Buat Lava Lamp Sendiri di Rumah – Bismillah….

Ketika punya anak rasanya kita para ibu ingin sekali mengahak mereka bermain dengan konsep ala eksperimen. Saya pun mengalami hal itu. Apalagi ketika anak sudah bisa membaca buku dan hobi membaca buku, terlebih soal sains, maka dia sendiri yang menentukan “Main eksperimen apa kita hari ini, Mi?”

Apa sih Lava Lamp?

Lava lamp sebenarnya adalah sebuah nama untuk lampu dekorasi atau lampu hias. Lampu yang ditemukan sejak 1960-an ini mengalami inovasi tahun demi tahun demi penggunaan bahan yang aman dan tidak membahayakan manusia, namun konsepnya tetap sama.

Apa konsepnya?

Konsepnya adalah 2 cairan yang berbeda jenis berada dalam satu tabung kaca transparan. Satu cairan lebih kental dan cepat memanas, dan cairan lainnya sebagai media cairan satunya mengapung-apung ketika dipanaskan.

Cairan kental dan cepat memanas itu kemudian seperti berpijar sehingga disebut lava lamp. Cantik sekali lo ternyata penampakannya. Kalau mau beli di marketplace lava lamp ini dibandrol Rp 300.000-an. 

Lumayan ya. Makanya, kita coba bikin sendiri di rumah yuk?!

DIY Lava Lamp, Buat Lava Lamp di Rumah

Untuk informasi ya, biar tidak berekspektasi lebih, Do It Your Self ini tentu saja tidak seawet lava lamp yang komersial. Bahan yang digunakan pun tentu saja berbeda, hanya konsepnya saja yang sama: 2 cairan berbeda jenis berada dalam satu tabung kaca transparan.

Dah yuk, kita mulai aja. Mari siapkan alat dan bahannya berikut:

Alat:
1. Lampu senter
2. Gelas kaca bening

Bahan:
1. Minyak goreng (pakai yang curah)
2. Baking soda / soda kue
3. Cuka
4. Pewarna makanan (satu warna saja)

Cara membuat:

1. Masukkan baking soda ke dalam gelas
2. Masukkan minyak goreng ke dalam gelas, tidak usah sampai penuh ya, 3/4 saja
3. Campurkan cuka dengan pewarna makanan
4. Masukkan cuka+pewarna ke dalam gelas
5. Reaksi seru akan terjadi!!!

Penjelasan DIY

Adakah dari kalian yang bertanya-tanya? Kenapa bisa terjadi hal demikian? 

DIY lava lamp ini sebenarnya adalah memanfaatkan reaksi kimia antara baking soda dan cuka yang sangat familiar kita dengar. Anak saya sangat sering bermain dengan 2 bahan ini ketika dia ingin bermain volcano. Namun, bedanya pada lava lamp ini kita menambahkan minyak goreng sebagai media reaksi kedua bahan tersebut.

Sampai di sini kalian paham?? Ya, ya, yaa..kita akan menghadapi reaksi yang sangat … mmm, luar biasa…. untuk ukuran anak-anak. Hehehe. Lucu dan asyik melihat bulir-bulir karbondioksida becampur cuka yang terperangkap dalam minyak goreng, melayang-layang naik turun karena gaya gravitasi. Dan lampu senter membuatnya lebih terlihat “Uwow, cantik! Menyala!!

Sebenarnya ada dua versi DIY lava lamp ini; dengan tablet effervescent dan baking soda-cuka. Perbedaannya ada di kecepatan reaksi. Lava lamp dengan tablet effervescent bereaksi dengan cepat sekali sampai tabletnya mengecil dan habis. Mirip dengan aliran air panas yang mendidih, naik turun dengan sangat cepat. Sedangkan, baking soda-cuka reaksinya lebih lambat namun bulir lava nya lebih lambat. Menurut saya yang ini lebih mirip lava lamp aslinya.

Gimana? Kalian sudah membayangkannya dengan baik? Atau sudah mencobanya? 

Jika kalian ingin melihat tutorial cara membuatnya, saya sudah membuatkan videonya untuk kalian di Youtube saya.  Di video ini saya membuat yang versi baking soda dan cuka karena reaksinya yang menurut saya lebih mendekati pada lava lamp versi originalnya. Silakan klik ini ya. 

buat lava lamp di rumah

buat lava lamp di rumah

Bagaimana? Sudah tertarik mencobanya? Baiklah, selamat mencoba, Teman-teman 🙂

Baca juga: 

Eksperimen Membuat Awan dan Hujan Sendiri

Eksperimen Menyedot Air dengan Gelas 

Eksperimen Membuat Gunung Berapi

 


Latifika Sumanti

Mom of two, long life learner. Part time blogger, full time mother. Beauty, health, and parenting enthusiast

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *