Education

RuangGuru, Solusi Bimbel untuk Siswa Introvert

Apa nih, apa nih? Koq ngomongin introvert?

Saya langsung kesentil kalo kebaca istilah “introvert”.

Kalo ngomongin introvert jadi teringat dulu zaman SMA saya mulai menjadi pribadi yang tertutup dan sukar bersosialisasi.

Beda sekali dengan waktu SMP yang ke sana kemari, berteman sana sini, haha hihi, ga kenal hari, xixixixi.

Koq bisa berubah drastis? Ah, itu kompleks ceritanya. Yang pasti perubahan itu membawa dampak positif dan negatif. Yang positif sih enak ya, efeknya jangka panjang.

Tapi dampak negatifnya itu lo ganggu banget.

Apa?

Saya jadi sulit berteman dan tidak menyukai keramaian.

Alhasil, untuk urusan belajar saya lebih suka belajar sendiri dibanding ikut les. Padahal, hmmm tau sendiri yaa pelajaran SMA itu jauh lebih complicated dibandingkan pelajaran SMP.

Inget banget zaman SMP dulu, besoknya ada UAN, saya malah asyik nelpon radio titip salam buat temen-temen yang belajar, hahahaha. Santai banget dan pas ujian lancar jaya. Alhamdulillah yaa, rezeki nak sholih.

Laah, kalo SMA? Ya ampuun, walau sudah jungkir balik belajar aja kadang ga mudeng sama sekali. Pelajaran SMA itu menurut saya terlalu banyak materinya dengan waktu yang tidak sepadan. Gurunya ngebut, ya muridnya ikutan ga karuan.

Solusinya sebenarnya adalah ikut bimbingan belajar atau les tambahan di rumah gurunya.

Tapi, yang namanya kaum introvert punya 1000 alasan untuk bilang “Ngapain les, belajar di rumah aja bisa koq” walau nyatanya ga bisa juga.Kalian tau ga kenapa? Karena ya menghindari keriuhan. Insecure.

Lalu, apa yang terjadi dengan saya? Prestasi jadi menurun dan peringkat dibalap oleh yang rajin les karena (auto) rajin mengolah soal dengan tingkat kerumitan bervariasi.Tapi, beda cerita kalo dulu ada les online seperti RuangGuru.RuangGuru?

Profil RuangGuru

RuangGuru adalah startup Indonesia berbasis edukasi yang menyediakan berbagai fasilitas bagi siswa yang ingin mengikuti kelas tambahan secara online. Didirikan pada tahun 2014 sekarang RuangGuru sudah menjangkau 6 juta siswa di seluruh Indonesia.

Bagaimana Caranya?

Gampang banget. Kalian tinggal masuk ke website bimbel online RuangGuru, bisa lewat gadget atau komputer kalian.

Ok, mungkin kalo lewat gadget banyak ujiannya ya, notif WhatsApp lah, Instagram lah, terus tiba-tiba pengen stalking mantan lah, hahaha.

Belum lagi kalo emak kalian ga percaya kalian sebenarnya lagi belajar dan bukan main HP doank 😁.

Untungnya RuangGuru ga cuman bisa diakses di aplikasi gadget aja tapi juga lewat desktop komputer dan laptop sehingga kita bisa belajar lebih leluasa karena layarnya yang besar.

RuangGuru for desktop ini punya beberapa fitur yang bisa menemani kita dalam pembelajaran. Di antaranya;

1. Video belajar. Hal yang jarang didapatkan ketika sekolah adalah variasi materi berbetuk video. Padahal ada beberapa karakter siswa yang bertipe visual yang cepat sekali menyerap jika pembelajaran menggunakan animasi.

2. Latihan soal dan pembahasan. Saatnya menguji kedalaman pemahaman dengan latihan soal dengan variasi kesulitan berjenjang.

3. Rangkuman / infografis modul bimbel. Sebagai penutup kita bisa review pelajaran hari itu dengan materi yang bisa didownload.

Waah, kalo sudah ada RuangGuru tahun 2005-an mungkin saya ga harus ketinggalan banyak seperti dulu. Buat adik-adik yang punya nasib yang sama (introvert maksudnya 😅) bisa banget lah pakai fasilitas bimbel online ini karena tidak bisa ikut bimbel konvensional seperti yang lain.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *