Uncategorized

Pengalaman Pertama Beli di Blibli.com

Assalamu’alaikum

Disclaimer dulu yaa, ini bukan tulisan sponsored post. Murni menulis karena pengalaman pribadi. Biasanya orang yang dapat pengalaman pertama pasti berkesan banget kan, entah kesannya baik atau sangat buruk ….. sampai pengen nampol, wkwkwkwk.

Nah, kalau yang ini kira-kira gimana ya?

Jujur yaa, sebagai pengguna marketplace warna orange garis keras akutu susah mau belanja ke marketplace warna-warna yang lain *apasi. Sebenarnya bukan karena melulu promonya, tapi juga kemudahan aplikasi belanjanya dan pilihan toko dan barangnya juga banyaaaaak. Gampang betul lah intinya. Cumaa karena akhir-akhir aplikasinya lemot dan ekspedisinya ikut-ikutan lamaaaa, jadi terpikir mau nyoba yang lain.

Kemudian di grup komunitas kebetulan ada yang shopping holic dan merekomendasikan Blibli.com karena dia pernah belanja skincare di sana dan ongkirnya nul.

NUL pemirsaaa…..

Waaaaa…… *jiwa emak-emakku pun menjerit. Akhirnya setelah menunggu printilan kosmetik habis aku langsung nyoba kebenaran ceritanya.

Setelah download di playstore dan isi biodata yang diperlukan akhirnya aku landing juga di marketplace biru putih ini. Ternyata masuknya gampil, ga pake ribet, bener-bener langsung acc. Sedangkan di marketplace lain aku bolak-balik kesandung OTP pas ngisi no HP. Sampai lelah Dijjah, Maaak….!

Karena tampilannya masih bingung dan belum familiar, aku langsung mencari di search, icon kaca pembesar di atas. Jadi, akutu pengen beli cushion refill pixy, eyeliner pen dan lip cream Madame Gie sama sheet mask Innisfree. Jadi aku cari semuanya di pencarian. Lalu masukkan ke keranjang. Kemudian muncul pemberitahuan tentang ketentuan potongan ongkir.

Eh, apa nih? Koq menggiurkan banget. Beneran apa pemanis doank sih? *negatif thinking duluan

Total belanjaannya 100.000-an, harusnya aku dapat subsidi ongkir 40.000 alias gratis pengiriman. Tapi e tapi, setelah aku lihat belanjaanku ternyata ada di 3 toko yang berbeda. Jadi, ongkir asal pun dikali 3 dulu baru dikurangi 40.000. Sekitar 38.000 sisa biaya pengiriman yang harus aku bayar.

Yampuuun, males banget. wkwkwkwkwk

Jadi, aku kurangilah pesanan agar satu toko aja. Ndilalah, malah cushion refill pixy itu -yang paling ngebet dibeli- ga ada di semua toko kosmetik. Hanya ada di toko Blibli.com. Iya, kaya toko dalam toko gitu jadinya. Terus mau nambah kan barang yang dibeli di toko Blibli.com, eh koq ga bisa diklik? Maksudnya aku mau lihat etalasenya biar bisa milih gitu, biar betul-betul bisa gratis ongkir.

Terus aku nemu eyeliner dan lip cream di toko Blibli.com yang lain (beda daerah, tapi sama-sama di Jakarta) ndilalah ongkirnya beda juga. Terpaksa aku kurangi sampai yang paling urgen aja, refill cushion Pixy.

Jadi, karena harga si refill itu 72.000 aku kena potongan ongkir 20.000 (karena pembelian di atas 50.000 di bawah 100.000). Ongkir yang tadinya 26.000 terpangkas hingga hanya 6.000. Yah, walaupun ga benar-benar NUL tapi bayar segini cincaylah mengingat kalo di marketplace lain biasa bayar sisa pengiriman 21.000.

Jadi, aku bayar total 72.000 + 6.000 dan tanpa biaya admin di Indomaret. Padahal aku sudah mengira bakal keluarin 80.500 di kasir karena biasanya admin 2.500. Duh, kan aku jadi tambah syenang…..

Tunggu…. pakai ekspedisi apa nih koq cuman 26.000 yak? Ternyata SiCepat *penting dibold.

Perasaan biaya kirim P*S, J*T dan J*E biasanya 41.000 ke daerahku, Palangkaraya kota. Walaah, pake mereka aja sampai bisa 3-7 hari , jangan-jangan ini 2 minggu. Sudah pasrah dan ga pengen liat trackingan resi, sudah siap bakal nerima paketan 2 minggu lagi, eeeeeh tau-tau 2 hari kemudian terima notif dari aplikasi kalau pesanan sudah sampai.

Uwooowww…apa-apaan nih?

Benar-bener ga nyangka secepat ini. Padahal aku baru bayar ke Indomaret itu sore jelang magrib tanggal 18 Oktober 2019, dan barangnya sampai sore jelang magrib juga tanggal 20 Oktober 2019. Itu hari minggu loh dan mereka tetap kerja. Salute! Untuk di tempatku, barang datang 3 hari aja itu udah cepat banget, biasanya malah sepekan kalo pakai J*T.

Catatan pesanan di Blibli.com

Sayang, andai semua pesananku ada dalam 1 toko, semua lengkap, pasti bener-bener bisa gratis ongkir, hihihi…..

Jadi, dari pengalaman pertama beli di Blibli.com bagaimana? Mengesankan dengan sangat baik, baik dari segi harga, promo, dan juga pengiriman. Kecuali mungkin ketersediaan barang di 1 toko, mungkin ke depannya Blibli.com bisa memfasilitasi ini demi kemudahaan pembeli.

Jadi, gimana? Mau beli lagi? Mauuuuu donk! Aku sudah utak atik pesanan dan lebih dari 100.000, ongkirnya free. Yeaaay, alhamdulillah. Kolaborasi yang cuco nih ceritanya antara Blibli.com dan SiCepat.

NB:

Eh, aku baru sadar marketplace ini lagi ultah yang ke-8 ternyata. Apakah promo potongan ongkirnya hanya untuk momen ini saja atau memang biasanya seperti ini ya?

Update 10 November 2019

Selama sepekan ini aku beli 3x di Blibli dan ketiganya bener sama sekali ga pakai ongkir. Yuhuuuu… Wkwkwk, alhamdulillah.

Beli susu kambing dan skincare cuma bayar total barangnya aja ๐Ÿ‘

Ohya, ternyata selain SiCepat, Blibli juga pakai JNE. Ketiga pesanan emak yang ini semuanua pakai JNE

(Visited 26 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Pengalaman Pertama Beli di Blibli.com”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *