Review True To Skin Mugwort Cica Essence Toner – Bismillah …..

Alohaaa….. Yess, kali ini kita bakalan bahas toner hydrating pertama milik saya setelah berhasil move-on dari toner Gokujyun sejuta umat punyanya Hada Labo yang udah dipakai 2 tahun lebih. Iya, iya… toner Hada Labo yang sempat langka awal tahun tadi gara-gara diincar banyak orang setelah review ratjoen di Tiktok beredar, wkwkwkw. 

Baca juga: Review Toner Hada Labo untuk Kulit Berminyak

 

Loh, kenapa jadi pindah? Apakah karena gak cocok lagi?

Sebenarnya gak juga kalo dibilang gak cocok. Cuman semakin ke sini saya merasa perlu lebih dari sekedar Hyaluronic Acid. Apa ya? Kayaknya muka yang langganan rednes dan acne prone jodohnya sama Cica a.k.a Centella Asiatica, ceunah.

Soalnya awal Maret tadi kali akutu pertama pakai produk ber-Cica, hasilnya “uwow”, redness berkurang signifikan. Agak terkejoed Boend, karena itu kan cuma facial foam yang dibilas, I mean dia gak meresap ke kulit. Gimana kalo tambahin regimen ber-Cica?

Baca juga: Review Halwey Facial Foam

Akhirnya dari sekian brand yang bikin saya ‘cap cip cup’, alias gambling tiba-tiba aja True To Skin launching toner barunya ini di tanggal 5 bulan September tadi yang isinya, ofkors Cica!!!!!!!!!!!

Aku be like: “Koq bisa pas ya? Apakah ini takdir?”

(Krik..krik..krik..krik..krik)

Dan sekarang sudah 1 bulan saya memakainya. How about the review? Here is for you, Babe 🙂

 Product Knowledge

mugwort cica toner true to skin

Nama Produk: True To Skin Mugwort Cica Essence Toner
Netto: 100 ml
Harga: 105.000
Sediaan: Toner 
No BPOM: NA 18211203189
PAO: 12 bulan
Didistribusikan dan dipasarkan oleh: PT. Trinity Tunggal Abadi

Packaging

Toner dengan ukuran 100 ml ini dikemas dalam botol hijau tanpa dus. Botolnya didesain mungil tinggi dan ramping. Tutupnya model ulir, walaupun kesannya kurang praktis karena perlu dua tangan untuk membuka, tapi jadi lebih aman dibawa saat traveling, karena gak ada ceritanya toner tumpah karena gak sengaja kebuka tutupnya.

Karena tidak pakai dus jadi semua informasi tentang toner ini terangkum semua di botolnya. Tulisannya berwarna putih tebal dan terbaca cukup baik karena tidak mudah hilang. Informasi soal volume, ingredients and the hero, cara pakai, produsen, distributor, No BPOM dan barcode-nya, expired date dan PAO-nya ada semua. Lengkap.

Eh, gak ada logo halal MUI?

Tenang, ini halal koq. Walaupun masih self-claim, tapi katanya mereka sedang dalam proses (menurut info dari mereka, sudah MUI approved tapi belum pasang logo. Wallahu a’lam). 

Texture, Scent, Color

Jujurly, tekstur dari toner ini di luar ekspektasi saya yang dikira bakal cair secair air seperti toner Avoskin yang pernah saya pakai, ternyata gak donk. Ini teksturnya cair agak kental dan ada sensasi licin-licinnya. Udah kayak lidah buaya ditambah air. Tapi, rasa licinnya itu gak ganggu sama sekali karena gak lengket.

review mugwort cica toner true to skin

Tekstur cair agak kental dan licin

Scent alias aromanya ada tercium samar. Mirip dengan serum bakuchiol True To Skin, tapi masih lebih strong aroma serumnya. Karena mereka udah klaim non fragrance, jadi ya aman aja sih buat saya si sensitive skin, aroma itu sangat mungkin berasal dari ingredients-nya. Apa aja sih ingredients-nya? 

Ingredients

Aqua, Methylpropanediol, Butylene Glycol,Propylene Glycol, Panthenol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Centella Asiatica Extract, Polygonum Cuspidatum Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Artemisia Capillaris Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Glycerin, 1,2-Hexanediol, Opuntia Ficus-Indica ExtractSodium Hyaluronate, Tetrapeptide-44, Pentylene Glycol,Caprylyl, Glycol, Ethylhexylglycerin, Phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, Dipotassium Glycyrrhizate, Disodium EDTA, Sodium Nitrate,Glyoxal

*Yang dibold hitam itu ingredient yang bagus buat kulit, mulai dari penjaga kelembaban, anti-inflammatory, anti-bacterial, anti-oxidant.

*Yang bold hijau adalah hero ingredients yang digadang-gadang oleh toner ini.

review mugwort cica toner true to skin

Review Mugwort Cica Toner True To Skin

1. Centella Asiatica

Centella Asiatica alias pegagan ini ternyata tanaman yang sudah lama dikenal bagus untuk kesehatan ini ternyata juga bagus untuk kecantikan. Cica ini bertindak sebagai anti-inflammatory dan bisa menyembuhkan luka kecil, luka bakar dan meredakan eksim. Salah satu senyawa yang dihasilkan dari tanaman ini adalah madecassoside yang udah famous di kalangan skincare Korea. Saya pertama mulai penasaran ingredients ini sejak mencoba sheet mask Innisfree yang soothing pollll di wajah.

Cica = Centela Asiatica = Pegagan

2. Korean Mugwort

Mugwort ternyata punya nama ilmiah yang berbeda-beda berdasarkan asalnya. Mugwort ini punya nama genus Artemisia, Mugwort umum namanya Artemisia Vulgaris. Nah, Walau disebut di awal sebagai hero ingredient dari toner ini, tapi Mugwort nyatanya ada di list tengah dengan nama Artemisia Capillaris Extract alias Korean Mugwort.

Mugwort ini sendiri sebenarnya sudah jadi trend skincare di Korea sejak 2018-2019 menggantikan trend lendir siput yang juga sempat booming sebelumnya. Agak telat kita yah, hehe.. tapi kan nge-develope produk skincare memang butuh waktu, uji klinis, pengajuan BPOM, mikirin konsep kemasan dll.

Menurut ahli dermatologis, Mugwort berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-oksidan sekaligus, sehingga direkomendasikan bagi pemilik kulit sensitif yang mudah beruntusan, redness, dan acne prone, karena dia diklaim bisa untuk skin soothing dan calming.

mugwort

Mugwort

3. Cactus Extract

Dengan nama ilmiah Opuntia Ficus-Indica, Kaktus ternyata juga punya benefit untuk kesehatan kulit. Dengan tekstur daging buah yang mirip lidah buaya, ternyata kaktus juga punya kekuatan wound healing alias menyembuhkan kulit yang luka. Berdasarkan jurnal ini juga, diketahui manfaat kaktus lainnya adalah sebagai anti bakteri dan anti fungal, sehingga mempercepat penyembuhan luka. 

Kaktus

                                                                                                                                                              

Claim

Mugwort Cica Toner merupakan hydrating toner yang berfungsi untuk memberikan kelembabapn pada kulit sehingga terlihat lebih kenyal dan sehat. Cocok untuk semua jenis kulit

How to Use

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner dengan kapas atau tangan, lalu usapkan keseluruhan bagian wajah hingga terserap dengan baik. Gunakan dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Result

Yeay, saatnya masuk ke result setelah pembahasan 800 kata di atas (yang mudahan gak ngalor-ngidul). Thank you yah sudah sabar mau baca secara runut. Atau ada yang langsung jump ke bagian sini? Huehehe, ga apa-apa koq, tapi percayalah, nulis pembahasan di atas lebih rumit daripada nulis pengalaman sendiri karena saya harus cek sana-sini sebelum berani menuliskan. Ciah 😀

Baiq, mari simak hasil pemakaian saya selama satu bulan lebih ini.

1. Absorb easily

Ketika menuang cairan toner ini pertama kali, saya kaget dengan teksturnya yang licin-licin kental, honestly ini bukan tekstur toner yang saya inginkan. Tapi kemudian, saya lebih kaget lagi ketika toner licin-licin kental itu meresap dengan mudahnya di kulit saya bahkan tanpa rasa lengket yang aneh.

Ternyata saya baru ngeh dengan namanya, gak cuman toner tapi ada embel-embel “essence”-nya. Kalo menurut saya malah lebih ke essence daripada toner. Mirip lah dengan essence yang ada di sheet mask. Tapi enaknya, karena  teksturnya kental (untuk ukuran toner) jadi pemakaian bisa terkontrol daripada toner yang secair air (baca: gak mleber-mleber).

2. Soothing and calming

Udah pasti lah ya ini, semua ingredients-inti nya, baik yang hero atau co-hero, chemical-based atau plant-based nya rata-rata emang bagus buat soothing and calming. Jadi kalo ada jerawat cepat meredanya karena di dalamnya ada anti-inflamasi, anti-fungal, dan anti-oksidan.

Tapi jujurly, sebenarnya saya belum ada jerawat dalam satu bulan ini, wkwk. Eh ada ding, bukan jerawat besar sih, tapi beruntusan pas lagi nge-drop pekan lalu karena radang tenggorokan, itupun karena lagi males banget nyentuh skincare sama sekali (bahkan sunscreen pun gak, boro-boro). 

Jadilah ya muka ini dehidrasi dan kering (rentan breakout). Tapi, Alhamdulillah, setelah agak baikan, balik lagi skincare-an, bruntus pun hempas. *ketchup botol skincare satu-satu

Whether your skin is dry and irritated, needs a brightening boost, or help healing breakouts and redness, mugwort might be the magical ingredient to solving your skin woes.
(Devon Albeman, dematology)

3. Hydrating

Meskipun di atas gak terlalu saya bahas soal Hyaluronic Acid (HA) tapi nyatanya di list ingredients HA muncul dalam bentuk Sodium Hyaluronate, yang kemudian diklaim True To Skin dengan nama Lippo HA. Saya gak tahu banyak soal ini, tapi mereka juga punya serum Hydrating dengan mini Hyaluronic Acid yang diklaim mampu melakukan penetrasi ke dalam kulit lebih baik daripada Hyaluronic Acid generasi terdahulu. 

Namun, ada beberapa testimoni yang saya baca katanya bagi mereka toner ini kurang daya hidrasinya, tapi lebih ke calming. Tapi buat saya toner ini sudah sangat cukup menghidrasi dan membuat kulit “kenyang” air.

Baca juga:

Review Serum Hyaluronic Acid True To Skin

Review Toner Vitamin C Avoskin

Pros and Cons

Pros

+ BPOM dan moslem friendly
+ Lokal punya!
+ Mudah menyerap, tidak lengket
+ Meredakan kemerahan dan acne
+ Kemampuan hidrasi yang baik
+ Non fragrance, non alcohol, non coloring
Tahan dipakai 2 bulan
+ Kemasan minimalis dan travel friendly
Harga terjangkau untuk ukuran 100 ml dan kualitas sebagus ini

Cons

– Nope atau…..saya belum ketemu. Hehehe

 

Note:
Toner ini seringnya saya pakai malam hari buat p.m routine skincare, karena siang saya pakai toner vitamin C untuk nge-boost kerja sunscreen (membantu menangkal radikal bebas sinar UV), jadilah si toner ini sampai hari ini masih sisa setengahnya.

Final Verdict

Yuhuuu, 4.75 of 5 deh ya buat si toner ciamik ini. Belum bisa kasih 5 karena belum tau ke depannya masih seenak ini apa gak di kulitku.

Kalian sudah nyoba si anak baru ini???


Latifika Sumanti

Mom of two, long life learner. Part time blogger, full time mother. Beauty, health, and parenting enthusiast

6 Komentar

Farida Pane · Oktober 15, 2021 pada 6:05 pm

Iya, sih. Memang biasanya kalau kulit sensitif pakai yang ada cica dan centella, ya

    Latifika Sumanti · Oktober 16, 2021 pada 9:23 am

    cica dan centella sama Mba, hehe

Rach Alida · Oktober 16, 2021 pada 6:36 pm

Centella Astiatika ini emang lagi ngetren ya mba. Dan udah terbukti terkandung bahan yang bagus untuk kecantikan.. Aku belum pernah nyoba dan penasaran mau coba

aliyatus sa'diyah · Oktober 17, 2021 pada 7:52 am

wah ada cica, mugwort sama kaktus yang emang bagus banget ya buat kulit wah jadi wishlist nih produknya

E T · Oktober 17, 2021 pada 8:54 am

Tonernya true to skin ini secara tekstur kusuka banget! Cair ke kental & licin gitu jd glides on smoothly di wajah

lendyagassi · Oktober 18, 2021 pada 8:42 am

Mantap banget ratenya dikasih 4.75 dari 5.
Keren banget pasti yaa…True To Skin Mugwort Cica Essence Toner.
Toner tuh buat kulit calmy gitu yaa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *