Review Halwey Facial Foam, Sabun Berbahan Minyak Zaitun dan Kelapa – Bismillah….

Bagi sebagian orang, sabun wajah bukanlah face care yang penting-penting amat layaknya serum, moisturizer dan sunscreen. Saya pun pernah punya pemikiran seperti itu. Sehingga ketika memilih sabun wajah ya gak pilih-pilih amat seperti regimen lain, yang penting bisa ngebersihin, itu thok, dan urusan persabunan pun selesai.

Namun sejak 2018, ketika saya sadar bahwa saya memiliki wajah yang sensitif, akhirnya pandangan saya  yang menganak-tirikan sabun wajah pun berubah: ternyata dia gak sekedar alat untuk cuci muka kemudian bilas dan selesai. Sabun wajah juga punya kesempatan mengiritasi kulit bahkan membuat breakout. Dan justru dari pemilihan sabun lah perawatan kulit sesungguhnya dimulai.

Jadi, kalau kalian bermasalah dengan wajah kalian hari ini, jangan jauh-jauh mau coba remedi (perbaikan) dengan serum mahal ini itu. Coba observasi sabun kalian dulu (dan tentu saja perbaiki lifestyle). Gimana sabunnya? Udah  gentle belum, udah nourishing belum? Atau malah bikin ketarik, gatal dan kering?

Kali ini saya mau mengulas sebuah facial wash yang sudah saya pakai 7 bulan terakhir ini. Yuk, marih….

Disclaimer:
My skin type is oily with acne prone and sensitive. This review is my personal opinion and I bought it with my own money. Results can be different for each person. Don’t make a decision by only this review.

 

Product Knowledge

review facial foam Halwey

Nama Produk: Halwey Zaitun Bubble Facial Foam 
Netto: 150 ml
Harga: 179.000
Sediaan: Facial wash
No BPOM: NA 18201203433
Didistribusikan oleh: PT Qolbi Herba Sejahtera

Packaging

Facial wash generasi terbaru dari Halwey ini sebenarnya diluncurkan pertama kali pada bulan Maret dalam starter kit Kaizen, dengan ukuran 60 ml. Kemudian bulan Agustus ini perdana rilis satuannya dengan ukuran 150 ml. Wewww…. The biggest face wash I’ve ever bought. 

Packaging keduanya agak berbeda sedikit (antara yang dalam starter kit dan satuan). Karena kita bahas yang satuan jadi mari fokuskan ke packaging yang dirilis satuannya.

Facial wash Halwey ini dikemas dalam botol doff berwarna pink, ramping namun tinggi dan terlihat glamour dengan kepala botol warna keemasan. Kepala botol itulah tempat pembentukan foam nya.

Facial wash ini juga hadir dengan kotak berwarna senada yang berisi informasi soal 9 hero ingredients yang mereka jargonkan sebagai 9-skinbooster. Bagian depan dus dibuat sedikit transparan sehingga bisa melihat botolnya dari luar. Terdapat barcode, logo halal MUI, petunjuk pemakaian, ingredients, nama produsen dan distributor.

Ohya, karena terlalu besar dan susah dipegang, jadi sebagian saya pindahkan ke botol Facial wash Kaizen yang size nya 60 ml karena lebih mudah dipakai.

Texture, Scent, Color 

Dari namanya yang cukup unik mungkin banyak yang bertanya-tanya, Zaitun bubble = gelembung minyak zaitun, Facial Foam = busa wajah. Jadi, ini teksturnya teh naon? Minyak atau foam?

Hehehe, tentu saja, tekstur yang sampai ke tangan sudah berbentuk foam alias busa. Coba kalian perhatikan kepala botolnya yang unik itu, dialah yang  punya peranan membuat sabun cair di dalamnya menjadi foam yang siap diusapkan ke wajah. Busanya tu lembut banget, gak cuma pas disentuh tapi juga setelah cuci muka. Seakan kelembutannya pindah ke wajah. 

Jadi si minyak zaitunnya itu memang jadi ingredient utama di sini karena dialah bahan utama pembentuk sabun. Bingung gak tuh? Jadi, gak cuman SLS aja yang bisa bentuk busa ya, minyak juga bisa sebagai surfaktan.

tekstur foam Halwey

Foamnya super lembut

Satu pompa aja dan itu cukup banget buat bersihkan 1 wajah. After bilas ada rasa licin-licinnya karena wajar bahan utamanya dari minyak (kelapa dan zaitun). Untuk scent nya hampir gak tercium bau apa-apa, hanya sedikit hint green tea dan zaitun yang tercium dari bahan bakunya. Walaupun mereka gak klaim “non fragrance” tapi diliat ingredients nya memang sama sekali gak ada pewangi sintetik.

Soal warna, kalau untuk busanya ya jelas putih, seputih salju, hihihi. Kalau sabun cairnya warnanya cokelat bening seperti teh.

Ingredients

Water, Olea europaea fruit oil, Coconut (cocos nucifera) oil, Potassium hydroxide, Cocamidopropyl betaine, Phenoxyethanol, Niacinamide (Vitamin B3), Sodium Chloride, Allantoin, Disodium edta, Centella asiatica extract, Propylene glycol, Sodium lactate, Sodium pca, BHT, Camellia sinensis leaf extract, Glutathione, Sodium hyaluronate, Citrus lemon (lemon) fruit extract, Glycine, Fructose, Urea, Inositol, Lactic acid, Sodium benzoate, Aloe barbadensis leaf juice powder.

review facial foam Halwey

Warna pink bold itu adalah 9 skin booster nya. Sedangkan yang pink tanpa bold itu termasuk ingredient bagus namun tidak masuk klaim hero ingredients produk ini. Bahan yang lain adalah pendukung, serpeti: pengawet, pH balancing, solvent (pelarut minyak dan air), dll.

Claim

Halwey Zaitun Bubble Facial Foam, formula spesial sabun pembersih wajah yang langsung dapat membentuk busa super lembut dalam sekali pump. Membersihkan wajah pun semakin menyenangkan dengan busa yang halus dan nutrisi 9skinbooster nya memberikan efek lembab lebih lama dan tampak lebih cerah ternutrisi setelah mencuuci wajah. Dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

How to Use

Basuh wajah dengan air, lalu pump sabun secukupnya dan aplikasikan ke wajah dengan gerakan memutar perlahan. Diamkan beberapa detik lalu bersihkan dengan air. Keringkan dengan cara menepuk lembut handuk bersih ke wajah (tidak dengan menggosok atau mengusap dengan keras).

Result

Baiklah, saatnya kita masuk ke bagian result. Ga nanggung-nanggung mah, ini adalah laporan hasil pemakaian selama 7 bulan. Jadi, mohon dimaklumi kalo tutur katanya juga panjang bak kereta. Wkwkwk.

So, ini dia beberapa poin yang saya rasakan selama pemakaian 7 bulan ini, dari facial foam geneasi terbaru Halwey ini. 

Tingling Sensation

Jadi, saya pakai facial foam ini hanya setengah pump aja. Gimana tuh? Pokoknya mau pompa 1x tapi gak ikhlas, yah kek gitu lah, wkwkwkw, Kenapa? Karena ternyata sabun ini di saya ada efek tingling.

Tahu gak tingling? Itu adalah sensasi cekat-cekit ketika memakai sebuah produk skincare. Jadi, pertama kali pakai sabun ini tuh yang paling kentara adalah tingling sensation.

Apakah tingling tanda baik atau tidak, itu tergantung reaksi selanjutnya. Jika sensasi tingling berlanjut pada kemerahan bisa jadi itu pertanda negatif. Untuk facial foam Halwey ini sendiri tinglingnya tidak berakhir dengan kemerahan atau bentol-bentol, misal. Jadi, dia bener-bener selesai hanya di sensasi nya aja. Gak ada efek buruk berarti.

Menurut yang saya baca, tingling sensation dikarenakan pH produk lebih rendah atau bersifat asam. Mungkin itu adalah efek dari citric acid dalam lemon dan juga lactic acid yang ada di dalamnya. FYI, Kedua bahan itu memang bagian dari bahan exfoliasi yang memang sering ada di produk exfoliator. Make a sense ketika timbul efek tingling.

Walaupun begitu, efek tingling itu lumayan bikin gak nyaman, karena muka rasa kesemutan dan cekit-cekit. Tapi saya tetap pakai karena efeknya gak berlangsung terlalu lama dan toh tidak bikin wajah sensitif saya jadi BO (breakout). Alhamdulillah yah…. Dan ini penting banget.

Namun, saya cukup terkejut ketika mencoba facial foam kemasan besar (bukan yang di dalam Kaizen kit), efek tingling ini tidak saya temui. Plus nya lagi, foamnya lebih lembut. Lebih enak! Apakah takaran citric dan lactic acid nya sudah dikurangi? May be yay…… 

Jadi, sekarang saya pakainya 1 pump setiap kali cuci muka (2x dalam sehari) dan itu more than enough. Busanya passs banget untuk sewajah

Calming my redness and acne

Efek selanjutnya adalah redness atau kemerahan di wajah berangsur membaik. Jadi saya tuh punya wajah yang suka ruam-ruam atau kalau kepanasan jadi merah (sudah sejak SD emang suka merah kalo kepanasan).

Nah, setelah pakai facial foam generasi baru ini redness saya jadi berkurang banget. Udah hampir gak ada malah. Centela Asiatica (Cica) dan Allantoin, these two ingredients in this regimen work really well for calming my redness. 

Tidak hanya redness, tapi juga acne pun bisa kempess. Masya Allah. Once again, thanks to Cica, Alantoin and oh ….of course, Green Tea and Niacinamide!

ingredient facial foam halwey

Halo, Cica, one of my fav ingredient

Memang sih, gak semua jenis acne bisa diatasi hanya dengan sabun ini. Tapi, mostly 70% acne saya bisa membaik setelah cuci muka. Selebihnya bandel dan harus berminggu-minggu dan harus ditenangkan dengan serum.

Clean skin without drying it out

Sungguh, saya pernah benci sekali kondisi kulit yang kering setelah cuci muka. Dulu awal kenal skincare, coba ini itu tanpa ilmu saya pernah mengalami wajah kering karena facial wash. Flaky, itchy, dry…..

Oh, poor my skin barrier T_T pardon me …..

Pengalaman salah membeli sabun wajah itu sangat membuat trauma yang panjang. Sehingga sekarang saya sangat selektif. Jangan sampai terulang lagi.

I’m lucky,  facial foam Halwey -yang walau dia punya busa yang banyak- tapi dia sama sekali gak bikin kering. Jadi, efeknya tuh ada; bersihnya, licinnya, soothing-nya dan lembabnya! Jadi bisa dibilang, inituh facial wash terbaik yang pernah saya pakai.

hero ingredient facial foam halwey

Now, say thank you for sodium hyaluronate, olive oil, and coconut oil yang sudah membuat facial wash ini tidak hanya bisa membersihkan kotoran namun juga sekaligus membuat kulit jadi lembab, lembut (yang beneran  lembut banget) dan tidak ada efek ketarik sama sekali.

Bagi penganut skincare minimalis, bisa banget skip toner dan langsung pakai moisturizer setelah cuci wajah karena ini efeknya benar-benar melembabkan.

Brightening

Yeaay, ini juga kerasa banget habis cuci muka. Wajar lah yaa karena dia punya Niacinamide sebagai agen pencerah, lactic acid dan ekstrak lemon untuk mengangkat sel kulit mati. Jadi muka rasanya lebih cerahan. Cerah yaa bukan putih. Ohya, dia juga punya glutathione sebagai anti radikal bebas. Perfecto!

Pros and Cons

Dan ini dia simpulan dari ulasan yang sudah saya berikan di atas;

+ Local, Halal MUI, dan BPOM approved
+ Packaging cantik dan mewah
+ Untuk semua jenis kulit
+ Meredakan jerawat dan kemerahan
+ Tidak membuat kulit kering ketarik
+ Lembab poll, berasa udah pakai toner
+ Mencerahkan wajah
+ Busanya sangat lembut dan bikin kulit wajah langsung lembut

– Minus informasi PAO (Periode After Opening) atau masa kadaluwarsa setelah dibuka
– Harganya mihill, cyyynn…… 🙁
Dengan harga 179.000 untuk 150ml berasa banget nguras kantong. Ga soal size nya gede, tapi emang kalo dibandingkan facial wash lokal yang juga bagus harganya teteup jomplang. Wkwkwkw. Tapi demi titah jenderal (baca:paksu) saya gak dibolehin ganti lagi karena emang udah cucook banget. *pukpuk dompet

Butuh berapa bulan sampai habis? Untuk yang size besar ini mungkin akan saya habiskan dalam 3 bulan dan itupun dipakai berdua dengan paksu. Jadi, kalau kalian jomblo  pakai sendiri, wew…. setengah tahun lagi baru beli baru. Dengan catatan, pakenya cukup 1 pump dan cukup 2x sesi facial wash dalam sehari.

Final Verdict

Akhirnya, ini saatnya saya harus memberi rate untuk da biggest facial foam yang pernah nangkring di rak kamar mandi saya. Daaan nilainya adalah ……….. 4,5 / 5 . Yeah!

***

Gimana, gimana…. kalian sudah pernah nyoba produk ini atau punya sabun wajah favorit lain? Share yuk, monggo……….

Baca juga:

Review Toner Vitamin C Avoskin

Review Day Cream Halwey

Review Serum Hyaluronic Acid True To Skin: Aja(i)b

Review Oil Serum Bakuchiol Somethinc

 


Latifika Sumanti

Mom of two, long life learner. Part time blogger, full time mother. Beauty, health, and parenting enthusiast

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *