Dalam tahapan skincare dasar, toner adalah barang wajib yang ga boleh dilewatkan. Apa fungsinya? Kapan dipakainya? Ini adalah artikel pertamaku yang sudah kupakai hampir 2 tahun. So, have a nice reading.

Perkenalanku dengan Hada Labo dimulai sekitar 2 tahunan yang lalu. Saat mulai paham dengan skincare 3 tahun lalu aku memang belum dapat toner yang cocok. Jadi, bisa dibilang Hada Labo ini cinta pertama (dan mungkin terakhir).

Sebenarnya aku sudah ngeh kalo ada brand ini sejak dulu kala. Tapi, karena memang merk luar jadi aku sempat males ngelirik.

Qodarullah, sudah beberapa toner lokal yang dipakai ternyata hasilnya ga ad ayang cocok di kulitku karena rata-rata alkoholnya ga cocok dan ada beberapa juga yang pakai fragrance.

Akhirnya, mau ga mau deh aku coba toner merk negeri sakura ini. Merasa takut awalnya karena ga berlabel halal MUI, ndilalah sekarang malah cucok bangettt.

No Alcohol, No Fragrance, itu adalah KOENTJI untuk menaklukan kulit yang super duper sensitif ini.

*Update 15 Juli 2020, ternyata setelah diberi tau seorang pengunjung blog, di Instagram Hada Labo sudah mengumumkan bahwa mereka sudah mengantongi sertifikat halal MUI, namun belum disertakan di kemasan

Apa itu toner?

Toner adalah cairan yang dipakai untuk memberi kesegaran pada wajah. Toner biasanya warnanya bening dan sebagian ada yang agak keruh, sehingga kadang membuat pemula skincare meremehkannya. 

Avaan nih kek air cucian beras??  

Weeww, belum tau aja dia seberapa urgennya toner buat kulit.

Berdasarkan kegunaanya toner dibagi menjadi 2 jenis, yaitu; toner hidrasi dan toner exfoliasi. Dan di sini aku hanya membahas toner hidrasi. 

Urutan pemakaiannya adalah:

Double cleansing >> toner hidrasi >> krim pelembab >> proteksi 

*(kalau siang pakai sunscreen, kalau malam pakai sleeping mask, atau sampai krim pelembab saja sudah cukup).

Fungsi Toner Hidrasi

1. Mengembalikan pH alami wajah sesudah proses cuci muka dengan sabun (ketika terkena sabun, pH menjadi lebih basa).

2. Memberikan hidrasi pada sel kulit wajah, karena saat proses cucimuka kulit akan rawan kering karena sebum alias minyak alami wajah ikut terkikis saat pencucian. Oleh karena itu, cuci muka sering-sering dengan sabun tidak dianjurkan ya.

3. Menyiapkan kulit untuk penyerapan skincare berikutnya, karena kondisi kulit yang lembab akan mudah menyerap dibanding kulit yang kering.

Sumber: https://sharingandchatting.wordpress.com/

Ada yang sudah perhatikan gambarnya?

Sebenarnya itu adalah pelajaran SMP-SMA tapi masih related dengan pembahasan kali ini. Ilustrasi tersebut mungkin bisa kita pakai untuk menggambarkan urgensitas penggunaan toner. 

Pelajaran biologi sekolah masih kepake even bahasannya skincare loh. 

Jadi ya, Teman-teman…. dari gambar di atas kondisi sel dehidrasi (kurang air) ada di sebelah kanan dan yang terhidrasi (cukup air) dengan baik sebelah kiri. Sel kulit wajah yang sekian lama dehidrasi akan menyebabkan wajah mudah kering dan keriput.

Jadi, seperti itulah kira-kira fungsi toner, menjamin ketersediaan hidrasi untuk kulit wajah.

Tapi kan, tapi kan……. kenapa mesti toner? Basahi muka pakai air aja kan bisa

Iya sih, pakai air biasa juga bisa. Tapi penguapan air juga perlu diperhatikan. Jangan sampai yang ke luar lebih banyak daripada yang masuk. Jadi, itu tidak ada salahnya kita “menabung” air lebih banyak.

Bagaimana caranya?

Pakai booster. Booster inilah yang dimiliki oleh toner hidrasi.

Beberapa toner mempunyai kompisisi bahan yang bisa mengikat air di udara lebih banyak, sehingga wajah tetap terhidrasi dengan baik. Bahan itu lazim dikenal dengan nama Hyaluronic Acid. 

Toner yang punya bahan tersebut salah satunya ialah, Hada Labo Lotion dengan varian yang akan direview kali ini.

Dehidrasi bagi kulit kering akan menyebabkan kulit akan semakin kering dan akan semakin mudah terjadi premature aging (penuaan dini). Sedangkan dehidrasi bagi kulit berminyak akan menyebabkan produksi minyak menjadi semakin berlebih. 

So, toner is a must

Review Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion

Informasi Produk

Review Hada Labo Gokujyun Lotion
Nama produk: Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion
Netto: 100 ml
Harga: 34.000
No BPOM: NA18180102938
Cocok untuk: Kulit berminyak
Diproduksi oleh: PT Rohto Laboratorium Indonesia (under licensed Rohto, Japan)

Kemasan

Toner ini dikemas dalam bentuk botol tebal berwarna putih dengan strip hijau untuk menandakan variannya. Jadi, Hada Labo toner ini punya beberapa jenis toner sesuai jenis kulit. Yang untuk kulit berminyak ditandai dengan strip hijau muda. 

Tutupnya flip top sehingga ga ribet buka tutup dengan dua tangan. Tanggal kadaluarsa dan No BPOM ada di bagian bawah botol. Kemasannya menggunakan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia. Ternyata Rohto ga cuman terkenal obat tetes mata aja ya, hehey.

Ohya, mungkin ada yang bingung kenapa aku selalu sebut ini toner sedangkan di kemasan ga ada tulisan toner, malah disebutnya lotion, which is kita tau tekstur lotion itu biasanya mendekati krim tapi agak cair, sedangkan toner teksturnya bener-bener kek air. 

Jadi, ini toner atau lotion sih? Jangan bingung, jawabannya ada di bawah koq.

Tekstur Hada Labo Gokujyun Lotion
Tutup fliptop memudahkan pemakaian, tapi hati-hati tumpah kalau dibawa traveling

Ternyata ketika aku menulis review ini, Hada Labo merilis kemasan terbaru mereka yang sudah mendapatkan label halal MUI. (lihat kemasan baru mereka di bawah)

Dan bertepatan aku nulis review ini ternyata di TikTok juga lagi viral si Gokujyun ini. Dan pas mau beli lagi di toko online, astaga kagetnya aku, harganya jauh banget dari yang sebelumnya cuma 34.000 – 36.000 sekarang rata-rata 48.000 bahkan ada yang jual 60.000 dengan volume yang sama. Ckckckck. Itu juga dengan kondisi yang langka.

Aku ga tau kenapa bisa naik drastis begini. Entah baru ganti “baju” atau lagi viral?

hada labo kemasan terbaru

Bahan-Bahan

Water, Dipropylene Glycol, Glycerin, Methylparaben, Disodium Succinate, Sodium Hyaluronate, PPG-20 Methyl Glucose Ether, Succinic Acid, Hydrolized Hyaluronic Acid, Sodium Acetylated Hyaluronate.

Klaim

1. Memiliki tekstur yang lebih ringan dan tidak lengket sehingga cocok untuk kulit berminyak

2. Tidak menggunakan tambahan zat pewangi, pewarna, dan alkohol

3. Sesuai dengan pH kulit, tingkat iritasi rendah

4. Berfungsi sebagai hydrating toner -melembutkan dan melembabkan kulit untuk penyerapan moisturizer / essence yang lebih baik

Review Hada Labo Gokujyun Lotion

Tekstur, Warna, dan Aroma

Walaupun nama di kemasannya adalah “LOTION”, namun sebenarnya ini adalah TONER. Perbedaan penamaan ini adalah karena Hada Labo produksi Jepang sedangkan kita mengadopsi penamaan skincare ala Korea. 

FYI, Di Jepang mereka punya step skincare sendiri yang mana ga seribet di Korea. Intinya, Jepang lebih simple dibanding Korea, kalau Korea bisa sampai 10 step, maka di Jepang 4-5 step sudah selesai. 

Maka, ga heran tagline si Hada Labo ini adalah “Perfect X Simple”. 

Jadi, sekarang jelas ya…. walaupun namanya lotion tapi jangan membayangkan tektsturnya beneran kek hand-body lotion kalian. Ini bener-bener kek air, bening. Adapun toner Hada Labo yang Shirojyun itu agak keruh.

Tekstur Hada Labo Gokujyun Lotion

Namun, meskipun seperti air tetap terasa perbedaanya.. Toner ini ada sensasi licin-licinnya sedikit dan kerasa banget ga cepat menguap seperti air biasa.

Warnanya benar-benar bening. Beda dengan Hada Labo lotion varian Shirojyun, agak sedikit keruh.

Aromanya sama sekali tidak ada. Secara komposisi juga bisa dilihat NO FRAGRANCE AT ALL. Dan ini yang paling bikin ku bahagiaaaaaaaa, karena kulit wajahku sama sekali tydac mentolerir adanya parfum di skincare.

Cara Pakai

Setelah cuci wajah dengan sabun, tuangkan Hada Labo lotion pada telapak tangan secukupnya. Kemudian usapkan secara merata di seluruh wajah. Tepuk-tepuk kulit wajah dengan lembut. Biarkan hingga meresap. Setelah itu bisa lanjut ke step skincare berikutnya.

Hasil Pemakaian

Let me to tell you  kalau di usia 30 sekarang kulitku masih berminyak dan acne prone sama seperti masih remaja dahulu kala. Namun, karena  selama ini aku mengabaikan perawatan wajah jadi kulit berminyak ini semakin cerewet.

Ga cukup acne prone, sekarang masalah kulitku ketambahan menjadi: easy sensitive, easy dehidration. Sensitif terhadap parfum yang ada di skincare dan bahan kimia lainnya seperti silikon. Mudah dehidrasi karena mungkin produksi kolagen dan glutathion di tubuhku sudah mulai berkurang seiring dengan pertambahan usia.

Kondisi seperti itu membuat skincare yang aku gunakan banyak yang ga cocok daripada yang cocok. Jadi, kalau aku bilang produk ini sudah aku pakai selama 2 tahun belakangan berarti kulitku menerima baik semua kandungan di dalamnya.

Hada Labo seri Gokujyun ini adalah varian yang khusus untuk memberikan kelembaban ekstra. Serius sekali mereka sampai memberikan 3 jenis Hyaluronic Acid (HA) pada varian ini. Sedangkan pada varian Shirojyun (Hada Labo kemasan biru), HA nya hanya ada 1 jenis, karena Shirojyun fokus untuk mencerahkan.

Jadi, ga heran mengapa aku merasa benar-benar terlembabkan setelah memakainya. Apalagi jika dipakai pada siang hari sebelum sunscreen, efeknya jadi terlihat sehat, kenyal, dan glowing. Uwuwuwww.

Sekilas Tentang Hyaluronic Acid (HA)

Mengutip dari website hellosehat , HA mempunyai manfaat yang vital untuk kesehatan wajah. 

1. HA mampu mengikat air 1000x di udara untuk menjaga kelembaban wajah, membuat tekstur kulit tampak lebih kenyal dan bercahaya.

2. HA mampu mencegah penyumbatan minyak yang sebabkan jerawat

3. HA bisa mengurangi kerutan di wajah karena berkurangnya kolagen. Hasil uji klinis 2014 yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa produk dengan kandungan HA mampu mengurangi munculnya kerutan di sekitar mata dan mengencangkan kulit kendur setelah 30 hari pemakaian rutin.

4. HA dapat memperbaiki kulit yang terbakar matahari. Dengan kemampuannya mengikat air 1000x lebih baik akan memperbaiki tekstur kulit secara perlahan.

Namun, jangan lupa untuk selalu memastikan hidrasi dari dalam tubuh kita sendiri. Jangan lupa minum air putih setidaknya 2L sehari atau 3L bagi yang menjalani pola makan sangat rendah karbo dan gula.  

Semoga bermanfaat ya, Teman-teman. Sampai berjumpa di review skincare yang lain.

Hydration outside, hydration inside. 

Ingin kulit kenyal dan glowing? Hidrasi adalah KOENTJI nya.


Latifika Sumanti

Mom of two, long life learner. Part time blogger, full time mother. Beauty, health, and parenting enthusiast

6 Komentar

Dea · Juli 5, 2020 pada 7:04 pm

Hadalabo udah halal mui kak, di instagramnya ada.. tp belum jelas apakah semua produk atau tertentu aja

    Latifika Sumanti · Juli 8, 2020 pada 3:45 am

    Langsung meluncur saya. Ohiyaa, benar. Alhamdulillah setelah bertahun2 eksis di sini berlabel MUI juga akhirnya. Kemarin taunya Skin Aqua yang sudah halal MUI. Jadi optimis, secara mereka satu perusahaan, Rohto. Tks infonya Mba

Nurul Sufitri · Agustus 9, 2020 pada 4:35 pm

Anakku yang abg pakai Hada Labo nih. Dia udah beberapa bulan belakangan pakai facial wash-nya dan katanya cocok. Sesekali aku juga nyobain sih. Kulit kami memang lumayan sensitif dan berminyak banget deh. Senangnya ya sudah halal MUI.

Review Jujur Pemakaian Serum Brightening Halwey dalam 3 Pekan - Bonjour Fika! · Juli 28, 2020 pada 8:50 pm

[…] Baca juga: Review Hadalabo Gokujyun Lotion, Toner untuk Kulit Berminyak […]

Review Pemakaian Serum Brightening Halwey Selama 2 Pekan · Juli 28, 2020 pada 8:58 pm

[…] Baca juga: Review Hadalabo Gokujyun Lotion, Toner untuk Kulit Berminyak […]

Review Day Cream Halwey with Glutahione and Mulberry · Oktober 6, 2020 pada 4:58 am

[…] Baca juga: Review Hada Labo Gokujyun Lotion, Toner untuk Kulit Berminyak […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *