BLANTERWISDOM101

Drama Cabut Gigi Anak yang Persistensi Saat Pandemi

Rabu, 03 Juni 2020

 Emak ga nyangka, cabut gigi aja bisa pake drama kumbara macam gini.

 

Assalamu'alaikum...

Ada yang pernah cabut gigi sendiri anak sendiri ga? Eh, rata-rata malah cabut gigi anak ya di rumah aja ya karena tipikal gigi bungsu yang memang mudah dicabut kalo sudah waktunya. Berbeda dengan orang dewasa yang sudah permanen akarnya.

Nah, awalnya saya pikir cabut gigi anak itu gampil surampil. Tinggal goyang-goyang-goyang tiap hari, tek! tercabut deh, Beres!

Eh, ga taunya saya malah penuh drama banget.

 

Drama Cabut Gigi

Umurnya sudah 6 tahun lewat, tapi giginya belum ada yang goyang, padahal temen-temennya di sekolah rata-rata udah tanggal gigi bawah. Malah ada yang 2, tapi Muthia 1 aja belum. 

Baca juga: Cerita 6 Bulan Pertama Masuk TK

 

Sempat konsul via WA dengan dokter langganan kami yang ramah dan cantik, drg. Dwi Martiza atau biasa dipanggil dr. Sasa. Beliau bilang ga masalah belum goyang walau umurnya 6 tahun. Masih ada waktu sampai umur 7 tahun untuk gigi goyang perdana. 

Di situ emak merasa lega-an. Apalagi habis itu gigi Muthia langsung ada yang goyang di bawah. Akhirnyaa..... 

Setelah digoyang-goyang beberapa lama tapi anehnya tidak menunjukkan progres apa-apa. Goyangnya tetap segitu-gitu aja.  Gusinya sudah mulai bengkak tanda gigi baru udah mulai muncul.

Akhirnya, pas bulan puasa tadi, sekitar hari ke-5 saya cek giginya. Lah, koq gigi barunya udah nongol duluan, sih! Panik donk, anak cewe soalnya. Gimana giginya kalo amburadul kek Cakil. Duh!

Konsul lagi ke dokter gigi tersayang, dr. Sasa, katanya itu wajar karena kondisi gigi bungsu yang belum goyang sepenuhnya, gigi baru kebelet tumbuh. 

"Kalau istilah medisnya, persistensi"

 

Duh, gigi aja bisa persisten, masa emak ga persisten ngeblognya? *lempar bantal

Beliau juga bilang, sebenarnya ga usah terlalu khawatir karena gigi masih bisa dimajukan karena masih memungkinkan terjadi pergerakan (bisa didorong pakai lidah) atau pakai kawat gigi kalau sudah besar. 

Ok, baiqh....

Tapi masalahnya kemudian, gigi barunya ini ukurannya ga sama alias lebih besar dibandingkan gigi lamanya yang lepas. Jadi selama gigi tetangganya itu belum mau copot gigi baru ga akan bisa maju. 

Ini drama pertama.

Drama yang lain ada, bahkan lebih tragis. Giginya ketelen, Gessss?!!

Hah???

 

Giginya Tertelan?

Iya, tertelan. Wkwkwkwkw.

Dua hari dua malam proses cabut giginya itu, dari yang dia sendiri gagal, emaknya gagal, sampai akhirnya ayahnya turun tangan. Dari emaknya yang nyabut itu dia udah nangis. Takut duluan sepertinya. Ndilalah emang alot bianget akarnya dicabut. Kaya belum ikhlas akarnya melepaskan diri. Sampai 2 jam kemarin prosesnya dan berakhir galau: ke dokter kaga nih?

Lagi-lagi kami konsul ke dr. Sasa. Apa bisa dibawa ke dokter gigi aja walau masih pandemi?

Ternyata beliau bilang ga usah, usahakan aja dulu karena masalahnya belum darurat.

Ok, baiqh. Cabut giginya tetap di rumah aja.

Saya nyerah, dia juga nyerah, tapi pengen banget cabut giginya itu. Udah kaya beban banget apalagi kalo ingat mukanya Cakil. Wkwkwkw.

[caption id="attachment_2091" align="aligncenter" width="300"]Drama cabut gigi anak Cakil yang ada di buku anak-anak[/caption]

Akhirnya, habis tarawih ayahnya negosiasi. Deal. Muthia bolehin ayah yang nyabut giginya. 

Namanya kekuatan bapak-bapak yaak, goyangannya itu kuat, Muthia yang takut duluan tambah ga bisa mengontrol air matanya. Nangis, Guys!!! 

Bukan nangis yang teriak tapi, nangis ketakutan gitu, terus karena udah kecapekan nangis melulu jadinya besesigan (What the meaning of besesigan in Indonesia? Ohyaa, sesenggukan)

Nah, kalau biasanya kita nangis sampai terisak-isak itu kan ngambil nafas susah, otot dada kaya otomatis tertahan-tahan mau mengambil nafas. Pas tercabut gigi itulah dia mulai terisak-isak dan ....... glek! Giginya ketelen, Pemirsaaaa!

Baca juga: Cerita Sepotong Biskuit

Antara syok, cemas, dan pengen ketawa. Tapi, lebih banyak kasihan. KOQ BISAAA SIH, NDUUUKK!!! 

Tapi, lebih kaget lagi emaknya pas liat anaknya ternyata tambah nangis setelah sadar giginya ga ada di mana-mana karena udah masuk ke perutnya. Apa dia syok juga? Syok banget. Tapi syoknya bukan karena ketelen dan takut gimana-gimana sama perutnya, dia malah nangisin giginya karena ga bisa simpan giginya dalam gelas tabung kaya Nusa Rara. Rupanya dia udah lama punya imajinasi liat giginya sendiri saat tanggal.

Polos banget, kan? 

Bener-bener ini kejadian yang penuh drama kumbara sekali. Kelak, pengalaman ini akan dia ingat seumur hidup: gigiku tanggal dan tertelan karena menangis ketakutan. Wkwkwkwkw.

Jadi, Gimana Biar Ga Persistensi?

Pertanyaan yang sulit untuk dijawab, sungguh sulit. Karena ini ga bisa dikontrol alias terserah masing-masing gigi baru kapan mau nongol. Yang bisa dilakukan adalah perbaikan setelah tumbuh karena tetap ada kesempatan untuk bergerak. 

Baiklah, sampai di sini curcolan emak kali ini. Tentang kid's health talk lainnya bisa dibaca di blog ini. Semoga bermanfaat.

Share This :

0 komentar