampai di palangkaraya

utari ninghadiyati · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Penasaran dengan kota palangkaraya. Indahnya senja di sana. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa sampai di palangkaraya

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Katanya ada mba, hihihi… Tapi belum pernah dengar ada kejadian apa-apa sih

Aya · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Wah aku salfok nih mba sama dermaga nya, tempat nongkrong pelangi nya itu sama banget kaya wisata yang ada di bjb, namanya danau seran mba hihihi

Ruli retno · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Mbak yg wisata susur sungai itu ada buaya gak sih? Nanya beneran ini. Hehehe. Palangkaraya, apapun itu uda masuk wishlist roadtrip aku. Doain segera sampai kesana

Zulaeha · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Aku mau kesiniii…. Mau coba semuanya euy! Hahaaa… Paling penasaran sama Taman Nasional Sebangau, destinasi bagus banget nih kayaknya buat anak-anak belajar kalau tanah Kalimantan ini super kaya. Benang Bintik juga menarik Mba kalau liat videonya, itu batik khas Suku Dayak kah? Duh, kepo nih. Semoga aku bisa ke Palangkaraya secepatnya deh πŸ˜€

Fanny Fristhika Nila · April 11, 2019 pada 7:29 pm

aku pernah dgr kalimantan ini memang pulau yg aman, krn kecil kemungkinan terkena gempa krn posisinya. suamiku yg udh prnh ke palangkaraya, itupun krn bisnis trip, mengaudit cabang kantor di sana. kapan2 aku hrs kesitu juga mba. pgn bangetttt liat orang utannya πŸ™‚

bener tuh, traveling penting utk redresh pikiran dan bikin nambah wawasan. syukurnya kalo ttg cutih mah, kantorku ga pelit cuti mba. utk staff biasa kayak aku aja, jatah setahun cutiku 22 hr. kalo top level management malah 30 hari. dan cuti di HSBC itu wajib diambil. hrs ada strong justification yg diapprove sampe level head of business kenapa cuti ga diambil. aku seringnya ambil jatah cuti sekkaligus, biar lgs lama sekalian. jd trvelingnya juga lama πŸ™‚ .

Rizky Ashyanita · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Ini postingan yg aku butuhkan banget, soalnya mau ke trmpat temen yg d Palangka haha

kadinda aprilya · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Wah banyak bgt ya destinasinya, jadi pengen deh kepalangkaraya nanti hihi

Antung apriana · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Wah ternyata palangkaraya banyak ya destinasi wisatanya. Aku sebenarnya penasaran juga nih sama kotanya. Semoga nanti bisa jalan-jalan ke sana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *