Kata orang, bisnis kuliner adalah bisnis yang ga ada matinya karena makanan adalah kebutuhan dasar semua manusia. Oleh karena itu, saat kami dulu sempat merasakan kesulitan ekonomi sekitar tahun 2014-2016 usaha yang langsung terlintas di kepala adalah usaha kuliner.

Ya, mau usaha apalagi yang cepat prosesnya selain kuliner? 

Masih ingat sekali saya waktu itu bagaimana berusaha mencari peluang, melihat kira-kira kuliner apa yang bisa dijual dengan sistem konsinyasi. Jalan memutari satu kelurahan sambil mengajak anak sulung yang baru umur 1 tahun dan saya sendiri kondisinya lagi hamil. 

Demi mencari ide usaha makanan.

Akhirnya setelah melihat-lihat, saya memutuskan untuk jualan panganan cemilan yang modalnya tidak banyak tapi cukup laku, seperti; sus, donat, dan pizza.

Sistem POS
Bakulan kecil-kecilan dulu. Pizza dan donat buat customer langganan, kue sus buat di warung sekolah (ga kefoto)

Masih lekat juga dalam kepala saya, kala itu saking susahnya promosi dagangan sampai-sampai jika ada yang pesan 1 orang saja saya sudah senang sekali. 

Saya yang menerima pesanan, saya yang membuat pesanan dan saya juga yang mengantarnya ke pelanggan, dengan ongkir seribu dua ribu perak demi tidak memberatkan mereka dan berharap agar re-order lagi. 

Bangun pagi jam 2 setiap hari untuk membuatkan pesanan atau dititipkan ke warung dekat sekolah. 

Dalam keadaan hamil anak kedua saya terpaksa menjalani usaha itu agar dapur tetap ngebul karena suami baru merintis karier di perantauan. Ah, siapa sangka dulu saya kira akan jadi guru selepas kuliah malah jadi jualan kue. 

Namun, saya tak sanggup lama mengerjakannya karena kesehatan fisik yang cukup menurun selama hamil dan paska melahirkan. Akhirnya, usaha kuliner kecil-kecilan dulu sekarang tinggal kenangan, sebagai pengingat agar lebih menghargai sekecil apapun pendapatan karena pernah berada dalam kondisi susah bersama.

Duh, koq jadi mellow yak, wkwkw. Padahal cuma mau membandingkan zaman “dulu” dan sekarang.

Lain Dulu Lain Sekarang

Sering saya terpikirkan seandainya waktu itu semudah sekarang berjualan, rasanya saya ga akan kelelahan separah dulu.

Ya, apalagi kalau bukan karena sebuah aplikasi.

Sudah pasti tau donk kalau sekarang sudah ada aplikasi android yang membantu pelaku usaha kuliner untuk berkembang lebih baik lagi.

Contoh yang paling familiar adalah GoFood dari Gojek. Tinggal daftarkan usaha, lalu menu kita terdaftar di aplikasi, udah deh…. tinggal tunggu pesanan masuk. 

Tidak ada kata bingung lagi antara: branding atau selling, mana yang didahulukan?

Seperti memahami kebutuhan pelaku usaha, sekarang GoFood pun tidak hanya bisa membantu promosi usaha dan pengantaran, tapi sekarang juga dilengkapi sistem POS atau sistem Point of Sale.

Apa Itu Sistem POS?

Sistem POS atau POS system mungkin bagi orang awam istilah ini tidak lazim didengar, tapi bagi pemilik usaha hal itu sudah biasa.

Sini, sini saya bantu jelasin. 

Sering kan kalau kita di restoran atau minimarket pasti kita melihat alat kasir yang digunakan untuk meng-entri pemesanan, lalu pegawai mencetak struknya untuk bukti pembayaran. Kemudian uangnya dimasukkan ke dalam cash drawer (laci uang yang sudah tersekat-sekat). 

Naah, semua proses dan alat itu kemudian dinamakan sistem POS (Point of Sale).

Jadi, sistem POS atau Point of Sale adalah sistem yang digunakan oleh berbagai usaha retail  untuk menyelesaikan transaksi pembayaran terhadap customer.

Nah, sudah ngerti kan sekarang maksudnya POS ini. Sederhananya, jika kalian lihat laci uang dan komputer serta printer kasir yang digunakan saat pembayaran itulah Point of Sale.

Tapi, sekarang zaman sudah semakin maju. Era industri 4.0 yang lebih dikenal sebagai era digital kini mulai merambah ke usaha retail. GoFood sebagai pelopor aplikasi usaha kuliner digital pun sekarang menambah kemudahan bagi pelaku usaha kuliner, yaitu sistem POS dari GoBiz.

Apa manfaatnya?

Manfaat dan Fungsi Sistem POS

1. Mencatat data transaksi secara lengkap secara mudah

Sistem POS digunakan dalam operasional sehari-hari dan mudah dijalankan sekalipun oleh karyawan baru. Sehingga mengurangi human error. Pastikan kita memasukkan data penjualan yang diinginkan seperti; penjualan harian, barang yang paling laris, sampai pemisahan metode pembayaran yang dilakukan pembeli

2. Memberikan laporan penjualan usaha secara langsung

Karena sudah masuk dalam aplikasi, laporan penjualan langsung terprogram oleh sistem. Sehingga kita bisa langsung melihat hasilnya saat closing. Lupakan kalkulator, pulpen, dan buku kas.

3. Mencetak struk pembelian bagi pelanggan, tidak perlu pakai nota secara manual

POS System ini sudah terintegrasi dengan printer bluetooth, sehingga saat keluar nota di aplikasi kita tinggal klik tombol “cetak” untuk mendapatkan struknya.

4. Dengan kalkulasi otomatis,kasir tidak repot dan mempercepat proses transaksi

Begitu memasukkan data pemesanan, sistem langsung memberikan rincian plus total pembayaran.

5. Menerima berbagai pembayaran tunai dan non tunai

Zaman digital saat ini uang pun bisa berupa digital untuk kemudahan mobilitas. Sistem POS pun sekarang memudahkan bagi yang memilih pembayaran non tunai. Laporan di sistem POS pun bisa diatur antara cash and cashless payment. 

6. Jika sudah terintegrasi dengan sistem stok barang, akan mengantisipasi kekurangan bahan baku dan ketersediaan produk.

Nah, kalau yang ini sih layanan tambahan untuk pengusaha yang mendaftar sistem stok barang. Enak ya, langsung terintegrasi begini, jadi sudah ga bingung mencari bahan baku lagi kalau di tempat usaha sedang menipis ketersediaannya

7. Praktis atur menu di GoFood dan outlet

Karena sudah disediakan aplikasinya, jadi kita tinggal memasukkan gambar, nama menu, harga, dan kapan saja bisa diupdate jika ada perubahan. Fleksibel sekali, kan?

SistemPOS
Manfaat Sistem POS GoBiz (1)

Manfaat yang paling dirasakan para pengusaha adalah saat catatan harian sudah terintegrasi seperti gambar di bawah ini. Jadi mereka akan mengevaluasi penjualan setiap harinya dan dipermudah oleh sistem POS

Sistem POS
Manfaat Sistem POS GoBiz (2)

Seperti ini tampilan laporan transaksi, benar-benar otomatis, lengkap, fleksibel dan terintegritas. SIstem POS ini berbasis cloud sehingga membuat kita bisa melakukan banyak hal dalam operasional usaha.

Sistem POS

Bayangkan kalau usaha kuliner kita dipermudah sampai sni, tentu kita tidak perlu khawatir lagi keteteran soal pembukuan. Energi kita fokuskan di pembelian bahan baku, proses pembuatan makanan, dan melayani pembeli. Atau jika punya karyawan maka semua by remote dan kita bisa fokus ke bisnis yang lain.

Dashboard laporan penjualan oleh sistem POS GoBiz

Bagaimana Jika Ingin Bergabung?

Pasti banyak pertanyaan nih bagi para pelaku usaha yang ingin mencoba fitur terbaru GoFood. Berikut saya ringkaskan beberapa hal yang penting.

Ask: Ingin mendaftar fitur POS?

Sementara, pendaftaran hanya bisa dilakukan oleh mitra usaha Gojek yang sudah terintegrasi dengan layanan Gopay.

Ask: Biaya harian?

Untuk saat ini, fitur POS tidak dikenakan biaya harian alias bisa digunakan secara gratis.

Ask: Sudah dapat printer?

Mohon maaf, layanan tambahan sistem POS GoBiz tidak termasuk perangkat. Jadi pengusaha yang menyediakan perangkatnya sendiri, karena GoBiz sudah menyediakan softwarenya.

Ask: Printer untuk POS?

Printer yang digunakan untuk mendukung POS adalah printer bluetooth dengan ukuran kertas 58 x 40 mm, seperti Gowell MP-228N.

Wah, bermanfaat sekali fitur Sistem POS GoBiz ini donk. Benar-benar membantu sekali untuk para pelaku usaha dalam proses pembukuan. Sehingga waktu bisa digunakan untuk hal lain, semisal mengembangkan bisnis di bidang lain.

Kategori: Financial

Latifika Sumanti

Mom of two, long life learner. Part time blogger, full time mother. Beauty, health, and parenting enthusiast

30 Komentar

Fionaz isza · Agustus 5, 2020 pada 5:52 pm

Bisnis kuliner makin mudah dengan sistem POS ini ya mbak, bisa dicoba nih..

Lya Amalia · Agustus 5, 2020 pada 7:57 pm

betul banget mba fika, kalau dari sistem owner, memang paling mudah sekali untuk mengontrol pembukuan buat jualan kita. Jadi pengen gabung nih mba. Kalau info lebih lanjut, hubunginya kemana yaa mba fika ? Thankyou

Putri Santoso · Agustus 6, 2020 pada 8:48 am

Ya ampun mbaaa makasih infonya
pas banget buat aku yang mau bikin usaha kuliner. fitus software ini lengkap ya mba. aku jadi makin mantap saat buka usaha nnt mau pakai GoBiz ini

Mugniar · Agustus 6, 2020 pada 2:49 pm

Pengalaman yang akan selalu dikenang ya Mbak. Asyiknya ya, sekarang ini kalau kitamelek, banyak sekali yang bisa dimanfaatkan. Seperti Sistem POS ini.

Armita · Agustus 6, 2020 pada 2:58 pm

Dengan GoBiz bisnis kuliner makin mudah ya Mba, gak bikin pusing urusan pembukuan. Sepertinya menarik untuk dicoba nih.

Andy Hardiyanti · Agustus 6, 2020 pada 7:11 pm

Sekarang sistem kasir atau pencatatan transaksi gini makin praktis yaa. Inget banget gimana dulu, mesti pakai PC, peralatan kasir yang lumayan besar dan pasti harganya juga lumayan. Sekarang, para pelaku UMKM pun bisa pakai sistem pos gobiz macam ini.

NurulRahma · Agustus 6, 2020 pada 8:53 pm

dengan Gobiz, para pengusaha UMKM kuliner jadi makin gampiil ya Mak.
Seruuu deh, dan makin enjoy bisnisnya

iidYanie · Agustus 7, 2020 pada 12:25 am

Sistem POS pada GobiZ ini memudahkan sekali buat penjual kuline atau UMKM dalam melakukan pembukuan, sistem rekapnya pun jelas dan gak ribet ya 🙂

Gita sarrah · Agustus 7, 2020 pada 9:02 am

Jaman sekarang memang jamannya teknologi digital ya. apa-apa dibikin praktis. Mau jualan makanan pun udah ada sistem autopilotnya. Sangat membantu dan memudahkan.

Nurul Sufitri · Agustus 7, 2020 pada 10:24 am

Wah, canggih banget ya penjualan makanan menggunakan sistempos GoBiz ini. Ga manual2 lagi deh, mulai jualan sampai closing sistemnya udah tertata rapi sampai ngeluarin struk kepada pelanggan juga online. Pelaku UMKM makin semangat nih dengan hadirnya aplikasi ini dan bisa menambah omzet juga ya 🙂

Nanik Nara · Agustus 7, 2020 pada 2:49 pm

Dengan sistem POS ini pengelolaan usaha kuliner makin mudah ya. Pelanggan juga pastinya senang karena proses pembayaran jadi lebih cepat

Evi · Agustus 7, 2020 pada 5:43 pm

Dengan POS ini banyak banget pekerjaan administrasi yang bisa terbantu ya. Satu kasir untuk mengerjakan semua administrasi penjualan. Bisa tahu omset juga sekalian. Nah pasti para pemilik usaha kuliner akan bergegas nih mencoba alat ini

    Rina Susanti · Agustus 13, 2020 pada 11:22 am

    Bener mba bisnis kuliner ga ada matinya karena walaupun lg krisis keuangan makanan tetap kebutuhan pokok

Erin · Agustus 7, 2020 pada 9:26 pm

Wah, jadi lebih praktis dengan gobiz ya, Mba. Membantu banget buat pelaku UMKM atau yang baru jualan. Tentunya kita tidak usah repot melakukan pencatatan manual yang resiki erornya terbilang besar.

    gemaulani · Agustus 10, 2020 pada 10:56 am

    Luar biasa perjuangan jualannya mba. Duh udah gak jualan ya, itu donat sama pizza menggiurkan. Seneng banget ya sekarang udah ada sistem Pos dari GoBiz, jualan jadi lebih mudah karena ada pembukuannya juga dan gak ada biaya harian. Sungguh membantu buat bisnis rumahan

Suciarti Wahyuningtyas · Agustus 7, 2020 pada 9:48 pm

Saat sekarang ini banyak sekali teman-temanku yang juga baru merintis bisnis kuliner, sepertinya aku mau kasih tau mereka tentang GoBiz ini deh. Karena sangat membantu sekali untuk usaha mereka.

Nurul Fitri Fatkhani · Agustus 8, 2020 pada 7:45 pm

Bisnis kuliner memang gak ada matinya ya, Mbak. Apalagi kalau didukung dengan aplikasi GoBiz, semua jadi lebih praktis dan cashless

Dyah Kusuma Susanti · Agustus 8, 2020 pada 9:05 pm

Sekarang makin dimudahkan dengan adanya GoBiz. Pelaku usaha makin diuntungkan dan pelanggan juga makin happy

Nia Haryanto · Agustus 8, 2020 pada 9:05 pm

Keren deh Gobiz, bahkan kini udah punya aplikasi sistem perkasiran. Pastinya ini membantu banget buat para pelaku usaha dalam mencatat segala hal mengenai perkasiran. Praktis. Dan buat pelanggan yang suka bayar cashless, misalnya GoPay, ini menggembirakan 👌

Aswinda Utari · Agustus 8, 2020 pada 9:39 pm

Ehemmm.. Inget banget ini pas mb fika jualan pizza. Enaks bingits sih pizzanya. Kapan nih open order lagi? Heheh. Mumpung dipermudah dengan go biz.. Yuhuu

    Milda Ini · Agustus 9, 2020 pada 1:33 am

    Wah. Is cool . I will tell my cousin to using the gobiz to manage his bussiness. Inhope gobiz can help him to be smart and can be grow up his selling

Indah Nuria · Agustus 8, 2020 pada 10:02 pm

Aku juga sudah sempat pakai nih mba saat transaksi dengan Gojek. Memang benar – benar handy yaa

echaimutenan · Agustus 8, 2020 pada 10:06 pm

Pas ini buat aku. Lagi pengen buka usaha makanan kira-kira kalau ini bisa nggak ya dipercepat approval go foodnya? Pengen banget bisa muncul gitu

diane · Agustus 8, 2020 pada 10:45 pm

wah GoBiz membantu banget dih untuk usaha yang pengen maju dan profesional ya…

Hidayah Sulistyowati · Agustus 8, 2020 pada 10:54 pm

Dengan sistem Pos dari GoBiz ini ngebantu buat yang mau jualan online ya. Sekarang makin dipermudah usaha kecil dengan fasilitas yang bagus gini. Aku jadi ingat memiliki kisah yang mirip, jualan jajanan dan menitipkannya di warung-warung. Dan terhenti karena kelelahan ngatur waktu, apalagi aku masih kerja kantoran

lendyagasshi · Agustus 8, 2020 pada 11:42 pm

Banyak sekali manfaat dari POS Gobiz.
Harus banyak pengusaha tahu ini…agar usahanya semakin maju dan lariiss…

Kak Niken · Agustus 9, 2020 pada 10:11 am

Aku itu lemah banget di bagian pencatatan. Nah, tahun 2019 lalu kami pernah punya usaha kuliner es mie ramen. KArena bermitr dengan Gojek maka kami juga dianjurkan menggunakan GoBiz (masih yang gratisan sih heehe) Nah ternyata memang memydahkan kami mengelola pencatatan. Kece yes

nyi Penengah Dewanti · Agustus 10, 2020 pada 6:14 am

Sistem POS Gobiz memdahkan banget untuk pelaku UMKM ya MBa
Alhamdulillah soal pembayaran ini sangat memudahkan, semoga makin banyak yang menggunakannya.

indah nuria · Agustus 10, 2020 pada 11:40 pm

bagus bangeet ya ada platform seperti ini ya mba..bisa membantu bangeet para pelaku UMKM, apalagi saat pandemi seperti ini

Eni Martini · Agustus 12, 2020 pada 11:34 pm

Aku juga mau infoin buat adekku yang mau buka usaha kuliner nih. Kan kebantu banget ini sama POS di Gobiz ya. pencatatan adi lebih rapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *