BLANTERWISDOM101

Dari Upik Abu Jadi Cinderella, Ini Cara Self Love Dengan Mandi Parfum Ala Vitalis Body Wash

Minggu, 22 Maret 2020

 "Dulu single cantik, mulus, tanpa jerawat. Sekarang sudah menikah kenapa seperti tak terurus, tak terawat?" 

Siapa yang pernah dapat pertanyaan retoris seperti itu? Rasanya koq makjleb! banget ya. Pertanyaan yang jawabannya susah diberikan. Saya sih belum pernah mendapat pertanyaan semacam itu secara frontal tapi pernah lah merasa tersindir. 

Jadi, ceritanya saya baru pindahan rumah untuk ke-2 kalinya. Kali ini daerahnya lebih panas cuacanya dari tempat sebelumnya  (saya pindah lintas provinsi), sehingga terasa sekali perubahan di wajah yang suka polos tanpa make up bahkan nihil skincare. Ketika itu ada ibu tetangga baru main ke rumah dan lihat-lihat album pernikahan saya, si ibu itu bertanya siapa yang di foto itu? Saya bingung, masa iya ga sadar kalau di foto itu ya saya. Ya kali nyimpan album pernikahan orang lain di rumah sendiri. Pas saya jawab bahwa yang di foto itu adalah saya, eh si ibu langsung kaget, "Hah, MASA??? KOQ BEDA BANGET!!".

Serius, walaupun si ibu cuma bilang gitu, tapi di kepala saya nangkapnya "YA AMPUUN, KOQ DULU CANTIK SEKARANG GA TERAWAT???"

😩😩

Padahal itu baru anak pertama dan usia pernikahan baru 2 tahun. Jangan-jangan nanti saya akan keriput dan tua sebelum waktunya?

Iya, saya akui setelah menikah dan memilih jadi full time at home ternyata begitu melelahkan. Pekerjaan rumah tangga yang seakan ga selesai-selesai, ditambah kondisi kesehatan yang sedang drop karena penyakit osteoartrithis, membuat saya tidak ada waktu lagi merawat diri. Sebuah pengabaian terhadap self love yang akibatnya fatal. Kenapa saya bilang fatal? Karena dampaknya besar sekali bahkan mengarah sampai stress dan depresi. 

Tentang Self Love 

Setelah melewati beragam drama di atas, akhirnya kesadaran itu muncul sekitar 3 tahun lalu. Iya, akhirnya saya paham bahwa self love teramat penting. Sebelum mencintai anak dan suami kita harus mencintai diri sendiri dulu. Kadang tuh saya merenung apa saja yang sudah Tuhan kasih buat saya. Sudah dikasih otak, emosi, dan tubuh untuk diberdayagunakan tapi kadang saya lalai untuk menjaganya. Akhirnya apa yang dikasih Tuhan lama-kelamaan akan tergerus karena abai merawatnya.

Maka, ini beberapa cara saya melakukan self love;

1. Membaca dan menulis untuk otak

Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang paling dianjurkan oleh pakar kesehatan agar kita terhindar dari demensia atau penurunan daya ingat. Dengan membaca buku syaraf otak akan bekerja aktif memproses dan merangkai informasi. Pun dengan menulis yang memaksa otak untuk bekerja memilih diksi hingga mengalurkan cerita agar bisa dipahami orang lain dengan mudah. 

Setelah kita seharian berlelah-lelah mengurus anak dan rumah, sebagai mom blogger rasanya patut kita memberi reward kepada diri dengan meluangkan membaca atau menulis selama 1 jam saja. 

"Saat kita membaca, kita lebih banyak berpikir. Membaca memberi kita jeda yang unik untuk memahami dan mendapat pengetahuan baru" (Maryanne Wolf, pakar disleksia)

2. Penuhi tangki cinta dan pillow talk

Kelelahan bertubi-tubi yang dirasakan oleh ibu, terlebih yang baru punya newborn, rentan sekali mengarah ke depresi paska lahir. Ya, saya pernah mengalami hal terburuk sepanjang masa itu. No one could touch me at that time, except Him. Jadi, bila lelah sudah mendera jangan berleha-leha, soon to close The All-Merciful.

Sedangkan pillow talk adalah untuk memastikan komunikasi dengan suami berjalan baik. Kata orang "biar ga kurang belaian". Biasanya dilakukan sebelum tidur sambil berpelukan. Uhuk. Jujur, pillow talk ini adalah tradisi yang sempat hilang sesudah punya anak. Tapi kehadiran pillow talk kembali benar-benar membuat saya sebagai istri dihargai, tidak lagi merasa pembantu di rumah sendiri. Agak susah dijelaskan panjang lebar, tapi kalau dijalankan kalian akan tahu alasannya.

3. Olahraga, skincare, dan pola hidup sehat

Self love selanjutnya fokus pada tubuh alias fisik. Apalagi fisik memang lebih rentan merasa kelelahan dan sangat memungkinkan menjalarkannya ke perasaan dan pikiran. Maka, memperhatikan fisik dengan menjaga kesehatan luar adalah poin penting yang tidak boleh diabaikan. 

Olahraga membuat aliran darah yang tadinya lambat menjadi lancar, membuat asupan oksigen yang tadinya kurang menjadi optimal, plus mengaktifkan si hormon penekan stress, endorfin. Apalagi? Olahraga juga memaksa kulit mengeluarkan toksin dalam bentuk keringat yang banyak. Toksin yang menumpuk akan membuat masalah pada tubuh, jerawat misalnya.

Selain olahraga, self love yang bisa kita lakukan adalah menjaga pola hidup sehat dengan tidur berkualitas dan mengizinkan sel-sel tubuh melakukan peremajaan pada jam tidur malam (jangan begadang) serta menjaga asupan makanan yang bisa membangun imunitas. Badan yang lelah dan tidak mendapatkan apresiasi dengan self love biasanya akan bertambah-tambah rasa lelahnya dan berujung pada stress dan depresi.

[caption id="attachment_1351" align="aligncenter" width="268"] Badan capek, muka dekil. Hei, ini siapa? 😪[/caption]

Kita bukan pembantu. Rumah bersih sih boleh, tapi kalau sampai tak sempat merawat diri nanti disangka tamu upik abu. Maka, luangkan lah waktu untuk diri sendiri rehat, merenggangkan otot, dan memanjakan diri dengan skincare dan bebersih diri. Ga mau kan terlihat semrawut setiap suami datang, padahal si dia sudah mengharap cinderella yang menyambut?

 

Ketika Upik Abu Menjadi Cinderella

Setelah masa-masa kelam itu, saya belajar banyak untuk mencintai diri sendiri. Mulai dari belajar memakai skincare, menulis untuk menuang rasa dan mengurai emosi yang tersumbat, memperhatikan kesehatan dengan olahraga dan pola makan sehat (yang sering saya sharing di story Instagram), sampai soal kebersihan badan.

Kebersihan badan dengan mandi rutin adalah bentuk reward sekaligus self love yang sangat simpel tapi ampuh memperbaiki mood. Selain memperbaiki mood, mandi juga bisa me-recharge energi dengan masuknya air ke dalam pori-pori menyumbang hidrasi kepada tubuh yang 80% nya memang terdiri air. Selain itu, mandi juga bisa memperbaiki daya tahan tubuh, meningkatkan fokus, dan memperbaiki kondisi kulit dan rambut karena sel kulit mati terkelupas secara berkala.

"Studi yang dipublikasikan pada jurnal Medical Hypotheses mengungkapkan, mandi mampu mengurangi gejala depresi dan memperbaiki suasana hati. Hal ini karena mandi air dingin membantu mengaktifkan sistem saraf simpatik dan meningkatkan ketersediaan neurotransmitter seperti norepinefrin dan endorfin" (dr. Fadhil Rizal, sumber: halodoc.com).

 

Nah, kalau tau manfaatnya sangat bagus buat tubuh, ga bakalan malas mandi ya kan. Justru malah makin semangat karena ternyata mandi adalah kesempatan kita membuang impuritis sekaligus memperbaiki suasana hati dan raga yang kelelahan. 

mandi vitalis body wash

Apalagi jika ditambah sabunnya punya aroma semerbak. Dijamin mandi makin berkualitas karena ada wewangiannya yang jadi mood booster

Nah, sebulan lalu saya membaca review banyak orang tentang sebuah merk sabun mandi. Mereka meluncurkan sabun dalam 3 varian dan saya tau banget brand yang mengeluarkannya adalah brand yang sangat terkenal dengan parfumnya. Jadi, ketika saya lihat tagline #MandiParfum di dalam body wash mereka saya langsung berpikir "That's no wonder".

Jujur, saya sendiri ingin sekali membuktikan kemewahan mandi yang diiklankan mereka. Semewah apa? Seharum apa? Se-worth it apa? Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga saya merasakan mandi parfum ini. 

Jadi, bagaimana pendapat saya tentang body wash ini?

 

Mandi Parfum dengan Vitalis Body Wash

mandi dengan vitalis body wash

Vitalis ini diproduksi oleh PT Unza Vitalis, di bawah Wipro-Unza Companies yang merupakan salah satu perusahaan perlengkapan dan perawatan tubuh terbesar di Asia Tenggara. Masih 1 perusahaan dengan Doremi hijab sampo dan Doremi body wash anak saya, yang memang wangi sampo dan sabunnya beda dengan yang lain. Harum banget, kalo kata anak saya.

Sedangkan Vitalis body wash adalah sabun mandi dewasa. Jadi, sekarang giliran emaknya yang mencoba. Hihihihi. 

Vitalis body wash ini sebenarnya ga hanya body wash, melainkan perfumed moisturizing body wash. Yang berarti sabun mandi dengan parfum dan juga moisturizing untuk melembabkan.

Vitalis perfumed moisturizing body wash ini terdiri dari 3 varian; fresh dazzle, white glow, dan soft beauty. Setiap varian punya ciri khas masing-masing. Ciri khas ada di masing-masing kemasan, parfum dan bahan moisturizer nya. Penasaran karakteristik masing-masingnya? Check this out, Ma!

 

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash "Fresh Dazzle"

 

 

Sabun dengan kemasan hijau segar ini punya misi skin refreshing yang diawali oleh segarnya wangi Bergamot, Pear, dan Cassis diikuti wangi Floral Bouquet yang elegan feminin, ditutup dengan Musk Amber yang long lasting.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle, diperkaya dengan ekstrak Yuzu Orange dan anti oksidant dari Green tea, yang menjaga kulit terasa lebih bersih, wangi, segar dan terawat.

 

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash "White Glow"

 

mandi vitalis body wash

 

Sabun dengan kemasan pink feminim maksimalis ini mempunyai top note  dengan aroma fruity dari paduan manisnya Cherry & Raspberry, disusul dengan wangi Marshmallow & Gardenia yang lembut dan elegan, dibungkus dengan kombinasi Woody & Suede yang glamour dan long lasting.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow, diperkaya dengan ekstrak Licorice dan Susu, yang membantu merawat kulit hingga tampak bersih, cerah bersinar.

 

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash "Soft Beauty"

 

mandi vitalis body wash

 

Sabun dengan kemasan ungu elegan ini dibuka dengan wangi segar yang clean dari Fruity Aldehydic, dilanjutkan dengan wangi Rose & Violet yang feminine, diakhiri dengan manisnya Tonka Bean & Sandalwood yang premium.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty, diperkaya dengan ekstrak Alpukat dan Vitamin E, untuk membantu menjaga kulitmu tetap terasa kenyal halus dan  lembut.

Jadi, selain setiap varian punya scent yang berbeda, juga bahan aktif moisturizer-nya juga berbeda.

[caption id="attachment_1315" align="aligncenter" width="300"]mandi dengan vitalis body wash Parfum dan kandungan moisturizer-nya membuat kesan mewah tersendiri ketika mandi[/caption]

 

Tentang top notes, middle notes, dan base notes

Semenjak saya menamatkan novel best seller Aroma Karsa milik Dee Lestari, saya mulai ada ketertarikan dengan pembahasan hal-hal yang berbau olfaktori. Ternyata Vitalis membuat body wash dengan dasar tersebut. Nah, kalau kalian jeli bin teliti kalian akan menemukan bahwa setiap varian Vitalis body was punya top notes, middle notes, dan base notes. Apa sih itu? 

Vitalis sebagai market leader di pasaran woman fragrance sudah pasti ini adalah expertise-nya. Dalam dunia parfum sudah lazim istilah top, middle, dan base notes, yang tidak lain adalah istilah untuk tingkatan parfum.

  1. Top notes mempunyai struktur molekul paling ringan sehingga aroma yang muncul hanya bertahan pada 15 menit pertama. Ibarat musik, ini adalah intronya. Pembuka aroma, sehingga menjadi penentu para pembeli untuk membeli parfum atau tidak sesuai seleranya
  2. Middle notes adalah aroma susulan setelah top notes menguap. Biasanya akan keluar setelah 15 - 30 menit. Ibarat makanan, ini adalah hidangan utamanya dan memiliki pengaruh kuat terhadap base notes.
  3. Base notes adalah lapisan aroma dasar dengan struktur molekul yang lebih besar dan penguapan yang lebih lama. Base note akan berbaur dengan middle notes dan menciptakan identitas parfum tersebut. Biasanya base note diambil dari aroma kayu-kayuan karena tahan lama dan intens.

 

Jujur, saya baru kali ini nemu body wash dengan detil parfum seperti ini✨.

 

Pengalaman Mandi dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

 

body wash Vitalis

 

Setelah saya baca tentang tingkatan parfum di website Vitalis, penasaran saya makin menjadi-jadi. Ketika produknya sampai di tangan saya simpan di atas lemari karena mau menghabiskan sabun yang ada, kebetulan sisa sedikit. Seharian saya sempat bingung dengan bau kamar yang berbeda, lebih wangi dan menenangkan. Saya lupa kalau ada body wash Vitalis saya simpan di atas lemari. Belum dibuka paketnya, mungkin ada sabunnya yang keluar sedikit ketika pengiriman. Maklum, di kota saya belum terlihat toko yang memajang sabun mandi ini.

Hmmmm, belum dipakai saja wanginya sudah semerbak.

🌹🌺🌹

Pertama kali, saya mencoba varian yang hijau, Fresh Dazzle. Pikir saya setelah mandi keringat dengan urusan rumah saya harus mandi dengan sabun yang energizing wanginya. Ga salah, wanginya emang bikin semangat. Perpaduan Bergamot Floral Bouquet, dan Musk Amber yang aromatik.body wash Vitalis

Ada nama yang asing di kepala saya. Setelah saya search ternyata Bergamot adalah sejenis jeruk-jerukan yang biasa diambil minyak essensialnya dan digunakan untuk pereda stress, depresi, badan pegal-pegal hingga meredakan infeksi. Bahasa lokalnya untuk bergamot adalah jeruk purut. Duh, kebayang kan segarnya aroma jeruk ini gimana.

Aroma citrus yang segar dan sparkling memang ga salah di pakai di siang hari untuk menambah semangat. Apalagi kandungan Fresh Dazzle salah satunya teh hijau yang bagus untuk menangkal mikroba yang datang dari debu saat kita membersihkan rumah.

Sorenya saya mencoba pakai yang lebih sweet, White Glow, karena inginnya ada kesan romantic atau sensual yang lembut. Ternyata setelah dipakai, wanginya terlalu strong untuk malam yang inginnya temaram (uhuk!). Kalau menurut saya ini wanginya glamour, kuat, dan percaya diri. Besok-besok saya pakai varian pink ini untuk mandi pagi. Sepertinya cocok jika bergantian dengan Fresh Dazzle.

body wash Vitalis

 

Ketika varian pink ini dipakai, menurut saya yang kalem ini wanginya benar-benar manis tapi lebih cenderung ke strong, ditambah kandungan susu di dalamnya sehingga terkesan mewah. Ternyata seperti itu ya aroma manis glamor yang didapat dari perpaduan chery, marsmallow, rasberry, dan kayu-kayuan. Ketika saya mandi dengan body wash Vitalis saya benar-benar menikmati aroma yang ada pada setiap varian, seperti benar-benar diracik secara eksklusif mewakili karakter setiap perempuan.

 

Nah, terakhir yang saya coba adalah Soft Beauty. Niat saya mendapatkan wangi yang lembut nan sensual ternyata ada di varian ungu ini. Wanginya manis segar dan kesan clean-nya dapat banget dari aroma buah jeruk, mangga, dan mint. Yang saya senang adalah hearth note-nya yang manis sensual yang tetap tercium walau badan sudah kering dan sudah berbaju. Feminim tapi lembut, perpaduan romantis antara aroma bunga dan kayu-kayuan.

Kandungan di dalamnya adalah vitamin E dan alpukat yang juga tinggi vitamin E dan lemak sebagai skin nourishing, cocok sekali buat kulit saya yang tidak seelastis dulu karena sudah menginjak angka 30.

Ternyata setelah saya cari tau Sandalwood banyak digunakan sebagai aromatherapy untuk membantu tidur jadi lebih nyenyak dan membuat suasana hati jadi lebih nyaman.

Pas banget, ga salah dipakai sore menjelang tidur. Apalagi memang ada sentuhan sensualnya di aromanya, membuat jadi percaya diri dekat-dekat sama suami. Dan ternyata suami paling suka kalau saya pakai yang Vitalis yang ungu *uhuk.

 

Selain asyik mandi sambil membaui aroma semerbaknya, saya juga suka dengan busanya yang melimpah namun dibilas tidak terasa licin tapi tidak kesat juga. Takaran moisturizer-nya pas. Kalau sudah begini me time hanya dengan mandi pun terasa mewahnya.

[caption id="attachment_1341" align="aligncenter" width="225"]body wash Vitalis Busanya melimpah[/caption]

Simple self love yang sangat berharga, bukan? Kita memanjakan diri sekaligus berterimakasih kepada tubuh dengan mandi dan membersihkan pori-pori dari debu, pun kita juga dimanjakan oleh wangi sabun yang aromatik menyenangkan dan busanya yang melimpah. Ketika keluar kamar mandi aroma tubuh jadi seperti bunga yang bertebaran, badan dan wajah jadi segar, pikiran pun jadi rileks kembali. Upik abu siap jadi cinderella!

[caption id="attachment_1353" align="aligncenter" width="224"] Cinderella kesiangan 😂 Setelah beres kerjaan rumah, tidak lupa self love dengan mandi, skincare, dan make up tipis-tipis.[/caption]

Jadi, begitulah pengalaman saya berupaya untuk mencintai diri sendiri dengan reward sederhana dan juga aktivitas penunjangnya yang bikin jadi percaya diri. Semoga kita bisa mengapresiasi diri kita sebaik-baiknya ya Ma, karena kunci menjadi bahagia adalah merasa diri dihargai. Jangan menunggu orang lain, tapi mulailah dari menghargai diri sendiri. Tidak perlu dengan membeli emas berlian jika mandi parfum saja sudah membuat kita seperti cinderella.

 

 

Sumber:

  1. https://www.pesonavitalis.com/product/body-wash/
  2. https://www.instagram.com/pesonavitalis/
  3. https://www.halodoc.com/jangan-malas-ini-5-manfaat-mandi-pagi
  4. https://www.tirailangit.com/passion/tingkatan-notes-parfum/
  5. Infografis oleh www.latifika.com 
Share This :

0 komentar