Assalamu’alaikum….

Sebulan lalu aku sudah menulis resume kulwap Naturophaty bagian 1 dan sekarang aku pengen lanjutin sampai selesai isi kulwap kemarin. Sebenarnya kulwapnya cuma 1 sesi aja, tapi karena semua materi isinya DAGING banget, jadi aku rasa kalau dijadikan 1 artikel bakal ngebull ni otak, hihihi.

Terutama bagi aku yang semua yang disampaikan semacam something new (udah pernah tau sebelumnya tapi sampai kulitnya aja, pas dibahas di Naturophaty berasa sampai ke biji-biji, hmmmm). Apalagi kulwap kemarin materinya beberapa ada yang bahasa Inggris, apalah aku yang cetek ilmunya ini, jadi bikin agak tersendat mau nulis.

Ok, bhaique. Sebelum masuk ke materi lanjutan izinkan aku flashback dulu yaa part 1 kulwap Naturophatynya. Atau kalau mau baca lengkapnya di sini: Resume Kulwap Naturophaty part 1.

Ini dia beberapa poin pentingnya;

✅ Naturophaty mempelajari bagaimana manusia meningkatkan sistem imunitas nya dengan memperbaiki sistem pencernaan lewat gaya hidup sehat.

✅ Sistem pencernaan yang dimaksud adalah bagaimana memiliki gut flora yang normal dan balance. Gut flora adalah sebutan untuk mikroorganisme penghuni usus yang jumlahnya milyaran yang sudah memang sudah diciptakan Alloh untuk membantu kita.

✅ Namun, gut flora juga bisa menjadi tidak normal. Ketidak-normalan kondisi gut flora bisa menyebabkan; malabsorbsi (penyerapan buruk, banyak makan tapi gizi tidak masuk), malnutrisi, intoleransi makanan (alergi).

✅ Apa yang menyebabkan gut flora menjadi tidak seimbang? Pada orang dewasa ketidak-seimbangan gut flora terjadi karena; terlalu banyak asupan gula, stress, dan penggunaan antibiotik yang tidak tepat. Sedangkan pada anak-anak terjadi karena; tidak mendapatkan ASI, terpapar antibiotik di usia awal, dan warisan gut flora yang buruk dari ibunya.

***

Nah, itu dia intisari kulwap part 1. Bisa dibilang part 1 lebih ke pemahaman terkait gut flora dan pentingnya keseimbangan mikrooragnisme tersebut dalam usus. Sedangkan di part 2 ini fokus ke bagaimana usaha kita agar menormalkan kondisi gut flora atau mempertahankan lingkungan mikroorganisme baik dalam usus. 

10 Hal yang Memicu Imunitas dan 10 Hal yang Merusaknya Versi Naturophaty

10 Hal yang Memicu Imunitas

  1. Lemak hewan yang masih fresh (baik produk daging ataupun susu) dan makanan berkolesterol tinggi (seperti kuning telur mentah yang kampung dan organik) 🥚🍳.
  2. Minyak yang prosesnya tanpa pemanasan; minyak zaitun, minyak ikan, VCO🌰
  3. Bawang merah dan putih
  4. Fresh pressed vegetable and fruit, jus buah sayur yang mengolahnya dengan tekanan tinggi dan minimal pemanasan🍹
  5. Regular consumption of greens
  6. Fermented foods and probiotics supplement, makanan yang difermentasi dan suplemen probiotics
  7. Contact with animal, punya peliharaan hewan🐱
  8. Swimming in unpolluted natural waters, berenang di sungai yang masih terjaga kualitas airnya🏊‍♀
  9. Physical activity in fresh air, olahraga di udara terbuka yang sehat🚵
  10. Exposure to sunlight, paparan sinar matahari☀

 

10 Hal yang Merusak Imunitas

  1. Gula dan makanan yang mengandung gula, seperti; permen, es krim, soft drinks, dll🍦🍭 (Hayoo, makanan kesukaan siapa, ngacung?)
  2. Karbohidrat, seperti; nasi, kue, biskuit, sereal, snacks, roti, dan pasta 🍩(Hiks, makanan kita dari bayik ini)
  3. Lemak buatan dan diubah secara kimiawi, seperti; margarine, butter of substitution, minyak sayur
  4. Kekurangan protein berkualitas tinggi dari daging ikan, telur, susu dan kacang-kacangan (kemajuan teknologi pangan membuat kuantitas maju namun tidak dengan kualitas)
  5. Paparan bahan kimia buatan manusia, seperti; deterjen, pasta gigi, sabun, sampo, pestisida, glifosat (FYI, menurut Naturophaty, SLS yang ada di peralatan mandi dan cuci sifatnya adalah toxic)
  6. Obat-obatan tanpa pengawasan dokter
  7. Kurang olahraga dan asupan udara segar berkualitas (Hmmm, siapa suka mager?)
  8. Paparan radiasi buatan manusia, seperti; TV, komputer, HP, stasiun nuklir, sampah nuklir 📱🖥
  9. Kurang terpapar sinar matahari
  10. Kurang terpapar common mikroba, kuman yang ada di lingkungan sekitar (tinggal di lingkungan yang super duper steril ternyata ga bagus juga loh, karena tubuh jadi ga bisa belajar mengaktivasi imunnya, santai bae, no alert)

 

Contoh Pola Hidup Sehat Ala Naturophaty

Pagi

04.00 – 10.00 Tubuh sedang melakukan detox, maka yang terbaik dikonsumsi sampai jam 10 pagi adalah larutan cuka apel (air segelas dengan cuka apel 1 sdt), jus buah sayur). Mengkonsumsi makanan yang berat pada waktu ini akan memperberat proses detox.

08.00  Olahraga di bawah sinar matahari (tidak indoor), jika lingkungannya masih banyak pohon akan lebih baik lagi

10.00  Mulai sarapan. List makanan yang bisa dimakan saat sarapan, seperti; Telur, daging, sayur (boleh jus), almond milk (bisa diganti santan segar), VCO, secangkir hangat kaldu tulang

Siang

Larutan cuka apel, atur makanan sebisa mungkin dengan komposisi makanan bersifat basa 80% dan asam 20%. 

Sempatkan istirahat siang 10-15 menit.

Snack bisa kacang-kacangan atau buah

Malam

Salad + minyak zaitun + kacang-kacangan

Usahakan tidur paling malam pukul 22.00. Karena dari pukul 22.00 – 02.00 adalah bioritme untuk rejuvenating alias waktunya tubuh untuk melakukan peremajaan.

 

Makanan Basa dan Asam

Kadar keasaman atau kebasaan tubuh banyak tidaknya ditentukan oleh suplai makanan yang kita masukkan. Kadar keasaman atau kebasaan itu kita kenal dengan istilah pH, potensial of Hydrogen.

Air murni pH nya adalah 7. Larutan dengan pH kurang daripada 7 disebut bersifat asam dan larutan dengan pH lebih daripada 7 dikatakan bersifat basa atau alkali.

Keadaan tubuh yang cenderung asam akan mudah menarik patogen, alhasil jadi mudah sakit. Tubuh yang sehat normalnya mempunyai pH 7,4 alias netral sedikit ke arah basa.

Apakah makanan yang rasanya asam otomatis menyebabkan pH tubuh menjadi asam? Ternyata tidak. Asam yang dimaksud di sini adalah abu residu pencernaan makanan tersebut yang bersifat asam. Berikut daftar makanan yang bersifat alkaline dan asam.

Alkaline foods

  1. Fermented foods (susu kefir, yogurt, sauerkraut, kimchi, cuka apel)
  2. Quinoa (bijinya pengganti nasi, bebas gluten)
  3. Sea salt
  4. Rempah
  5. Biji-bijian
  6. Air mineral
  7. Buah-buahan
  8. Kacang almond

Acid foods

  1. Daging, ikan, unggas, telur
  2. Tepung terigu
  3. Gula
 

 

Dengan Budget Terbatas, Bagaimana Memulai Naturophaty?

✅ Naturophaty mengandalkan sumber organik yang notabene selalu lebih mahal. Jika budget terbatas tidak perlu semua organik, tapi usahakan mencuci sayur dan buah dengan ACV (cuka apel) dengan menuangkan 1 sdm dan merendamnya selama 5 menit.

✅ Bila tidak ada budget beli suplemen probiotik, bisa buat sendiri sauerkraut (sa-uer-kra-ut), semacam makanan fermentasi dari kol.

✅ Berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit (Gratis! alhamdulillah)

✅ Tidak perlu beli suplemen mahal, cukup sering makan hati sapi. Hati sapi punya kandungan nutrisi lebih baik dibanding suplemen mahal sekalipun

✅ Almond milk bisa diganti santan segar

✅ Ganti minyak sawit dengan minyak kelapa untuk menggoreng

✅ Telur wajib pakai ayam kampung

Kalau tidak ada budget buat beli oatmeal gluten free, bisa bikin jenis makanan yang menggunakan tepung beras, tepung sagu, dll

sauerkraut latifika.com

Sauerkraut, fermentasi kol, makanan dari Jerman. Sumber: therealfoods.com

Kesimpulan

Anak sering sakit kemungkinan akar masalahnya ada di pencernaan. Untuk menaikkan imunitas tubuh harus dengan memperbaiki pencernaannya, dengan cara:

1. Melakukan diet khusus yang tidak menyertakan nasi, gluten, strachy vegetables, strachy benas (kacang hijau), sugar, lactose

2. Eliminasi makanan yang memicu inflamasi (daftarnya ada di tulisan atas)

3. Konsumsi makanan yang mudah dicerna namun tinggi nutrisinya, seperti kaldu tulangan, kuning telur kampung, dan hati sapi

4. Konsumsi anti inflamantory food (rempah)

5. Perbanyak konsumis: lemak baik (VCO, alpukat), cold pressed juice, fermented food, hati sapi, all ripe fruit (buah matang)

6. Rutin berjemur setiap hari 15 menit

7. Konsumsi probiotik

8. Konsumsi fish oil

9. Melakukan epsom bath

10. Memelihara hewan kesayangan, contact with them

 

***

Akhirnya selesai juga resume kulwap-nya. Sejak dulu aku selalu tertarik dengan pembahasan masalah kesehatan dan gaya hidup. Ada beberapa lifestyle dan diet yang sedang aku pelajari, salah satunya Naturophaty. Memang di antaranya ada yang bersesuaian dan ada juga yang bertolak belakang. Tapi, itu semua membuat insight baru di kepalaku.

Ohya, terimakasih kepada mba Nabilla Ayumi yang memperkenalkan Naturophaty ini. Semoga ilmunya bermanfaat dan membawa berkah. Amiin


Latifika Sumanti

Mom of two, long life learner. Part time blogger, full time mother. Beauty, health, and parenting enthusiast

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *