Review Nordic Minyak Ikan – Assalamualaikum….Buibu yang udah punya anak pasti udah familiar dengan minyak ikan atau fish oil kan?

Minyak ikan adalah suplemen tambahan yang biasanya diberikan oleh anak sampai usia 6 tahun. Begitu kata dokter anak yang pernah saya baca. Minyak ikan ini sediaannya macam-macam. Ada yang berupa kapsul gel, ada yang berupa cairan minyak ikan langsung, ada juga yang ditambahkan sirup jeruk, strawberry dll

Saya sendiri bukan termasuk yang mengharuskan banget anak-anak minum minyak ikan awalnya. Menurut saya paling bagus nutrisi ya diperoleh dari makanan sehari-harinya.

Namun setelah nyebur di grup GAPS (sedikit aja, ga banyak. Wkwkwk), dan mengikuti story para follower GAPS saya lama-lama akhirnya koq jadi kepengen juga mencoba merutinkan untuk anak.

(GAPS apaan sih? Intinya pola hidup sehat yang minim karbo dan tinggi lemak sehat)

Baca juga: Mengenal Naturophaty

Sebenarnya sejak dedek didiagnosis speech delayed saya mulai mencari-cari minyak ikan yang bagus dan ramah di kantong. Pertama kali diresepkan oleh dokter anak kami, seingat saya harga sebutirnya itu 4.000, 1 strip ada 10 jadi harganya 40.000, kalo sebulan kalikan aja yak. Wkwkwk.

Akhirnya mencoba memberanikan diri untuk beli kapsul yang langsung banyak. Kerasa banget sih cost nya, tapi hitungan per biji nya jatuhnya lebih murah. Lagian ya masa buat anak masih mikir-mikir lagi. 

Setelah mencoba merk tersebut dan habis, saya mulai melirik lagi merk yang lain yang dibeli oleh temen. Tapi atuhlah harganya mehong sekali. Saya pura-pura aja lah ga liat namanya. Hahahaha.

Dan beneran donk saya ga ingat sama sekali namanya apa.

Ndilalah, pertengahan tahun tadi saya lihat lagi merk itu muncul di story followers nya GAPS. Terus saya searching sebentar tentang produk itu dan ga lama langsung menjelajah marketplace. Saya putuskan beli yang ukuran 119 ml aja buat permulaan.

Loh, katanya tadi lupita sama merknya. Gimana sih, Jeng?

Iyaa, saya awalnya lupita, eh lupaa sama merknya. Tapi pas saya pajang foto produknya di WhatsApp temen saya yang itu merespon dan menanyakan harganya. Nah, berarti bener ini merk yang sama dengan yang duluuu dia beli. 

Akhirnya yaa kalo jodoh emang ga kemana, wkwkwkw.

Ok, langsung masuk review yuk!

Review Nordic Minyak Ikan
(Children’s DHA)

Informasi Produk

Review minyak ikan Nordic

Nama Produk: Nordic Children’s DHA
Netto: 119 ml
Harga: 375.000 – 410.000 (tergantung toko)
Diproduksi oleh: Nordic Naturals Inc, USA
Diimpor oleh: PT Natural Nutrindo, Indonesia
BPOM: SI 104 601671

Kemasan

Sampai ke tangan datang berupa botol thok tanpa kotak. Sempat berpikir “Apakah ini palsu?” huaaa. Eh, ternyata emang begini, tanpa dus kemasan.

Botolnya botol kaca berwarna biru tua nan gelap dengan tutup ulir warna hitam. Horor banget membayangkan terguncang di perjalanan. Takut pecah akutu. Tapi syukurlah dikemas aman dengan bubble warp berlapis-lapis. Berapa lapis? Banyaaaaakk.

Kenapa kaca ga plastik? Jelas, karena kaca adalah material terbaik untuk menjaga kandungan gizi di dalamnya. 

Kenapa ga pakai dus? Nah, saya juga bertanya-tanya itu. Kalau yang versi untuk baby ada dus nya, kalau yang children entah kenapa tydack ada.

Bahan-bahan

Purified artic cod liver oil (containing EPA, DHA and oleic acid), vitamin E (d-alpha tocopherol), natural strawberry flavor, rosemary extract (a natural preservative)

review minyak ikan nordic

review minyak ikan nordic

Tekstur, Warna, Aroma

Teksturnya? Ga usah dijelasin yaa, jelas banget ini isinya minyak. Wkwkwk. Ga dimasukkan dalam soft gel jadi kalau minum seperti minum obat syrup gitu, dituangin ke sendok.

Warnanya bening ada kekuningan sedikit. Aromanya strawberry tapi tetap berasa fishy walau masih bisa ditolerir sama anak-anak (karena saya pakai trik, lanjut bacanya ya). Kalau mencium dari tutup botolnya baunya itu macam ikan segar, amis tapi enak (?). Pas dibuka tutupnya aroma strawberry lebih dominan. Pas diminum glek glek, naah baru deh kerasa minyak ikannya. Huehehehe.

Tapi kalo kata orang-orang aroma fishy nya masih mending banget dibanding merk lain. Eh, beneran lo, walau fishy sedikit tapi edable, ga seret dan geli.

review minyak ikan nordic

warnanya bening kekuningan

Klaim

Omega-3 DHA from 100% wild Arctic cod supports brain and visual development

  • Terbuat dari 100 % hati ikan arctic Cod
  • Mengandung DHA, EPA, Vitamin A & vitamin D
  • Mempunyai dosis EPA & DHA yang tinggi (konsentrat 82 %)
  • Rasa strawberry, tidak amis, juga saat sendawa
  • Menjamin kesegaran & kemurnian bahan baku minyak ikannya
  • Non-GMO verified (tanpa rekayasa genetika)
  • Tidak ada gluten, produk turunan susu atau pewarna dan perasa buatan

Hasil

Saya pernah membaca bahwa pemilihan minyak ikan ini harus selektif. Kalau kita tidak bisa memastikan bahwa ikan kod yang digunakan bebas merkuri (karena limbah di laut) lebih baik tidak usah saja.

Dan posisi saya saat ini memang sangat membutuhkan minyak ikan jadi mau tidak mau harus mencarinya. Dan Nordic ini adalah salah satu dari 2 merk yang highly recomended. Di luar itu BIG NO ceunah. Begitu kata Bu Debby, founder GAPS Indonesia.

Terus cara minumnya gimana kalo minyak ikan pure begini?

Mungkin ada yang bertanya-tanya bagaimana saya memberikan minyak ikan pure dalam bentuk cairan ke anak? Anaknya emang ga nolak?

Sebenarnya mereka ga antusias-antusias banget minumnya, tapi karena dibujuk bakal minum sirup imun booster kesukaan mereka (merk Elan*s) akhirnya mereka mau minum si minyak ikan itu. Wkwkwkwk. 

Saya membeli minyak ikan ini tujuan secara khusus sih memang untuk dedek, dengan harapan bisa membantu fokus dan kognitifnya agar lebih baik. Adapun tujuan secara umum persis seperti klaimnya. 

Untuk dedek memang saya tidak mengharapkan hasil instan. Tidak mungkin. Karena masalah dedek lumayan kompleks, jadi semua faktor berpengaruh. Tapi memang yang saya lihat fokus dan attention dedek ada peningkatan jika rutin minum minyak ikan. Alhamdulillah.

Yang paling terasa hasilnya justru di kakak. Jadi, selama SFH ini mau tidak mau terpapar gadget lebih banyak dari sebelumnya. Dan ini berdampak pada matanya. Saya perhatikan dia lebih sering mengedip-ngedipkan mata. Katanya matanya terasa kering dan panas.

Haduh, masa masih 6 tahun udah tanda-tanda pake kacamata?

Awalnya sih langsung kepikiran pengen beli vitamin mata tapi koq belum yakin mau ngasih (bukan ga bagus, tapi saya belum telusuri aja lebih dalam). Belum sempat kebeli vitamin mata, eh koq diperhatikan lagi si kakak sudah ga mengedip-ngedipkan mata lagi. Pas ditanya, matanya udah ga panas lagi? Dia jawab udah enakan, udah seperti biasa lagi.

Padahal minum minyak ikan baru 2 atau 3x udah ga ada lagi kebiasaan kedip-kedipin mata sebulan terakhir. Yang artinya matanya udah ga panas dan perih lagi. Kaget juga sih, heiii…. masa iya secepat itu pengaruhnya?

Emang minyak ikan bisa buat kesehatan mata beneran? 

minyak ikan cod

Penampakan ikan kod (Sumber: Wikipedia)

Saya kutip dari website resmi Natural, perusahaan yang mengimpor Nordic, ternyata manfaat minyak ikan itu lumayan banget. 

Manfaat Minyak Ikan

1. Diperlukan untuk mendukung perkembangan dan kesehatan otak, mata, serabut saraf dan sistem imunitas

2. Membantu tumbuh kembang anak secara umum

3. Membantu mendukung daya ingat, mood (suasana hati), kemampuan belajar dan konsentrasi pada anak-anak

4. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah sejak dini.

5. Vitamin A: Untuk kesehatan mata, mencegah rabun senja, menstimulasi sistem imunitas, mencegah infeksi bakteri dan virus.

6. Vitamin D: Meningkatkan fungsi sistem imunitas, untuk kesehatan tulang.

7. Vitamin E: Meningkatkan sistem imunitas, untuk kesehatan mata.

8. EPA (Eicosapentaenoic Acid): Meningkatkan fungsi imunitas, untuk metabolisme, anti peradangan, menjaga kesehatan jantung dan sistem sirkulasi.

9. DHA: Meningkatkan daya ingat & proses belajar, mengurangi depresi dan stres, penting bagi perkembangan kesehatan bayi dan anak, melindungi & menjaga kesehatan mata, saraf dan sistem imunitas, berguna secara khusus untuk otak & sel-sel saraf.

10. Oleic acid: Untuk kesehatan pembuluh darah arteri termasuk yang ada di jantung, untuk kesehatan kulit, mencegah radang usus besar.

Tah etaa. Bagus banget kan buat memenuhi nutrisi saat tumbuh kembang anak. Sampai bisa mengurangi depresi dan stress. Kayanya ini mah ibu-ibunya boleh juga sekalian minum yak. 😀

Ternyata minyak ikan ga melulu soal suplemen otak

Wait,

Minyak ikannya dari hati ikan kan ya??

Saya baru sadar, kan memang di dalam hati kandungan vitamin A nya bagus banget (more than carrot) dan lebih baik dicerna oleh tubuh. Pantesan si kaka sebegitu ngefeknya ke kesehatan matanya. 

Selain itu mereka juga ga gampang sakit. Padahal beberapa hari ini kami kedatangan kucing liar 2 ekor. Biasanya dedek akan flu karena alergi bulu kucing atau kalau lagi apes langsung jadi flu singapura alias HMFD.

Alhamdulillah.

Sepertinya memang kandungan gizinya ga kaleng-kaleng

Baca juga: Pengalaman Anak Terkena Flu Singapara

Konklusi

Pros 

(+) Botolnya kaca dan gelap, menjaga nutrisi di dalamnya agar tidak rusak karena sinar matahari
(+) Berasal dari ikan kod arctic yang minimal pencemaran laut
(+) Nutrisi hati ikan kod menyediakan vitamin A, D, EPA, DHA dan oleic acid. 
(+) Membantu kesehatan mata anak
(+) Membantu daya tahan tubuh anak
(+) Membantu kerja otak anak
(+) Non GMO
(+) A little bit fishy, masih tolerable oleh anak, ga seret 

Cons

Apa yaa? Awalnya sih mau bilang: Gilaa ini minyak ikan, mahal benerr harganyaaaaa woooyy!! Skincare emak aja ga ada yang segini harganya.

Tapi ketika sudah memakai malah jadinya wajar dan maklum. Ok lah, harganya pantas untuk minyak ikan yang diambil dari ikan kod liar di artic sono, non GMO pula, plus ga pake pengawet buatan (cuma pakai rosemary extract doank lo). Terus di anak juga hasilnya mulai terlihat. Dan kayanya sebotol 119 ml ini ga akan habis dalam waktu 1 bulan untuk 2 anak. Mungkin 2 atau 3 bulan lah ya. Ga berani juga kelamaan dari itu karena pasti akan oksidasi. 

Kayanya sih bakal repurchase ya. Semoga ada rezekinya buat beli lagi. 

Ohya, FYI ini tidak ada label halal nya, tapi karena sejauh ini yakin saja halal ingredients (dilihat dari daftarnya di kemasan) jadi saya no worry. Kecuali kalo pakai kapsul gel, nah itu yang patut diwaspadai. Jadi karena ini pure minyak ikan, insya Alloh halal aja. Bismillah.

Baiklah, review minyak ikan Nordic sudah selesai. Semoga membantu kalian ya para Buibu yang sedang mencari referensi minyak ikan untuk buah hatinya.

 

 

 

 


Latifika Sumanti

Mom of two, long life learner. Part time blogger, full time mother. Beauty, health, and parenting enthusiast

11 Komentar

Mbak Avy · Oktober 26, 2020 pada 7:39 pm

Manfaat minyak ikan ini sejak saya kecil sudah familiar banget
Sekarang tinggal pilih karena sudah banyak dengan kemasan modern tapi jangan asal pilih ya hehehe
Harus teliti dan selalu cek ricek
Terima kasih referensinya mbak Fika, komplit banget

    Latifika Sumanti · Oktober 27, 2020 pada 2:50 am

    Hehehe, iya bener Mba. Dari dulu mah si minyak ikan ini femes banget. Cuma dulu taunya yang dalam sediaan sirup gitu yaa.

Jihan · Oktober 26, 2020 pada 9:33 pm

Hmmm, ternyata bisa untuk kesehatan mata. Aku beneran baru ngeh sih setelah baca artikel ini. Aku selalu mikir minyak ikan ya baik untuk otak gitu aja. ternyata untuk organ sevital mata juga bagus banget ya kak. Duh mauu, kalau buat dewasa masih ngefek ngga sih yaa

    Latifika Sumanti · Oktober 27, 2020 pada 2:49 am

    Iya Mba, saya juga baru ngeh setelah beli, sebulanan ini baru nyadar juga. Kalau mau buat dewasa cari yang buat dewasa, ada koq Mba.

Muna Hidayat · Oktober 27, 2020 pada 1:50 am

Halo. Salam kenal dari akuh, Muna Fitria a.k.a @mamahfaza
Mengingat khasiat minyak ikan, aku suka syebel karena semua anakku alergi. Huhu. Kira-kira penggantinya apa ya yang khasiatnya kurang lebih sama?

    Latifika Sumanti · Oktober 27, 2020 pada 2:48 am

    Sebentar, seingat saya follower GAPS yang saya ikuti strory ny itu anak bayinya alergi ikan Mba, jadi MPASI nya ga pakai ikan sama sekali, banyak dari lemak ayam dan sapi grassfed. Jadi dia beli Nordic yang buat baby, ditetesin ke MPASI anaknya. Berarti aman kali ya Mba?

Twitter: @iffiarahman · Oktober 27, 2020 pada 9:10 am

Aku banget nih dulu waktu hamil sukanya minum minyak ikan untuk anakku. Tapi sekarang malah belum ngasih lagi stlh anaknya lahir. Terima kasih, postingan ini sudah mengingatkanku agar kembali rutin mengonsumsi minyak ikan

Putri Santoso · Oktober 27, 2020 pada 8:37 pm

Waah banyak banget ya mba manfaatnya.
Semoga kedepaannya ada label halalnya ya mba biar para momis gk worry
btw makasih bekal ilmunya mba

Fionaz · Oktober 29, 2020 pada 7:23 am

Pas banget mbak, aq juga lagi nyari minyak ikan yang pas untuk anak bayik yang udah tumbuh besar ini. Danternyata kandungannya pas banget

Karyati Niken · Oktober 29, 2020 pada 7:31 am

Untuk kesehatan mata langsung ada efeknya ya mbak? Anak-anak sekolah online, ku perhatikan matanya si kakak mulai ada garis merah gitu. Mulai worry. Bisa jadi iritasi atau sejenisnya ini ya. Hmm….apakah aku harus membeli si Nordic Minyak Ikan ini? Hehe

Hastira · November 5, 2020 pada 2:58 am

memang minyak ikan kaya manfaatnya ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *