ads Health Talk Mom' Health Pregnancy

Wajib Tau! 3 Hal yang Harus Dihindari Ibu Hamil Agar Tak Keguguran

Assalamu’alaikum

Halo, mama millenial…  Kali ini saya mau berbagi informasi terkait kehamilan. Silakan dibaca ya karena beberapa ada hal yang baru untuk kita.

Keberadaan janin di dalam rahim seorang ibu adalah sesuatu yang didamba-dambakan setiap wanita normal di dunia. Maka tak heran jika banyak ibu yang sangat menjaga kandungannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, salah satunya abortus atau keguguran.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa keguguran merupakan sebuah kondisi yang paling menakutkan bagi setiap pasangan suami istri di seluruh dunia. Terutama untuk para istri, di mana merekalah yang paling merasa takut akan hal itu. Berbicara soal keguguran, tentu saja tidak akan terjadi dengan sendirinya. Seperti yang dilansir dari situs seputar kehamilan, ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari terjadinya keguguran.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang hal apa saja yang menjadi penyebab keguguran hamil muda, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Aktivitas yang Berlebihan

Hal pertama yang dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda, yakni berupa aktivitas yang berlebihan. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, aktivitas yang berlebihan ini akan membuat perut ibu hamil menjadi tergoncang-goncang, sehingga akan berdampak buruk bagi kondisi janinnya. Tak hanya sampai disitu saja, aktivitas yang berlebihan ini juga sangat rawan kecelakaan bagi ibu hamil yang dapat mencederai kandungannya hingga keguguran. Itu sebabnya, mengapa wanita hamil tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang berlebihan.

Saya jadi teringat cerita tentang seorang perawat saat saya mengikuti suami yang seorang nakes mengabdikan diri beberapa bulan di desa terpencil di Kalimantan. Akses satu-satunya ke puskesmas saat itu hanyalah satu jalan yang jika kemarau bagian jalan yang berkerikil besar membuat perut terguncang-guncang bukan main dan jika musim hujan banyak bagian jalan yang berlumpur seperti bubur. Apa yang terjadi dengan perawat itu? 5x keguguran karenanya. Hingga akhirnya ketika hamil kembali dia putuskan untuk cuti selama setahun dan tidak lagi keguguran. Luar biasa perjuangannya ya, antara mengabdikan diri pada masyarakat dan perjuangan menjadi seorang ibu.

2.  Mengonsumsi Buah Nanas

Mungkin penyebab keguguran akibat dari mengonsumsi buah nanas ini sudah banyak didengar oleh para ibu hamil. Namun yang jadi pertanyaannya, mengapa buah nanas tersebut dapat menyebabkan keguguran? Ya, berdasarkan dari hasil penelitian, buah nanas ini mengandung zat bromelain yang dapat membuat lunak dinding Rahim, sehingga besar kemungkinan untuk terjadinya keguguran. Dengan demikian, maka tidak heran jika buah yang satu ini selalu dicari oleh oknum ibu hamil yang hendak menggugurkan kandungannya.

Zat bromelain pada nanas memicu kontraksi rahim. Semakin muda nanasnya semakin banyak zat bromelainnya. 

Tapi, memang kondisi tiap orang berbeda-beda. Saya bahkan ngidam nanas saat trisemester 1 yang lalu, alhamdulillaah tidak terjadi apa-apa. Nah, berbeda dengan ipar saya yang keguguran setahun lalu karena makan nastar kebanyakan. Tau kan kalau nastar isinya adalah selai nanas. Iya, nanasnya dalam bentuk selai doank, yang minim cairannya, ternyata juga bikin keguguran. Jadi, buat bumil-bumil ambil amannya aja ya, hindari nanas sama sekali apalagi kalau tidak yakin dengan kekuatan rahimnya.

3. Mengonsumsi Buah Pepaya Muda

Hal berikutnya yang dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda, yakni karena mengonsumsi buah pepaya terutama yang muda. Pada dasarnya, buah ini tidak bermasalah jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, yang jadi masalahnya itu jika buah pepaya dikonsumsi secara berlebihan karena pepaya pada dasarnya digunakan sebagai obat pencahar alami. Jadi dikhawatirkan akan memicu kontraksi pada usus yang berlebih dan “menular” ke rahim (kita tau bersama bahwa usus dan rahim berdekatan).

Ditambah lagi pada buah pepaya muda dan setengah matang mengandung banyak enzim papain yang terdiri dari prostaglandin dan oksitosin dimana keduanya adalah hormon pelunak mulut rahim dan pemicu kontraksi sehingga rawan terjadinya keguguran.

Zat papain dalam pepaya mengandung prostaglandin dan oksitosin yang bahaya dikonsumsi saat hamil muda. 

Wah, padahal pepaya dan nanas termasuk buah yang sering dijadikan pencok buah ya sebagai penetralisir mulut ibu hamil yang sering merasa hambar.

Itulah 3 hal yang dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Dengan demikian, Mama pun dapat lebih berhati-hati dan lebih waspada lagi dalam melakukan segala sesuatunya selama masa kehamilan. Semoga yang sedang mengandung diberi kesehatan lahir batin yaa, Ma sampai lahiran 😍.

(Visited 2 times, 1 visits today)

0 thoughts on “Wajib Tau! 3 Hal yang Harus Dihindari Ibu Hamil Agar Tak Keguguran”

  1. waah baru tahu kalau pepaya muda juga bahaya yaa.. aku dulu anak pertama pernah makan rujak pepaya muda syukurnya enggak apa-apa. Next kalau hamil aku gak mau makan lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *