“Bibi sayur yang tadi, aku lihat anemia berat”, kata suami sepulang dari membelikan titipan belanjaan.

“Masa, Yah? Kecapekan aja kali? Kan berangkat subuh terus ke pasar”, aku merespon setengah kaget.

“Ga lah, beda koq wajah orang yang cuma kecapekan dan anemia”, lanjut suami menegaskan.

“Waduuh, kenapa ga dibilangin, Yah? Kan kasian, mungkin bibinya ga sadar kalo anemia”, tanyaku setengah menekan suami.

“Ya, malu lah. Masa ujug-ujug bilang Bi, kayanya anemia deh, sambil beli sayur, gitu?, 

Saya tertawa mendengarnya. Tapi juga jadi kepikiran. Apa bibinya ga minum suplemen? Apa ga periksa rutin ke bidan atau dokter kandungan?

***

Drama Anak Kedua

Percakapan bersama suami beberapa hari lalu itu kemudian membuat pikiran saya terbang ke masa 5 tahun silam, saat hamil anak kedua.

Di kehamilan anak kedua ini bisa dibilang saya terlalu “santai” sampai bablas tidak memperhatikan suplemen kehamilan. Santai di sini bukan maksudnya jadi #TimBumilRebahan. Sama sekali bukan.

Justru di kehamilan kedua ini saya terpaksa disibukkan dengan kegiatan baru saya: bakulan kue, untuk membantu perekenomian keluarga yang kala itu sedang diuji. Sehingga fokus menjaga kehamilan menjadi terpecah, ditambah saya sudah kelelahan setiap hari karena berjualan. Akhirnya suplemen kehamilan jadi terabaikan.

Berkali-kali suami mengingatkan untuk minum suplemen, tapi saya hanya sanggup minum beberapa. Karena merasa kebanyakan, saya jadi merasa mual. Saat itu saya juga berdalih jika kehamilan ini nafsu makan saya bagus, jadi segala zat gizi untuk si calon bayi almost bisa saya penuhi dari makanan.

Minyak ikan yang sangat penting pun saya hanya minum 20 kapsul saat itu. Seingat saya, hanya asam folat yang rutin di trisemester 1. 

Kata dokter dan konselor laktasi, suplemen selama hamil sangat bagus jika diteruskan. Kalau dalam Islam mungkin bisa disamakan dengan sunnah muakkad, sunnah yang sangat dianjurkan.

Saya? Aduh, boro-boro. Selama hamil aja bandel, apalagi saat menyusui. 

Singkat cerita, anak kedua saya lahir dengan selamat dan sempurna fisiknya. Alhamdulillah.

Namun, setelah setahun kemudian saya menyadari bahwa ada yang tidak beres. Feeling ibu selalu kuat. Walaupun suami saya bilang anak kami baik-baik saja, tapi intuisi saya mengatakan lain.

Dan benar saja akhirnya anak kedua saya divonis mengalami keterlambatan tumbuh kembang: speech delayed, SSD (Sound Speech Disorder) dan ADD (Attention Defection Disorder).

Ibu mana yang tidak patah hatinya saat mendengar ini. Walaupun suami tidak pernah menyalahkan saya, tapi perasaan bersalah tetap menghantui. Saya menyalahkan diri saya kenapa dulu malas sekali minum suplemen saat hamil dan sama sekali tidak pernah mengonsumsi saat menyusui. Walaupun keterlambatan bicara punya banyak faktor yang menyertai, tapi paling tidak seharusnya saya sudah memastikan nutrisi saat hamil, tidak hanya mengandalkan dari makanan saja.

Berbulan-bulan rasanya saya seperti hancur, tapi yang sudah terjadi tidak bisa diulang lagi. Sekarang saya fokus mengejar keterlambatan tumbuh kembangnya. 

Alhamdulillah, walaupun pelan tapi sekarang mulai terlihat progresnya. Dulu ADD nya sangat parah, tidak mau kontak mata dan tidak menoleh saat dipanggil. Dulu SSD nya masuk level severe, yang keluar hanya huruf vokal.

Sekarang sudah mau kontak mata walau masih ada bias-biasnya. Sekarang SSD nya mungkin sudah bisa dibilang masuk level mild, sudah mulai muncul huruf bibir dan lidah. Sudah bisa diajak berkomunikasi, jika ditanya sudah bisa menjawab, jika disuruh sudah bisa memahami dan mengerjakan instruksi, dan bahkan sekarang sudah bisa menyuruh balik.

Senang sekali, sangat bersyukur rasanya. Ikhtiar kami perlahan menunjukkan hasilnya. Membaca buku, bermain bersama sampai mengonsumsi minyak ikan adalah hal yang paling sering dilakukan.

Minyak ikan yang paling sering dikonsumsi adalah dari Blackmores. Ini sudah botol kedua dengan sediaan 400 kapsul.

ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa.jpeg

Sudah hampir 2 botol yang dihabiskan selama 2 tahun berikhtiar. Tidak hanya dedek, si kaka pun ikut mengonsumsi. Alhamdulillah tidak ada penolakan dari mereka karena minyak ikannya aromanya tidak mengganggu. 

Kehamilan kedua kemarin menjadi pelajaran yang amat berharga untuk saya, bahwa: pola makan yang sehat perlu ditunjang oleh suplemen kehamilan. Dan untuk kehamilan selanjutnya semoga saya bisa menjalani dengan lebih baik lagi. 

Apakah dramanya cukup sampai di situ? Sayangnya tidak.

Selain drama tumbuh kembang anak kedua, saya juga mengalami masalah kesehatan. Sepertinya karena (lagi-lagi) saya mengabaikan nutrisi tambahan selama hamil dan menyusui. 

Saya mengalami radang sendi setelah melahirkan, badan cepat lelah, dan yang menyedihkan gigi saya jadi mudah keropos. Sepertinya saya telah kehilangan banyak kalsium dalam 2x melahirkan dan menyusui.

Sayapun mencoba bertanya kepada teman tentang kondisi fisik mereka. Ternyata mereka berbicara hal yang sama. 

Sepertinya rata-rata para ibu mengabaikan nutrisi saat menyusui, padahal sains sudah membuktikan bahwa ASI akan selalu diproduksi dengan nutrisi sebaik mungkin. 

Tadi malam saya mendapat chat dari seorang teman yang baru saja mempunyai newborn. Ternyata dia sudah mulai mengalami sakit pinggang dan punggung. Beberapa bulan lalu sebenarnya saya memberi saran untuk dia agar melanjutkan minum suplemennya saat hamil, terutama kalsium. 

Beberapa teman di grup alumnus kuliah (khusus wanita) juga pernah mengatakan hal serupa. Rata-rata mengeluhkan giginya yang mudah keropos sejak punya anak.

Wah, ternyata saya banyak temannya 🙁

ASI Bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa
Mohon maaf bahasanya campur bahasa daerah 🙂 Intinya teman saya membenarkan perkataan saya beberapa bulan lalu yang menyuruhnya konsumsi kalsium

Adakah para Mama yang juga mengalami hal yang sama?  

Pentingnya Tambahan Nutrisi Saat Hamil dan Menyusui

Kata orang, pengalaman adalah guru yang sangat berharga. 

Setelah mengalami drama pada anak kedua, saya bertekad untuk lebih baik lagi dalam mempersiapkan kehamilan dan proses menyusui kelak pada anak ketiga (ya, kalau diperkenankan kami ingin punya anak 3 atau 4 nanti).

Sebenarnya secara proses menyusui saya tidak punya kendala pada bentuk nipple atau ASI seret. Justru dua kali menyusui dua kali juga saya mengalami masitis (bengkak payudara) karena produksi terlalu banyak. Hingga berujung pada pasang infus karena demam dan dehidrasi. 

Saat itu yang menjadi supporter saya satu-satunya adalah suami. Karena kami perantauan, tidak ada keluarga dekat di sini, jadi saya hanya punya beliau yang membantu segalanya, mulai dari merawat saya saat masitis sampai mengambil alih tugas domestik. I love u full Pak Bojo.

Sungguh ya, punya dua anak, dua pengalaman yang berbeda juga. Saya tidak ingin sama sekali membanding-bandingkan anak saya, tapi memang kehamilan yang dipersiapkan dan yang tidak dipersiapkan hasilnya berbeda. Karena perasaan bersalah ini lah sekarang saya perbanyak cium dan peluk anak kedua sebagai permintaan maaf saya.

Jadi, di sini saya ingin berbagi tips agar lancar menyusui berdasarkan pengalaman 2x menyusui anak. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang hamil atau promil ya.

Berikut tips-tips nya;

1. Selama masa kehamilan, bersihkan nipple secara berkala agar saat proses menyusui tiba tidak ada penyumbatan.

2. Pada pekan terakhir kehamilan, ibu bisa melakukan pijat oksitosin untuk mempersiapkan kelancaran ASI sejak dini.

3. Ibu yang baru saja melahirkan perlu berbagi tugas domestik dengan suami atau kalau mampu mempekerjakan ART untuk mengurangi kelelahan paska melahirkan dan memberi waktu agar bisa me time untuk memberi energi baru untuk jiwa dan fisik. Karena lelah lahir dan bathin bisa sebabkan ASI berkurang drastis.

4. Jika ibu termasuk pemilik ASI deras (bagaimanapun kondisinya) ada baiknya mempersiapkan alat pumping untuk mengurangi quantitas ASI saat bayi tidak menyusu. ASI yang terlalu deras bisa sebabkan masitis. Jangan sampai kena ya, Ma, karena sangat sangat tidak nyaman. Saya dua kali mengalaminya sampai diinfus karena dehidrasi hebat. Payudara juga rasanya bengkak dan sangat sakit.

5. Ibu harus jaga pola makan, jika ingin nyemil tetap usahakan asupan protein, vitamin dan mineral di makanan utama lebih dominan. Ingat ya, hamil-melahirkan-menyusui itu adalah rangkaian proses kehidupan yang sangat luar biasa. Ada banyak sel-sel hidup baru yang muncul yang memerlukan energi banyak.

6. Menambah asupan nutrisi agar bisa memastikan ASI yang dikeluarkan benar-benar padat gizi untuk buah hatinya tersayang dan membantu ibu agar tetap bugar.


Poin terakhir adalah yang sangat jarang dilakukan oleh para ibu menyusui. Kebanyakan kita berpikir asupan nutrisi tambahan hanya penting dikonsumsi saat hamil saja. 

Padahal saat menyusui tidak kalah pentingnya. Seperti yang saya tulis di atas bahwa tubuh akan selalu berusaha memproduksi ASI dengan kualitas terbaik versi tubuh ibu. Jika asupan nutrisi dari luar tubuh ibu kurang, maka terpaksa tubuh ibu akan menyedot kalsium dari tulang dan gigi ibu untuk tetap bisa membuat ASI yang berkualitas.

Ada sebuah artikel kesehatan yang pernah saya baca yang judulnya kurang lebih begini “Ibu ASI Berpotensi Osteoporis?“. 

Menarik sekali karena saya mendapat wawasan baru di sana. Di artikel itu sang dokter menulis bahwa 3-7% massa tulang ibu akan tersedot untuk memenuhi kalsium di dalam ASI yang sangat diperlukan untuk tahap perkembangan tulang dan gigi bayi yang sedang pesat-pesatnya.

Kalsium juga diperlukan sebagai pembentuk imun tubuh bayi yang masih rentan. Besarnya jumlah kalsium yang disedot tergantung volume ASI yang dikeluarkan. Semakin banyak ASI nya semakin banyak pula massa tulang ibu yang berkurang.

Namun, studi lain mengatakan bahwa massa tulang ibu menyusui bisa pulih kembali dengan konsumsi kalsium yang cukup saat menyusui. 

***

3-7% massa tulang ibu akan tersedot untuk memenuhi kalsium di dalam ASI yang sangat diperlukan untuk tahap perkembangan tulang dan gigi bayi yang sedang pesat-pesatnya. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak volume ASI yang dikeluarkan, semakin rentan ibu mengalami defisit kalsium.

(https://www.klikdokter.com/menyusui-bikin-ibu-rentan-osteoporosis)

Lalu, suplemen apa yang bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi pada ibu hamil dan menyusui?

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, Rekomendasi Suplemen Terlengkap

Nama produknya memang sepanjang itu ya, karena manfaatnya juga panjang, yaitu selama 2 periode; kehamilan dan menyusui. Apalagi pada masa 1000 hari pertama kehidupan -yang dimulai pada bulan pertama kehamilan sampai 2 tahun masa menyusui-, sangat penting untuk memperhatikan asupan gizi sang ibu.

Jadi, menyusui juga perlu minum vitamin-vitamin seperti ketika hamil?

Ya, benar sekali. Mengonsumsi tambahan nutrisi selama hamil tidak saja bermanfaat buat bayi tapi juga ibu.

Asi bernutrisi untuk ibu dan anak istimewa

Ini adalah bayi-bayi penyedot kalsium saya, hehe. Keduanya saat bayi sangat kuat menyusu. Sayangnya saat itu saya belum sampai pemahaman tentang nutrisi saat mengASIhi.

 Alhasil saya sudah merasakan akibat dari kurangnya self awareness saya soal ini. Ya, seperti yang sudah saya katakan bahwa saya mengalami radang sendi, badan cepat lelah sampai gigi keropos paska menyusui :(.

Maka, saya menghimbau sekali untuk para calon mama atau yang sekarang sudah melahirkan dan sedang menyusui anak untuk tetap melanjutkan mengonsumsi suplemen tambahan saat hamil kemarin. Jangan sepelekan kegiatan menyusui. 

Jika teman-teman kebingungan produk apa yang bisa membantu, maka saya rekomendasikan sebuah produk dari Kalbe Blackmores Nutrition, yaitu Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold.

 

Informasi Produk

ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi istimewa

Nama produk: Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

Sediaan: Kapsul gel isi 60, 120, dan 180

No BPOM: SI 174 307 791

Aturan minum: 2 kapsul/hari

Petunjuk penyimpanan: Simpan di bawah suhu 30°C, di tempat sejuk dan terhindar dari matahari

Botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini terbuat dari kaca gelap dan tutup flip top. 

Kemasannya disertai informasi komposisi per kapsul, petunjuk penggunaan dam penyimpanan. Bagian depan terdapat logo Kalbe, jumlah kapsul dan no registrasi BPOM.

Komposisi

Blackmores mengandung tambahan zat gizi selama proses kehamilan hingga menyusui karena Kalbe sangat mendukung ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa.

Apa saja tambahan zat gizi itu?

Ada setidaknya 17 nutrisi esensial dalam tiap kapsulnya, yang terdiri dari asam folat, zat besi, berbagai vitamin, mineral dan tak lupa minyak ikan yang bagus untuk kesehatan otak dan kulit.

Benar-benar suplemen dengan kandungan lengkap.

Berikut komposisinya secara detil yang diambil dari website Blackmores Indonesia;

ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi istimewa
17 nutrisi essensial dalam 1 kapsul

Apa pentingnya 17 nutrisi itu?

Apa saja fungsinya 17 nutrisi itu? Apa tidak terlalu banyak? Tidak, sama sekali tidak terlalu banyak. Nutrisi tersebut sudah diformulasi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan untuk ibu dan bayi.

1. Asam folat berfungsi dalam proses pembentukan tabung syaraf calon bayi pada trisemester 1. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan cacat pada bayi.

2. Asam folat beserta zat besi membantu menjaga ibu dari resiko anemia. Di Indonesia 4-5 dari 10 ibu hamil mengalami anemia.

ASI bernutrisi untuk Ibu dan Anak yang Istimewa

3. Kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu

4. Fish oil yang mengandung DHA dan EPA berfungsi untuk menunjang pertumbuhan otak dan mata buah hati. Selain itu juga bisa mengubah vitamin, mineral, dan lemak menjadi lebih baik kadarnya.

5. Vitamin C dan E berguna untuk menambah kekebalan tubuh ibu, menjaga imunitas selama hamil dan menyusui.

6. Vitamin B kompleks berguna untuk mencegah ibu cepat lelah, menambah energi dan daya tahan

7. Macam-macam mineral yang bermanfaat memperlancar metabolisme tubuh, seperti; Iodium untuk pertumbuhan, zinc untuk sistem imun dan antioksidan, magnesium sebagai zat pembentuk sel darah merah

8. Dunaliella salina adalah sejenis alga yang mempunyai pigmen Lutein. Studi menunjukkan pigmen ini berfungsi sebagai antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas. 

ASI BERNUTRISI UNTUK IBU DAN ANAK YANG ISTIMEWA
Logo Blackmores Nature Science

Bagaimana? Lengkap kan? Dengan mengonsumsi 2x sehari ditambah pola makan sehat yang dilakukan ibu, akan bantu penuhi nutrisi ibu sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk buah hati.

Jika ikhtiar sudah dilakukan seoptimal mungkin, para ibu tidak ada lagi yang rentan defisit nutrisi, osteoporosis dini yang bisa saja berujung pada depresi paska lahir. 

Ya, pengoptimalan tambahan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui ini imbasnya sangat panjang dan luas. Tidak hanya dari segi fisik tapi juga psikis ibu, tidak hanya bagi ibu tapi juga masa depan anak.

Ohya, ternyata Blackmores PBFG tidak hanya mampu menutrisi tapi juga memperlancar ASI loh. Saya mengetahui ini dari seorang terapis anak saya, Hanzo. Beliau adalah terapis yang baru 2x bertemu karena terputus pandemi, tapi tetap memantau perkembangan Hanzo dari status-status WhatsApp saya.

Termasuk ketika saya memajang foto Blackmores PBFG di status WA ketika baru saja diantar pak kurir.

Ternyata Blackmores PBFG bisa jadi ASI boosterl

Halal kah?

Mungkin ini pertanyaan yang sensitif untuk diajukan. Tapi sebagai muslim rasanya berhak untuk mengetahui apakah yang dikonsumsi ini adalah sesuatu yang halal atau tidak.

Blackmores sebenarnya adalah produksi asli dari Australia. Di negaranya, Blackmores adalah nama brand ternama sejak 1932. Sehingga tidak heran di Indonesia banyak yang menjual Blackmores versi Australia, namun tidak semua didatangkan melalui perusahaan yang jelas.

Namun, jangan khawatir bagi yang muslim, Blackmores yang diimpor oleh Kalbe sudah dipastikan halal. Setidaknya dari pernyataan pihak Kalbe Blackmores dan Blackmores Australia. Semoga sertifikat halal MUI nya segera keluar ya.

ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi istimewa
Pernyataan dari pihak Kalbe Blackmores
ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi istimewa
Pernyataan dari pihak Blackmores Australia (Kalbe symbol on the table, it is halal approved)

Zoom ya kalau tidak terbaca karena kekecilan.

FYI, di Australia sendiri, sudah ada 18 produknya yang sudah halal certified oleh instansi resmi di sana per April 2019. Sedangkan yang dibuat dengan logo Kalbe Indonesia sudah halal approved.

Alhamdulillah, sekarang bisa tenang ya, Ma.

Nah, berikut ciri-ciri Blackmores Kalbe Indonesia. Diperhatikan baik-baik ya biar tidak salah beli.

ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi istimewa
Ciri Blackmores Kalbe Resmi (Sumber: Kalcare.com)

12.000 Botol Blackmores PBFG Gratis untuk Klinik Bumi Sehat

Tahukah kalian setiap tanggal 1-7 Agustus diperingati sebagai pekan menyusui sedunia (World Breast-Feeding Week)?

Peringatan tersebut berlangsung setiap tahun untuk selalu memberi reminder kepada semua orang untuk mendukung para ibu memberi ASI kepada anaknya.

Tidak ketinggalan pula Kalbe Blackmores Nutrition yang sedari awal berkomitmen untuk mendukung segala usaha pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui. 

Komitmen tersebut semakin kuat dengan kerjasama Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation sejak 2017 telah membagi gratis sebanyak 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui di klinik Bumi Sehat yang ada di 3 kota; Aceh, Denpasar, Papua.

Yayasan Bumi Sehat adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada penyediaan akses layanan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran secara layak. Ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu sering mendapat bantuan dari mereka.

Asi bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa
Logo Blackmores Kalbe
ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi istimewa
Logo Yayasan Bumi Sehat

Wah, bayangkan ya… 12.000 botol berarti Kalbe dan Yayasan Bumi Sehat sudah membantu 12.000 generasi baru mendapatkan ASI berkualitas dan 12.000 ibu agar tetap sehat.

Berikut adalah cuplikan video dari Instagram @blackmoresid yang bekerjasama dengan Yayasan Bumi Sehat.

ASI bernutrisi untuk Ibu dan Anak yang Istimewa

Dapatkan di Official Store

Produk Blackmores mudah sekali dicari. Saya paling sering membeli di marketplace official store untuk memastikan keaslian produknya. Ingat ya, yang ada logo Kalbe nya, agar dapat produk yang aman dan jelas. 

Kalian bisa beli di Tokopedia, Lazada, Blibli maupun Shopee yang bertanda official store.

ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi istimewa
Blackmores Official Store

Dari uraian yang sudah saya jelaskan berdasarkan pengalaman sampai insight tentang betapa pentingnya asupan nutrisi di masa kehamilan dan menyusui, saya sangat merekomendasikan produk Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold kepada para ibu hamil dan menyusui demi ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa.  

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk Blackmores Kalbe, bisa langsung klik websitenya di bawah.

Karena ASI yang bernutrisi tidak hanya bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, tapi juga bagus menjaga kesehatan ibu.

Referensi:

1. Instagram @blackmoresID

2. https://www.blackmores.co.id/mom-and-baby

3. https://www.klikdokter.com/info-sehat/ibu-anemia-rentan-melahirkan-anak-stunting

4. https://www.halodoc.com/artikel/10-jenis-mineral-dan-manfaatnya-bagi-tubuh

5. https://www.klikdokter.com/menyusui-bikin-ibu-rentan-osteoporosis

*Infografis pribadi


Latifika Sumanti

Mom of two, long life learner. Part time blogger, full time mother. Beauty, health, and parenting enthusiast

11 Komentar

Jiah Al Jafara · September 17, 2020 pada 10:06 am

Mbakku ini lagi hamil dan Alhamdulillah rajin minum vitamin dari bidan meski ya mual-mual masih ada lah. Sebisa mungkin aku bantu kaya nemenin anaknya yang satu. Aku memang belum ya, tapi belajar banget soal nutrisi selama kehamilan dan menyusui

Ruli retno · September 17, 2020 pada 1:54 pm

Senengnya hamil dan menyusui jaman sekarang tuh lengkap asupannya, pilihan banyak termasuk blackmores ini. Kayanya kalo sekarang aku bisa ngejar dengan asupan kalsium dari suplemen juga ya

Lidya · September 17, 2020 pada 4:29 pm

sejak ketauan hamil aku juga dapet suplemen dari dokter kandungan waktu itu, sempet mikir memang dari makanan aja gak cukup ya, akhirnya aku ikutin aja deh.
Alhamdulillah kalau terus ada perkembangan ya mbak, aku doakan yang terbaik semuanya. Selama hamil & menyusui penting banget tambahan suplemen ternyata

Nchie Hanie · September 18, 2020 pada 8:01 am

Dulu waktu hamil belom ada yang beginian, jaman now makn dipermudah aja mendapatkan nutrisi Bumil dan Busui agar menghasilkan ASI yang berkualitas buat bayiknya.
Ahh, selamant MengaASIhi

Nanik Nara · September 18, 2020 pada 8:18 am

Senengnya jadi bumil sekarang itu, banyak nutrisi yang dikembangkan khusus buat ibu hamil, seperti Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding ini. Bahkan juga suplemen dari hamil sampai menyusui.

Semoga terkabul ya Mak, punya anak sampai 4 dan pengalaman kehamilan anak kedua ini bisa menjadi pelajaran juga bagi ibu/calon ibu yang membacanya

Tuty Queen · September 18, 2020 pada 9:01 am

Blackmores memang sahabat ibu menyusui banget nih , adikku juga saat ini sedang mengonsumsi Blackmores buat tambahan nutrisi ASI dan lancar ASI

Nathalia DP · September 19, 2020 pada 6:11 am

Saya juga pas hamil kedua lebih santai dalam asupan nutrisi dari pas hamil pertama, ternyata memang kelihatan ya ada pengaruhnya

Sapti nurul hidayati · September 19, 2020 pada 8:30 am

Memang yang menjadi tantangan ibu hamil itu masalah selera makan ya. Kadang nafsu makan berkurang dan menjadi tidak selera makan. Belum lagi rasa mual yang dirasakan. Untung saat ini banyak pilihan suplemen yang bisa,membantu.

Suciarti Wahyuningtyas · September 19, 2020 pada 10:26 am

Kalau aku dulu hamilnya gak ngerasain rasa mual atau ngidam sama sekali, kalau kata orang hamil kebo. Karena dulu aku kerja kantoran dan dokter juga menyarankan untuk menambahkan vitamin untuk harian.

Widyanti Yuliandari · September 19, 2020 pada 11:41 am

Penting banget aware soal nutrisi bahkan buat yang bukan bumil sekalipun. Aku termasuk yang cerewet ngingetin kalau ada bumil yang males2an makan bergizi. Haha… bukan apa2, kasihan keduanya. Baik janin maupun ibunya. Blackmores ini aku denger bagus banget ya. Bukan bumil pun jadi pen nyoba nihhhh. Wkwkwk

Dedew · September 19, 2020 pada 1:44 pm

Alhamdulillah ya ada suplemen booster asi jadi ibu lebih tenang dan pede saat menyusui..pokoknya busui kudu happy selalu biar makin lancar ASI-nya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *