Assalamu’alaikum… .

Tahun baru lip cream baru, yeaaaay 🎉. Ini bukan lip cream sembarang lip cream karena dikeluarkan oleh brand yang sudah saya percaya banget sama kualitasnya, Zalfa.

Saya sudah dan sedang pakai rangkaian perawatan wajahnya Zalfa dari facial wash, pelembab siang dan malam, juga serum anti aging. 

Saya pernah nulis reviewnya di sini:
>> Zalfa Serum Anti Aging
>> Zalfa Flawless Bright

Dan si Lippiematte ini juga bukan sembarang lip cream karena di awal launchingnya bulan Desember kemarin sempat heboh karena testimoninya. Duh, sebagus apa sih? Apa cuma trik marketing doank? Nah, makanya karena penasaran dan saya ga sabar nungguin bingkisan Giveaway dari ownernya yang ga datang datang *eh😅 jadi ya udah lah beli aja dulu 1.

Review Zalfa Lippimatte Shade Pinky Winky ✨✨✨

 

Informasi Produk

zalfa lip cream

 

Nama produk: Zalfa Lippiematte Intense Lip Cream
Jenis: Lip cream
Netto: 4.5 gr
Harga: Rp 125.000
Shade: Pinky Winky 

 

Packaging

Kemasan lip cream ini tergolong mewah di antara kelas brand lokal lainnya. Dengan desain dominan warna hitam dan ornamen garis asimetris berwarna silver, tampilan luarnya sudah terkesan high-end product.

Yang bikin hepi sih bukan ke-wah-an packagingnya kalo saya, tapi lebih ke-higienis-annya. Apa sebab? Sebab lip cream ini dikemas di dalam kotak dan dibungkus plastik di luarnya. Jadi, kita memang ga bakal bisa swatch-swatch sembarangan. Gimana ga higienis tuh?

Kemasan depan bertuliskan nama brandnya “Zalfa”, jenis produknya yaitu “lippiematte intense lip cream” dan agen nourishing lip-nya yaitu “argan oil dan jojoba oil”.

Kemasan belakang kita akan menemukan tanggal ekspired, no BPOM, nama perusahaan, netto, bahan penyusun, dan klaim. Di kotak bagian belakang tengah dibuat lubang untuk bisa mengintip warna si lip cream ini.

Iya. Sekali lagi ga bisa swatch ya, intip warnanya aja bisanya. Hihihi….

Oya, keterangan shade lip cream ini selain bisa diintip lewat celah juga tertera namanya di kotaknya bagian atas. 

Tabung si lippiematte ini sejenis dari melamin transparan, bukan plastik, lebih mirip kaca tapi bukan kaca. Ga cuman kemasannya, ternyata dalamnya juga lumayan wah dengan tutup warna keemasan. Elegan punya…. 

Aplikatornya enak dipakai, ga kepanjangan, ga bikin belepotan. Ujungnya yang serong juga pas banget pas memoles si creamnya ke bibir. 

 

Bahan-Bahan

zalfa lip cream
Yuks, Qaqa… kita kenalan sama mereka

Dari ingredient-nya ada beberapa yang mau saya bahas hasil pencarian sana sini dengan keilmuan yang cetek di bidang kimia. Ga apa-apa ya, namanya belajar 😶*ngeles. 
Bahan pertama ditulis ialah Isododecane berfungsi melembutkan, agar lip cream menjadi mudah diulaskan di bibir. Biasa digunakan dalam kosmetik cair. 
Selanjutnya ada Dimethicone juga di barisan pertama,  salah satu jenis polymer yang berfungsi sebagai smoothing agent karena dapat menjadikan tekstur jauh lebih halus saat diaplikasikan ke kulit. Selain itu, dimethicone juga dapat membentuk lapisan pelindung sekaligus menjaga kelembapan tanpa membuatnya terasa berat. 
Ada juga Trimethylsiloxysilicate di urutan ke-8. Bahan ini berfungsi sebagai kondisioner, pelumas dan pelarut. Saya rasa bahan inilah yang menggantikan etanol untuk pelarutnya.
Bahan lainnya adalah Tocopheryl yang merupakan Vit E Sintetyc. Formula ini adalah Anti-aging untuk bibir sehingga bisa membantu meregenerasi sel kulit bibir  di bibir.
Selain itu diperkaya juga dengan minyak argan dan minyak jojoba serta asam linoleat yang semuanya berfungsi merawat kesehatan kulit bibir. 
Btw, Argan ini emang bagus untuk kecantikan dan kesehatan. Saya sudah pernah membuktikannya untuk rambut👸
>> Argan dan Sembuhnya Kerontokan Rambut Parah

 

Klaim

Pemulas bibir cair dengan sentuhan matte dan kaya warna untuk tampilan bibir yang sempurna setiap saat. Mengandung bahan alami dan formulasi terbaik untuk melembabkan, menutrisi, dan melindungi bibir agar tetap sehat. Dengan varian shade warna yang cantik, tekstur ringan, lembab, tampilan halus, dan tahan lama.

Why you will love it?

💋 Serum-Infused & Pro-Collagen
💋 Kaya kandungan alami untuk merawat bibir. Dengan Golden Argan Oil, Jojoba Oil, Vitamin E, Vitamin A & Vitamin B.
💋 Essentials Omega Fatty Acid menutrisi dan menjaga warna cerah alami bibir.
💋 Safflower Oil meremajakan bibir dan mengangkat sel kulit mati.
💋 Anti-Oxidant merawat bibir dari kerusakan dan meningkatan produksi Collagen.
💋 UV Filter melindungi bibir dari sinar matahari.
💋 Natural Moisturizer untuk mengunci kelembaban bibir. 
💋 Tidak lengket, mudah diaplikasikan, tekstur ringan dan lembab di bibir.
💋 Kissproof, tahan lama, breathable formula, with vanilla scent.
💋 Paraben Free
💋 Halal and safe with all Natural Ingredients for beautiful and Healthy Lips

5 shade lippiematte Zalfa dan klaimnya



Performa

Shade

Jadi yang saya beli ini shade pinky winky karena belum punya warna pink yang soft. Ada sih pink-fushia tapi itu medok banget, daku taksanggup memakainya. 

Kalo kalian mau membayangkan, si Pinky Winky ini gabungan antara warna rose pink dengan sedikit hint coral. Ada yang belum tau ketiga warna itu? Ini ya saya coba sertakan beragam pink tone color shade. 

Sumber: VectorStock


Gabungan ketiga shade pink itu menurut saya masuk banget di kulit perempuan Indonesia karena warnanya kalem tapi ga pucat.

Lippiematte ini punya aroma yang enak. Ada yang bilang kaya es krim, wafer, susu, kue, hahaha. Saking wanginya. Yang pasti saat pertama kali aplikatornya dibuka dan disentuhkan ke bibir aromanya langsung kecium banget. Yess, this is vanilla scent. Humm, yummiii. Tapi ini bukan makanan ya 😅. Menurut saya terlalu enak aromanya untuk lip cream, saya malah khawatir kalo ada balita mainan lip cream emaknya dikira makanan. 

Haha, ok.. Lanjut Qaqa… 

First time trying itu saya ga berani oles banyak karena takut ketebalan di bibir. Ternyata pas dipoles sekali si pinky winky ini jatuhnya hampir mirip nude, soft bianget. Jadi saya pikir bakalan boros nih karena harus poles beberapa kali sampai dapat warna yang sesuai ekspektasi.

 

Pas percobaan kedua ternyata saya baru sadar kalo ni lip cream warnanya emang soft di awal tapi lama kelamaan warnanya makin keluar. Uh, yeaaah 💞. 

Seperti yang saya bilang di awal, saya tuh penasaran banget sama lip cream ini karena tiap hari testimoninya wara wiri di timeline karena saya berteman dengan owner dan beberapa agen. Makin hari makin ke-ratjoen-an. Salah satu kesan yang sering saya lihat katanya lip cream ini ringan banget. Masa sih?


Dan pas pertama kali banget buka dus dan mengeluarkan lip creamnya saya langsung notice, “Ringan banget botolnya.
Sebenarnya ringan di bibir apa ringan ditimang sih“, hahaha.

Iya loo, pas pegang si lippiematte ini tu kerasa banget lebih ringan daripada lip creamnya Wardah. Mungkin beda jenis tabungnya kali ya, bisa juga sih. Karena kalo ngomongin netto si Wardah nettonya 4gr, justru lebih sedikit dibandingkan Zalfa.

Jadi, beneran ringan di bibir ga?

Menurut saya sih iya, ringan…ringan banget malah. Pas make itu kaya ga lagi make lip cream. Semodel langsung menyatu gitu dengan bibir.

Enaknya lagi dia ga bikin kering bibir, berasa banget lembabnya. Karena lembab itu juga dia ga bikin crack atau pecah di bibir,  ga menggumpal juga, dan ga lengket.

Bener-bener langsung kaya meresap gitu. Kalo kalian katup-katupkan bibir itu ga ada rasa lengket sama sekali dan ga berasa bibir jadi tebal. Enyaaak lah pokoknya…. 

zalfa lip cream


Coverage gimana? 

Kalo menurut saya coverage nya lumayan nutup pinggiran bibir yang hitam dengan sekali oles. Saya kurang ngerti sih formulanya gimana, padahal ini ga thick lo lip creamnya tapi coveragenya cukup banget dalam sekali oles. 

Kalian mau pink muda atau mau mendekati punch (lihat tabel pink tone di atas) bisa banget, tinggal menyesuaikannya dengan tipis-tebalnya olesan lip cream. Untuk saya pribadi, pink-nya si Zalfa lippimatte ini cocok banget di bibir saya. Sukaaaak😻. 

Longlasting ga?

Kalo dibawa minum ringan dan nyemil doank oke lah warnanya masih bagus. Apalagi lippiematte ini ga oxidize jadi dipakai seharian (tanpa makan berat) warnanya tetap cerah, tidak menggelap.

Tapi, kalo udah makan yang berat apalagi makannya ganas, yiaaaah tetep aja kabur sih lip creamnya 💔.

Jadi, kalo dibawa makan berat apalagi berminyak lip creamnya terhapus banyak dan hanya  menyisakan daerah luar bibir. Etapi masih bisa sih dibaurkan lagi sisanya agar warnanya merata, malah warnanya nanti semacam warna bibir asli. Dan ini dia penampakan sisa lip cream setelah makan berat.

 
 
zalfa lip cream
Too little stain. Apakah saya terlalu ganas makannya? 🤔


Kissproof, Say? 

Kissproof apaan? Kalo saya nempelin bibir di tangan, si lippiematte ini ga nempel itu berarti kissproof ya. Ga perlu lama nunggu, lip cream Zalfa ini sesaat dipulas di bibir langsung nge-set di bibir dengan baik. Ada sih nempel bekasnya, dikiiit dan samar-samar bangetttt. Amaan laah.. . 

Wudhu friendly ga?

Nemu pemulas bibir yang diklaim wudhu friendly itu rasanya kek mau sujud syukur. Hihihi…  Iyess, saya sudah memastikan ke ownernya (via distributor resmi) kalo si Zalfa ini lip creamnya wudhu friedly alias boleh dibawa sholat tanpa harus dihapus. 

Why oh why? 

Nah ini enaknya kalo orang yang paham agama jadi pemilik perusahaan ya. Jadi, dengan keilmuan sainsnya si Teteh owner bikin formula yang breathable alias pori-pori bisa bernafas, yang artinya air bisa masuk dan keluar. Jadi kalo mau sholat ga dihapus juga boleh, mau dihapus supaya lebih haqul yakin ya monggo 😉. 

 

Pros and Cons

Pros
+ Halal
+ Sudah lulus uji BPOM
+ Ringan di bibir, tidak pecah, tidak gumpal
+ Kissproof
+ Wudhu friedly
+ Aromanya enak
+ Breathable dan melembabkan sehingga ga bikin kering
+ Kemasan higienis dan mewah
+ Banyak kandungan nourish lip-nya seperti kolagen dan infused serum

Cons
– Harganya agak pricey, di atas 100k
– Tidak ada di toko kosmetik biasa, harus beli di agen Zalfa

Final verdict? 4.5 / 5 for this lip matte ✨✨✨✨, memang pricey tapi dia precious karena setimpal lah sama segala kenyamanan yang didapat.

Ohiya, walau dia ada nourish lip-nya tapi tetap disarankan memakai lip balm terlebih dahulu ya.

Repurchase? Kalo terbukti si lip cream Zalfa ini bisa membuat bibir jadi lebih cerah, I absolutely will repurchase again.

 

Sekian review kali ini ya. Semoga bisa bertemu di review selanjutnya. 

 

 

28 Komentar

Yani · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Warna lipcreamnya bagus ya, gak pecah di bibir pulak, tapi apa gak berminyak ya kan basenya cream mba, oya Gimana ceritanya blognya bisa di kloning mba,gimana cara ceknya?

Latifika Sumanti · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Bukan copas mba, masalah saya "kloningan", sudah lapor ke DCMA juga koq, tapi riweuh.. Saya mundur. Mending bagusin konten. Makasih ya atensinya

desy laily · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Untuk urusan make-up saya juga gak mau sembarangan. Saya naksir si Lippimatte-nya yang wudhu friendly tuh mom, jadi tenang kalau pas sholat.

CatatanRia · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Warna pinknya bagus suka deh. Ini gak bikin kering yaa mba, wah boleh dicoba nih nambah koleksi hehe. Btw masalah copas kayaknya ada mba caranya di blig mba rey 🙂

Antung apriana · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Eaa fika tak sabar menunggu. Hihi.Mantap nih kalau bisa dipakai salat tanpa harus hapus dulu. Aku kadang malas pakai lipcream karena harus dihapus dulu soalnya pas mau wudhu. Meski ya kadang sudah hilang duluan juga sih pas kubawa makan berminyak. Hihi

Dian Restu Agustina · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Agak pricey tapi wudhu friendly..wah, bisa mupeng dah. Mana tampilan oke begitu, ringan lagi dipakai jadi enggak nambahi beban #apaan sih. Hm..tapi beli di agen saja ya, baiklah saya cari agennya dulu

Siti Faridah · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Banyak juga keunggulannya. Reviewnya lengkap banget ini. Nama lipcreamnya juga unik. Tapi sayang sekali harganya lumayan mahal.

Dewi Adikara · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Cakep banget warnanya mbk, enggak norak deh. Soft banget. Sekarang mesti nyari produk kosmetik yang halal nih soalnya bnyak bnget produk baru yang muncul dan datangnya dari luar.

Reyne Raea (Rey) · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Jadi, gimana tuh kloningan, masih beredar kah?
Btw saya sedih deh baca review lip2an kek gini, jadi mupeng soalnya, apalagi kalau lip cream, ringan, duuhhh mupeng.
Sayang banget mengapa ga dijual bebas ya? Mungkin agar tidak dipalsukan kali ya.
Kalau harga di atas 100k kayaknya lumayan sih mengingat kandungannya bagus 🙂

Atika Dian Pitaloka · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Keren deh warna2nya terutama yang pink. Tahan lama pula di bibir ini yg penting.

Yoanna Fayza · April 11, 2019 pada 7:29 pm

huaa ratjoen gincu lagi.. asik yaa lipmatte nya wudhu friendly, jadi hati tenang pas shalat. Pingin nyoba tapi lipstikku gak abis-abis huhuhuu

utari ninghadiyati · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Harus nyoba nih. Reviewnya bikin kepincut hahahaha. Apalagi buat saya yang nggak biasa berlipen. Warna kalemnya sungguh menarik hati

irabooklover · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Wow, beneran wudhu friendly ya? Wah, saya jadi langsung pengin sujud syukur juga XD

Tapi sayang tidak bisa dibeli di toko kosmetik biasa ya 🙁

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Dari kemarin mau cari tahu soal lipstik Zalfa. Semoga bibir saya yang sensitif bisa terima dipakaikan Zalfa.

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Btw aku juga baru nyoba si Zalfa ini dan memang enak banget. DIbibir ringan sekali, gak bikin crack dan tentunya gak kering.

Maya Rumi · April 11, 2019 pada 7:29 pm

mbak cakep itu warnanya suka dehhh… zalfa produk lokal yah ? lumayan mihil harganya, halal juga gak sih mbak ?

Azzura Lhi · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Pilihan warnanya lembut semua ua mba. Kesukaanku. Dan tentu saja saya langsung kepo,ingin memiliki. Wkwk

Ajenghimme · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Mbakyuuu, you know what! Sejak dirimu posting di IG aku nyari2 loh lipstick ini. Tapi kok belum nemu ya?

Ah sudahlah, yang pasti aku penasaran banget dan sekarang lagi ngumpulin lipstick warna-warna begitu. Kelihatan cantik yaa

reni dwi astuti · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Aku jadi makin penasaran dengan Zaffa lippimate ini. Pingin nyoba kissproof dan wudhu friendly nya. Suka sama produk yang awet dipakainya jadi nggak sering-sering touch up.

Miranti | jendelakeluarga.com · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Warnanya soft, suka dehh. Apalagi kalo awet begini ya, ga PR lagi kalo pergi2 pas sholat di luar.

Mamiyu · April 11, 2019 pada 7:29 pm

belakangan aku sering kering deh bibirnya kalau pakai lip cream kayak gini, makanya jd agak menghindar pakai lip cream.. tp suka sama warna nya zalfa ini, pink nya cakep ya

April Hamsa · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Bagus warna yang mbak pilih itu, kalem tapi juga tetep manis di bibir 😀
Iya tetep cari lipstick yang kalau dipakai wudhu tetep aman ya.
Klau harga asalkan kita puas kyknya gak masalah ya hehe

Primasari AndiMirati · April 11, 2019 pada 7:29 pm

aku suka excited deh kalo ada lipcream produk lokal berkualitas oke seperti ini, apalagi ada kandungan bahan alaminya, jadi makin tenang deh pakainya 🙂 besok2 mau nyobain juga deh.. warna pinknya cakep sih buat dandanan sehari2..

Atikah Kim · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Mba fika cantik beudddd~ aduuuh jadi pingin beli juga tapi harganya lumayan yaaah 😂😂😂

Ruli retno · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Aku akhir thn kmrn pesen pinky winky juga tapi belom dtg, jadi penasaran nanti mau nyoba sendiri gimana bagusnya

Fanny Fristhika Nila · April 11, 2019 pada 7:29 pm

okk, bakal belii berarti :D. aku paling suka lipstik yg wrnanya ga bikin menggelap, ga trlalu transferable dan ga bikin kering bibir :D. memang ya mba, lipstik itu racuuuuun. aku bisa tahan diri utk skin care dan kosmetik apapun, tp ga utk lipstik :p

dina yulini fahdina · April 11, 2019 pada 7:29 pm

harganya bikin lihat review yang lain dulu,wkwkkwk lebih mahal dari brand yang itu-itu soalnya.hihi tapi bagiku gak masalah karena ada wudlu friendly nya maklum mba namanya punya suami,dan suamiku itu tipikal banyak tanya kalau bininya beli make up katanya boleh buat sholat gak?halal gak?bla..bla nya..

Ryan · April 11, 2019 pada 7:29 pm

Beberapa hari yang lalu sempat kepoin produk ini di IG tapi kaget aku sama harganya yang lumayan mahal untuk produk lip cream lokal. TFS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *