Pentingnya Data Center – Dalam dunia bisnis dan perusahaan, data merupakan hal yang penting untuk dijaga. Kebanyakan data saat ini merupakan data digital yang berisi informasi penting terkait dengan perusahaan, pelanggan, dan informasi penunjang lainnya.

Ingat kan, kasus bobolnya data pelanggan sebuah marketplace beberapa waktu lalu karena diserang hacker? Padahal di sana ada belasan juta pelanggan yang menyetor nomorhandphone dan nomor KTP/identitas diri. Tentu reputasi perusahaan dipertaruhkan dan berefek negatif tentunya pada karyawan maupun pelanggan.

Maka, wajar jika kemudian diperlukan tempat yang ideal untuk menyimpan berbagai informasi dan data penting tersebut. Salah satunya ialah Data Center Indonesia.

data center indonesia

Fungsi Data Center Indonesia

Secara umum data center merupakan tempat khusus yang memiliki fungsi untuk menyimpan, mengolah dan mengoperasikan server. Selain server, terdapat pula ruangan lain yang digunakan untuk menunjang fungsi dan stabilitas server agar tetap terkoneksi dengan baik.

Terdapat beberapa fungsi dari data center Indonesia yang sebaiknya Anda ketahui, terutama jika Anda bergelut dalam dunia bisnis dan penyimpanan data perusahaan. Berikut merupakan fungsi dari data center,  terutama berkaitan dengan server dan penyimpanan sub sistem.

1. Tempat Penyimpanan Data

Fungsi utama dari data center adalah tempat untuk menyimpan data, terutama dalam aspek digital dengan jumlah yang besar. Ia juga bisa menjadi pusat data, dimana perusahaan tersebut dapat mengakses informasi dengan lebih bebas namun tetap aman.

Apabila suatu perusahaan memiliki pusat data khusus, maka akses data menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Sebab waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan data tersebut jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan cara konvensional, serta tidak dibatasi batasan regional maupun waktu.

data center indonesia

2. Memberikan Perlindungan pada Data

Selanjutnya data center Indonesia menjadi tempat yang tepat untuk menyimpan dan melindungi data perusahaan Anda, baik berkaitan dengan pelanggan maupun data internal perusahaan. Tempat ini menjadi

Apabila data disimpan hanya di satu komputer ataupun satu perangkat, kemungkinan untuk rusak maupun hilang menjadi lebih besar. Apalagi jika jumlah data yang dimiliki cukup besar, hal tersebut bisa membebani perangkat komputer dan membuat akses data menjadi lebih lama.

3. Mengurangi Resiko Penyadapan Data

Sebagai hal penting yang dimiliki oleh perusahaan, penting adanya untuk tetap menjaga keamanan data. Menyimpan data di tempat tertentu di luar wilayah perusahaan akan membuat kemungkinan disadap menjadi lebih kecil. Karena berada di luar wilayah perusahaan, berbagi kejadian yang ada di perusahaan tidak mempengaruhi data.

NEX merupakan salah satu sentral data yang memberikan perlindungan kepada data penting milik perusahaan Anda. Dengan lokasinya yang berada di tempat aman, dan ditunjang dengan peralatan modern yang terkini, Anda tidak perlu khawatir terkait dengan kehilangan data, penyadapan, dan akses yang sulit untuk mendapatkan data tersebut.

4. Data yang Tersimpan Lebih Besar

Seperti yang telah ditekankan sebelumnya, kapasitas penyimpanan data center Indonesia cukup besar. Sehingga tidak akan mengalami masalah jika Anda menyimpan data dengan kuantitas yang tinggi. Selain penyimpanan yang aman, ia juga memberikan ruang simpan yang besar dan terlindungi.

Anda juga bisa mengakses data center dengan melakukan kerja sama bersama IP Provider. Sehingga akses data menjadi menjadi lebih mudah untuk di dapatkan, baik untuk karyawan yang bekerja untuk mengolah data maupun pelanggan yang ingin mengakses informasi terkait dengan perusahaan tersebut.

data center indonesia

***

Dengan berbagai penjelasan tersebut, data center di Indonesia memang memiliki peran yang penting untuk berlangsungnya bisnis dan pengelolaan perusahaan. Akses data secara daring kini lebih disukai oleh banyak orang karena memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya kapan saja dan dimana saja.


Latifika Sumanti

Mom of two, long life learner. Part time blogger, full time mother. Beauty, health, and parenting enthusiast

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *